free hit counter code Kemenkominfo: SDM Digital Indonesia Baru 2 Juta - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Kemenkominfo: SDM Digital Indonesia Baru 2 Juta

    Kemenkominfo: SDM Digital Indonesia Baru 2 Juta

    • Kamis, 14 Desember 2023 | 20:09:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus meningkatkan SDM Digital Indonesia. Salah satunya dengan mengencerkan pelatihan transformasi digital.

     

    Untuk diketahui, capaian SDM digital di Indonesia telah mencapai juta 2 juta jiwa. Sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan mengingat target 9 juta SDM Digital di 2030.

     

    Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo, Hary Budiarto mengatakan target tersebut salah satu visi digital Indonesia 2045 adalah menghadirkan SDM digital.

     

    "SDM digital adalah orang yang punya literasi dan kompetensi agar kita bisa memanfaatkan teknologi digital sehingga memberikan dampak ekonomi," ujar Hary, dalam Festival SDM Digital Tahun 2023 di Bandung Convention Center, Kota Bandung, Selasa (14/12/2023).

     

    Di sisi lain, Kemenkominfo menyebut telah terjadi peningkatan pada hasil pengukuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) dengan nilai 43,18 pada tahun 2023 dibandingkan dengan hasil pengukuran pada tahun 2022 yang hanya mencapai 37,80.

     

    Sebagai informasi, IMDI adalah indeks yang ditujukan untuk mengidentifikasi kondisi masyarakat digital di 514 kabupaten dan kota di Indonesia pada empat pilar penyusunnya, yaitu infrastruktur dan ekosistem, keterampilan digital, pemberdayaan, dan pekerjaan, sehingga dapat dijadikan pedoman penentu arah kebijakan, serta program-program pengembangan SDM digital yang komprehensif, dan tepat sasaran, baik oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, maupun pemangku kepentingan lainnya.

     

    Adapun beragam agenda disajikan dalam Festival SDM Digital ini. Antara lain: peluncuran dan sosialisasi IMDI 2023, sosialisasi peta okupasi, penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo dan Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan tentang Integrasi Informasi dan Data Elektronik Ketenagakerjaan Sektor Komunikasi dan Informatika, workshop, job fair, dan perlombaan. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Figur dan Kriteria Steve Ewon Dimata Partai Golkar
    Bandung Siap Jadi Kota Layak Anak di 2024
    Warga Sambut Antusias Operasi Pasar Murah Beras
    Menteri ATR AHY Tetapkan Program 100 Hari Pertama
    Pentingnya Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi