free hit counter code Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman

    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman

    JuaraNews Bandung - Seorang pendakwah harus memiliki kekuatan yang menopang perjalanan dakwahnya. Termasuk kemampuan memanfaatkan fasilitas yang saat ini ada. 

     

    Demikian disampaikan pengajar DR. Abderahman Muhammad Ahmad Hamid dari Universitas Al Azhar Mesir dalam kuliah umum bertajuk 'Tafsir Ayat Dakwah Perspektif Islam Moderat di Era Masyarakat 5.0' di Aula Pascasarjana UIN SGD Bandung, Rabu (24/4/2024).

     

    Menurut dia, seorang dai harus mampu menjawab perkembangan zaman demi kelancaran berkawah, termasuk memahami teknologi yang berkembang saat ini. 

     

    "Media dakwah yang sangat canggih sekalipun harus dikuasai guna menopang kelancaran berdakwah," kata Abderahman.

     

    Dai harus bisa meng-counter-isu isu yang sedang berkembang, sehingga kehadiran da'i di tengah masyarakat menjadi pelita yang menyinari. 

     

    Menyusul tantangan yang semakin kompleks, dai harus juga menyiapkan diri dari berbagai macam tantangan, baik berupa hinaan, cacian dan banyak lagi yang terjadi di lapangan.

     

    "Seorang da'i haruslah memiliki karakter moderat, sehingga lebih fleksibel menyampaikan pesan dakwah. Dia bisa menyampaikan pesan dengan mudah dan dimengerti semua kalangan," kata dia.

     

    "Dakwah itu memudahkan, memberikan kabar gembira atau tidak hanya memberi peringatan. Ini dicontohkan nabi saat mengutus salah satu sahabatnya agar dalam dakwah jangan selalu menakut-nakuti," kata Abderahman menambahkan. 

     

    Melihat hukum dakwah (Fardu kifayah/Fardu ain), semua profesi bisa berdakwah sesuai keilmuannya. Sehingga seorang dokter akan berdakwah dengan ilmu yang dimilikinya, begitupun profesi lainnya. 

     

    Intinya dakwah mengajak kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki sehingga mad'u memahami yang disampaikan seorang dai.

     

    "Sebelum memberikan peringatan, dalam dakwahnya para nabi terlebih dahulu memberikan penjelasan.  Artinya seorang dai harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjelaskan perkara yang disampaikan," kata dia.

     

    Artinya dai harus memiliki kompetensi dalam memahami Al-Quran dan Sunnah yang akan disampaikan kepada mad'u nya. Sehingga mampu membedakan sasaran Maruf dan Munkar. 

     

    "Karena tidak paham, bisa saja terbalik-balik. Yang seharusnya Ma'ruf dan Munkar, itu bisa celaka. Akan bahaya jika dai tidak memahami hal itu," kata dia 



    Seorang dai yang paham akan membuat peta konsep, mana saja wilayah maruf dan wilayah Munkar. Dengan begitu akan diketahui wilayah mana yang akan menjadi prioritas. 

     

    Terlebih, sebagai manusia terbaik yang dikeluarkan untuk manusia lainnya, harus  mampu menegakkan Ma’ruf dan mencegah kemungkaran. 

     

    Lebih lanjut Abderahman mengatakan bahwa seorang dai harus memiliki kesabaran ekstra, pentingnya kesederhanaan dan kebahagiaan. Tentunya pelaku dakwah harus senantiasa menggunakan metode yang benar, salah satunya dengan metode hikmah. Mauidhoh Hasanah dan Mujadalah yang baik.

     

    "Kemudian menyesuaikan gaya dakwah dengan masyarakat yang dihadapinya," kata Abderahman. 

     

    Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN SGD Bandung Prof Ahmad Sarbini berharap kuliah umum yang digelar bisa memberikan ilmu bermanfaat kepada seluruh peserta. 

     

    Kuliah umum dihadiri 200 mahasiswa dan dosen dari tiga program study, seperti KPI, IAT dan BKI. 

     

    Prof Ahmad berharap kolaborasi antara program studi di UIN SGD Bandung ini bisa menjadi contoh sinergi yang produktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan. 

     

    "Semoga semua peserta mendapatkan ilmu bermanfaat dari kuliah umum ini," kata Ahmad Sarbini. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Hari Jadi PKS, Beri Penghargaan Bagi Kader Terbaik
    Targetkan 60 Persen Raih Suara di Pilkada Jabar
    Arif Hamid, Siap Maju di Pilwalkot Kota Bandung
    Pemkot Sediakan Kantong Parkir di Sekitar Braga
    Akibat Stres Bandar Daging Tega Habisi Nyawa Istri

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi