free hit counter code Main dengan 9 Orang, Indonesia Ditekuk Qatar 2-0 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Main dengan 9 Orang, Indonesia Ditekuk Qatar 2-0
    (tangkapan layat) Wasit mengecek VAR sebelum memberikan penalti

    Main dengan 9 Orang, Indonesia Ditekuk Qatar 2-0

    JuaraNews, Doha – Timnas Indonesia U-23 gagal meraih poin pada laga perdana penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 setelah ditekuk 2-0 oleh tuan rumah Qatar U-23 di Stadion Jassim bin Hammad, Al Rayyan Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB.

     

    Gol pertama terjadi di Babak I, lewat tendangan penalti Khaled Ali pada menit  45+1. Hadiah penalti diberikan wasit setelah kapten tim Rizky Ridho Ramdhani menjatuhkan Mahdi Salem di kotak penali. Wasit sempat harus melihat VAR terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan memberikan penalti untuk timnas Qatar U-23. Rizky Ridho sendiri diganjar kartu kuning atas pelanggaran tersebut.

     

    Laga sendiri berjalan sengit. Tim Garuda Muda berhasil mengimbangi permainan tuan rumah. Bahkan setidaknya tim asuhan Pelatih Shin Tae-yong mendapatkan peluang mencetak gol lewat sundulan Muhammad Ferarri memanfaatkan upan dari Pratam Arhan pada menit 36. Serta tendangan Rafael Struick pada menit 39 memanfaatka sodoran bola dari Ivar Jenner.

     

    Sedangkan Qatar, selain mendapatkan 1 gol, juga setidaknya mendapatkan 3 peluang. Pertam didapat Ahmed Al Rawi pada menit 15 dan 22, serta tendangan kaki kiri Mahdi Salem memanfatan umpan Jassem Gaber pada menit 17.

     

    Memasuki  babak kedua, Indonesia harus kehilangan  1 pemain, setelah Ivar Jenner diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua pada menit 46. Sebelummya, Ivar telah menerima kartu kuning pertama pada menit 14. Merespons kejadian tersebut, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain, dengan manarik Komang Teguh yang berposisi bek digantikan Nathan Tjoe-A-On pada menit 51.

     

    Bermain dengan 10 orang, pertahanan Indonesia menjadi lebh rapuh. Hasilnya, Qatar berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 54 lewat gol Ahmed Al Rawi. Tendanga keras kaki kanannya dari luar kotak penanti menuju sudut kiti gawang, tidak mampu diantisipasi kiper Ernando Ari.

    Guna menambah kekuatan serangan, Coach STY memasukkan Ramadhan Sananta pada menit 72 menggantikan Arkhan Fikri. Sementara dari kubu Qatar, Pelatih Ilidio Fernando Torres do Vale melakukan  pergantia sekaligus, dengan menarik Abdullah Al Yazidi dan Mahdi Salem, digantikan Abdalla Yousif dan Mohamed Gouda.

     

    Jelang 3 menit sebelum laga normal 90 menit berakhir, Coach Vale kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan 3 pemain sekaligus guna mengamankan kemenangan. Mubarak Shanan, Tameem Mansour, dan Abdullah Al Ali dimasukkan menggantikan Khaled Ali yang cedera, Ahmad Al Rawi, dan Hashmi Al Hussain.

     

    Sedangkan dari kubu Indonesia, Coach STY memasukkan 2 pemainnya, Fajar Rahman dan Ikhsan Nul Zikrak menggantikan Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman saat laga memasuki menit 90.  Namun pergantian sejumlah pemain di Babak II tersebut tak mampu mengubah skor.

     

    Saat laga memasuki masa injury time selama 11 menit, Indonesia kembali kehilangan 1 pemain karena dikartu meraih oleh wasit. Kali ini pemain pengganti, Ramadhan Sananta harus keluar lapangan setelah melanggar keras pemain Qatar pada menit  90+6. Sananta langsung yang diusir wasit yang mengeluarkan kartu kuning pertama diikuti kartu merah karena menginjak kaki pemain lawan.

     

    Di sisa waktu 5 menit, kendati pertandingan tetap berjalan sengit dan keras, dengan diwarnai sejumlah peluang, namun hingga laga usai skor tak berubah tetap 2-0 untuk kemenangan Qatar U-23.

     

    Dengan hasil laga ini, tuan rumah Qatar memimpin klasemen sementara Grup A dengan raihan 3 poin. Sementara Indonesia menempati posisi juru kunci dengan poin kosong. Sedangkan posisi 2 dan 3 ditempati Australia dan Yordania dengan 1 poin yang pada laga sebelumnya bermain imbang 0-0.

     

    Laga di Grup A sendiri akan kembali digelar pada Kamis (14/4/2024). Indonesia dijadwalkan bertemu Australia mulai pukul 20.00 WIB, sedangkan Qatar menghadapi Yordania pada pukul 22.30 WIB. Dengan hasil matchday 1 ini, keempat tim masih berpeluang untuk lolos ke babak 8 Besar. Pasalnya, perbedaan poin, khususnya bagi Australia, Yordania, dan Indonesia sangat tipis, sehingga bisa berubah bergantung hasil laga matchday 2 nanti. Babak 8 Besar sendiri nantinya akan diikuti oleh juara dan runner-up di masing-masing grup. Tiga tim di peringkat 2, 3, dan 4 setidaknya bisa memperebutkan 1 tiket 8 Besar dengan status runner-up Grup A.

     

    Susunan Pemain

    Qatar U-23 (4-3-3)

    Youssef  Abdullah; Saif Eldeen Hassan, Mohammed Emad Aiash, Hashmi Al Hussain/Abdullah Al Ali (75), Abdullah Al Yazidi/Abdalla Yousif (72); Mustafa Meshaal, Naif Al Hadhrami, Jassem Gaber; Mahdi Salem/Mohamed Gouda (72), Khaled Ali/Mubarak Shanan (75), Ahmad Al Rawi/Tameem Mansour (75)

    Pelatih: Ilidio Fernando Torres do Vale

     

    Indonesia U23 (4-2-3-1)

    Ernando Ari; Rio Fahmi, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho (C), Komang Teguh/Nathan Tjoe-A-On (50); Ivar Jenner (KM 46), Marselino Ferdinan/Fajar Rahman (90), Witan Sulaeman/Ikhsan Nul Zikrak (90), Rafael Struick, Arkhan Fikri/Ramadhan Sananta (72/KM 90+6); Pratama Arhan

    Pelatih: Shin Tae-yong. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tekuk Uzbekistan 1-0, Jepang Juara Piala Asia U-23
    Kalah 1-2, Indonesia Lakoni Play-off lawan Guinea
    Ini Penyebab Indonesia Kalah oleh Uzbekistan
    Gagal ke Final, Indonesia Bidik Tiket Olimpiade
    Pelatih Uzbekistan Sebut Indonesia Lawan Sulit

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 37 88
      2. Arsenal 37 86
      3. Liverpool 37 79
      4. Aston Villa 37 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58