free hit counter code Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang
      (juaranews) Persib menjamu Persita pada laga Pekan 14 Liga 1

      Persib vs Persita

      Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang

      • Minggu, 1 Oktober 2023 | 11:23:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga penting menghadapi Persita Tangerang pada Pekan 14 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (1/10/2023) malam.


      Maung Bandung mengincar 3 poin guna memuluskan langkah kembali bersaing di papan atas klasemen sementara. Tambahan 3 poin akan mengantarkan tim asuhan Pelatih Bojan merebut peringkat 4 atau 3, dari posisi saat ini di urutan 7.


      Persib sendiri sebelum laga Pekan 14 dimulai, menempati posisi 5. Namun setelah PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, dan Bali United melakoni laga, posisi Maung Bandung turun ke peringkat 7, tersalip oleh Persebaya yang bermain imbang dengan 1-1 dengan Dewa United.


      Poin Persib sama dengan milik Bali United di posisi 7 dan Barito Putera di posisi 8. Namun, 2 tim itu sudah memainkan laga ke-14. Persib akan naik ke papan atas lagi jika mengalahkan Persita. Tambahan 3 poin akan membuat Maung Bandung mengoleksi 24 poin, sama dengan PSIS yang mengalahkan PSM Makassar 2-1. Persib pun bisa menyalip PSIS, jika mengalahkan Persita dengan selisih gol lebih dari 3 gol


      Di pihak lain, Persita Tangerang pun mengincar hasil maksimal di kandang Maung Bandung guna memperbaiki posisi di papan klasemen. Saat ini tim berjuluk Pendekar Cisadane itu berada satu tangga di atas tiga tim penghuni zona degradasi. Saat ini, Persita terpaku di posisi 15 atau hanya 1 strip dari bibir zona degradasi dengan baru mengemas 14 poin.


      Maung Bandung sendiri dalam tren positif setelah melalui 6 laga tanpa kekalahan. Dari 6 laga terakhir tersebut, Persib meraih 4 kemenangan dan 2 hasil imbang. Dua kemenangan terakhir diraih Persib secara beruntun, yakni mengalahkan Persikabo 1973 (2-0) dan Bhayangkara FC (2-1). Sedangkan kekalahan terakhir diderita Persib saat dijamu Persis Solo 2-1 pada Pekan 7.


      Sementara Persita dalam kondisi sebaliknya. Tim Pendekar Cisadane baru meraih kemenangan lagi pada pekan lalu dengan mengalahkan Dewa United 1-0 pada pekan lalu, setelah 8 laga sebelumnya tak meraih 3 poin. Namun secara statistik di 5 laga tersebut, performa tim asuhan Pelatih Divaldo Alves terus meningkat. Setelah menelan kekalahan dalam 3 laga dari PSS Sleman (2-3), Borneo FC (2-1), dan Madura United (1-3), tim Pendekar Cisadane berhasil menahan imbang Arema FC (0-0), selanjutnya di laga terakhir pada Pekan 13 mengalahkan Dewa United (1-0).


      Kendati lebih diunggulkan, Persib tetap harus waspada, jika melihat hasil laga terakhir Persita yang berhasil mengalahkan Dewa United pekan lalu. Pasalnya, Persita tengah dalam motivasi tinggi untuk. Apalagi sejak ditangani Devaldo Alves pada Pekan 12 lalu, Persita mulai bangkit dan bertekad melanjutkan tren positif pada laga Pekan 14 nanti.


      Persib tak Mau Anggap Enteng Tim Papan Bawah
      Coach Hodak sendiri menilai Persita merupakan tim bagus yang berpotensi menjegal timnya untuk meraih kemenangan. Padahal Persib membutuhkan tambahan poin agar bisa tetap bersaing di papan atas Liga 1 musim ini.


      Karena itu, Hodak tak mau mengganggap enteng Persita, kendati timnya lebih unggul peringkat di klasemen. Menurut Hodak, Persita mulai kembali menunjukkan kualitasnya dengan berhasil meraih hasil positif di 2 laga terakhirnya.


      "Besok adalah pertandingan yang penting bagi kami, untuk tetap bersaing di papan atas klasemen," ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Sabtu (30/9/2023).


      "Kami juga tahu bahwa Persita adalah tim yang bagus dan dalam 2 pertandingan terakhirnya mereka tidak kebobolan saat menang dari Dewa United dan bermain imbang dengan Arema. Jadi mereka merupakan tim yang kuat," sambung pelatih asal Kroasia tersebut.


      Hodak mengungkapkan, saat ini persaingan begitu ketat, khususnya di papan atas. Karena itu, setiap poin yang diraih sangat penting agar timnya bisa tetap bersaing di papan klasemen.


      "Saat ini persaingan di klasemen sangat ketat dan selisih poin dari setiap tim sangat rapat. Maka, setiap poin yang didapatkan akan dapat mengubah peta persaingan dan membuat kompetisi semakin kompetitif," tandas Hodak.


      Karena itu, Hodak akan terus waspada dalam menghadapi setiap lawan. Dia tak mau lengah yang bakal mengakibatkan timnya terpeleset dalam kekalahan.


      "Jadi kami harus selalu waspada dan mengantisipasi setiap tim yang kami hadapi. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya," ucap Hodak.


      Hodak menambahkan, bermain sebagai tuan rumah memberikan sedikit keuntungan bagi timnya. Karena dukungan para suporter bisa menjadi motivasi bagi pasukannya untuk meraih hasil maksimal di laga besok.

       

      Persita Siap Curi Poin dari Kandang Persib
      Sementara itu, Persita pun mengincar hasil maksimal saat dijamu Persib. Pasalnya, tambahan poin sangat diperlukan tim Pendekar Cisadane untuk memperbaiki posisinya di papan klasemen.

       

      Coach Divaldo menegaskan, timnya dalam kondisi baik dan siap menghadapi Persib. Timnya pun akan berusaha meraih hasil maksimal dengan mencuri poin di kandang Maung Bandung.


      Divaldo menilai, para pemainnya pun dalam motivasi tinggi setelah meraih kemenangan atas Dewa United 1-0 pada laga sebelumnya. Kemenangan itu menjadi modal timnya untuk bisa mencuri poin di kandang Persib.


      "Persiapan kami di Tangerang saya kira sangat baik, mental pemain juga istimewa sekali, karena memang mereka mau bekerja keras di pertandingan ini dan kami akan fokus untuk bisa curi minimal 1 poin di sini (Bandung)," ungkap Divaldo dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib.


      Laga lawan Persib sendiri menjadi debut bagi Divaldo dalam mendampingi tim Persita di sisi lapangan, setelah administrasi keimigrasiannnya lengkap. Kendati menjadi debutnya mendampingi tim dalam sebuah laga, namun Divaldo mengaku sudah mengenal baik para pemainnya. Dia pun telah mempersiapkan timnya sejak beberapa hari lalu sebelum menghadapi laga kontra Persib tersebut.


      "Besok adalah pertama kali saya di bench (debut), tapi di latihan sudah lama dengan para pemain. Jadi saya kira tim kami menjadi lebih fokus sekarang untuk bisa keluar dari posisi kami yang sekarang ada di papan bawah untuk bisa naik dengan poin yang didapatkan," ucapnya.


      Dia pun mengakui, laga besok bukanlah pertandingan mudah untuk dihadapi timnya. Apalagi Persib tak terkalahkan dalam 6 laga, dan akan bertindak sebagai tuan rumah. Namun, menurutnya, beban pertandingan besok bukan berada di timnya, melainkan justru berada di tim tuan rumah karena wajib meraih kemenangan di kandang sendiri.


      "Di pertandingan besok, pressure bukan ada di kami, tapi pressure justru ada di Persib, karena mereka harus menang, dan pasti ingin naik lebih ke atas (di klasemen)," sebut Divaldo.


      "Apalagi Persib adalah tim besar jadi mereka harus ada di papan atas. Maka dari itu, kami hanya akan tetap normal dan mau kerja keras saja," tambahnya.


      Soal performa timnya, pelatih asal Portugal ini mengaku sudah melakukan evaluasi, terutama masalah penyelesaian akhir yang harus terus ditingkatkan. Dari 2 laga terakhir, menghadapi Arema FC dan Dewa United, timnya memiliki banyak peluang namun hanya 1 yang bisa dikonversikan menjadi gol.


      "Memang itu (penyelesaian akhir) masih menjadi tugas kami, tapi saya lebih fokus dari pertandingan kemarin adalah pemahaman para pemain terkait strategi yang kami inginkan," ujarnya.


      Sementara secara organisasi permainan timnya, Divaldo menginginkan semua pemainnya mampu bekerja sama, baik saat melakukan transisi maupun ball possession.

      "Jadi kalau Persita bisa mendominasi semua momentum permainan, berarti kita lebih kuat. Mudah-mudahan kami bisa buat peluang gol lebih besar, seperti kemarin di pertandingan besok, seperti yang saya bilang tadi, tapi tim yang lebih fokus besok itu yang berpeluang bisa menang," pungkas Divaldo.


      Rekor Pertemuan, Persib Lebih Unggul dari Persita
      Persib sendiri memiliki rekor kurang baik dalam 2 pertemuan terakhir dengan Persita musim lalu. Bahkan di 2 laga tersebut, Persib tak bisa menjebol gawang Persita.


      Di 2 pertemuan tersebut, Persib menang sekali dan sekali kalah. Kemenangan diraih pada pertemuan pertama dengan skor 1-0. Namun 1 gol yang tercipta bukan lahir dari kaki pemain Maung Bandung, tapi hasil bunuh diri pemain Persita. Arif Setiawan. Sementara nasib tragis terjadi pada pertemuan kedua saat Persib dibantai 4-0 oleh Persita. Empat gol Persita kala itu dicetak Irsyad Maulana 2 gol, serta Ramiro Fergonzi dan Ezequiel Vidal masing-masing 1 gol.


      Namun secara keseluruhan, Persib mendominasi terhadap Persita dalam sejarah 15 pertemuan kedua tim. Bahkan kemenangan 4-0 pada putaran kedua musim lalu, menjadi satu-satunya yang diraih Persita selama bentrok dengan Persib. Tercatat dalam 15 laga tersebut, Persib menang 12 kali, 2 kali imbang, dan sekali kalah. Kemenangan terbesar Persib atas Persita terjadi di Inter Islan Cup 2014 pada 13 Januari 2014 dengan skor 7-1, juga di musim ISL 2012-2013 pada 15 April 2013 dengan skor 5-1.

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Pada laga kali inim kedua pelatih dipastikan menuru nkan skuat terbaiknya. Sayangnya, sejumlah pemain pilar tidak bisa diturunkan oleh kedua pelatih. Di kubu tuan rumah, 7 pemain tidak bisa merumput dengan berbagai alasan.


      Ketujuh pemain yang dipastikan absen tersebut, yakni Robi Darwis dan Rachmat Irianto yang baru menyelesaikan tugasnya membela Timnas Indonesia U-24 di ajang Asian Games 2023 Hangzhou.

      Lima pemain lainnya, yakni kiper Reky Rahayu, winger Febri Hariyadi, bek Zalnando, gelandang Bechkam Putra Nugraha, dan bek Kakang Rudiant. Kelima pemain tersebut harus absen karena cedera dan masih menjalani proses pemulihan.


      Pelatih asal Kroasia tersebut menyebutkan, Kakang masih sakit. Sedangkan Beckham yang sudah menunjukan progres, ternyata masih belum prima untuk tampil dalam pertandingan terdekat.


      “Kami kehilangan Kakang karena dia sakit, Beckham belum siap. Dia untuk pertama kalinya ikut berlatih lagi, tapi terlihat masih kerepotan. Karena masih terlihat dia agak ragu dan ketakutan melakukan pergerakan. Mungkin Kakang dan Beckham akan absen,” ungkap Bojan, dikutip laman resmi klub, Jumat (29/9/2023).

       

      Meski sejumlah pemain inti absen, Hodak tetap optimistis menghadapi Persita nanti. Pasalnya di sisi lain, pemain lainnya dalam kondisi siap tampil, termasuk Ciro Alves dan Alberto Rodriguez yang baru pulih dari cedera. Bojan pun akan mencoba memaksimalkan pemain yang ada untuk bisa meraih hasil maksimal pada laga akhir pekan ini.


      Selain Ciro dan Alberto, ada satu pemain lain yang sudah siap diturunkan, yakni Dedi Kusnandar. Ciro dan Dado, sebelumnya mengalami cedera saat menghadapi Bhayangkara FC, dan kini kondisinya sudah pulih.


      Dengan menyusul absennya Kakang, dipastikan akan terjadi perubahan komposisi pemain yang diturunkan Hodak menghadapi Persita. Pasalnya, Persib kehilangan pemain U-23 yang bisa diturunkan sebagai starter. Sebelumnya, 2 pemain muda dipastikan absen, yakni Robi yang belum kembali dari Timnas, lalu Bechkam yang belum pulih dari cedera. Dengan demikian, kini tinggal tersisa penyerang muda Ferdiansyah dan Arsan Makarin, serta kiper Putra Sheva Sanggasi.

       

      Sesuai regulasi LIga 1, dalam setiap laga tim wajib menurunkan pemain U-23 sebagai starter dan dimainkan selama minimal 45 menit, setelah itu bisa diganti dengan pemain lain. Dan satu-satunya pemain yang memungkinkan diturunkan, yakni Ferdiansyah untuk menempati sektor gelandang.


      Di posisi penjaga gawang, Hodak masih akan mempercayakannya kepada Teja Paku Alam yang pada 2 laga terakhir tampil gemilang. Di depan Teja, 4 bek akan dipasang. Absennya Kakang, dipastikan posisi bek kanan akan kembali diisi I Putu Gede Juni Antara yang akan bekerja sama dengan bek kiri Daisuke Sato. Sementara di posisi center bek akan diisi menara kembar, Alberto Rodriguez dan Nick Kuiper.


      Di lini tengah, satu tempat akan diberikan pada kapten tim Marc Anthony Klo, yang akan berkolaborasi dengan Levy Madinda dan Dedi Kusnandar. Lalu di lini serang, David da Silva dan Ciro Alves akan kembali berduet untuk pertama kalinya sejak pekan 7 lalu. Di belakang duo Brasil ini, Hodak tampaknya akan menempatkan Fediansyah untuk memenuhi syarat kuota pemain U-23.


      Sementara itu, kubu tim tamu relatif tidak ada masalah dengan komposisi pemainnya. Coach Divaldo hanya kehilangan Rifky Dwi Septiawan yang terkena hukuman akumulasi kartu setelah mengoleksi 4 kartu kuning.


      Namun Divaldo sudah menyiapkan pemain lain untuk menggantikannya, dan siap memberikan kemampuan terbaiknya di laga nanti.


      "Ya Rifky merupakan pemain penting, pemain yang punya masa depan, top sekali. Dia sudah mulai menjadi pemain penting di tim dalam sistem yang saya buat," ungkap Divaldo.


      "Tapi saya kira, siapa pun pemain yang masuk nanti, semua siap fight dan pasti siapa pun mau kasih maksimal," sambungnya.


      Namun di balik absennya Rifky, ada kabar baik bagi Pendekar Cisadane. Tim asal Kabupaten Tangerang tersebut sudah bisa kembali memainkan Bae Sin Yeong. Sebelumnya, gelandang asal Korea Selatan tersebut absen membela Persita dalam 5 laga terakhir karena mengalami cedera. Kini pemain 31 tahun itu, sudah kembali berlatih penuh selama sepekan terakhir.


      "Bae Sin Yeong yang sudah kembali berlatih penuh selama sepekan terakhir diprediksi akan masuk dalam rencana pelatih Divaldo Alves," tulis manajemen Persita di laman resmi klub.

       

      Selain Bae Sin Yeong, pada kali ini, Coach Divaldo bakal kembali mengandalkan 4 dari 6 pemain asingnya sebagai starter. Duet bek asing Christian Mangaron Rontini dan Javlon Guseynov akan membentengi kiper Rendy Oscario. Duo pemain asal Filipina dan Uzbekistan tersebut akan ditemani mantan pemain Persib Mario Jardel dan Muhammad Toha.


      Di lini tengah, legiun asing lainnya, Norberto Ezequiel Vidal akan menjai playmaker bekerja sama dengan Fahreza Sudin dan Arif Setiawan yang menggantikan posisi Rifky Dwi. Sementara di lini serang, striker asal Argentina, Ramiro Ezequiel Fergonzi akan menjadi ujung tombak ditemani Esal Sahrul Muhrom dan Hanis Sagara Putra,


      Head to Head
      9 April 2023                Liga 1 2022-2023           Persita Tangerang 4-0 Persib Bandung
      1 Desember 2022      Liga 1 2022-2023           Persib Bandung 1-0 Persita Tangerang
      7 Januari 2022           Liga 1 2021-2022           Persib Bandung 1-0 Persita Tangerang
      11 September 2021   Liga 1 2021-2022          Persita Tangerang 1-2 Persib Bandung
      29 Maret 2021            Piala Menpora 2021     Persita Tangerang 1-3 Persib Bandung
      31 Agustus 2014        ISL 2014                          Persita Tangerang 1-2 Persib Bandung
      5 Februari 2014          ISL 2014                          Persib Bandung 2-1 Persita Tangerang
      13 Januari 2014         Inter Islan Cup 2014      Persib Bandung 7-1 Persita Tangerang
      25 Mei 2013                ISL 2012-2013                Persita Tangerang 2-2 Persib Bandung
      15 April 2013              ISL 2012-2013                Persib Bandung 5-1 Persita Tangerang
      17 April 2010              Piala Indonesia 2010    Persib Bandung 4-1 Persita Tangerang
      21 April 2009              ISL 2008                          Persita Tangerang 2-4 Persib Bandung
      8 November 2008      ISL 2008                          Persib Bandung 2-0 Persita Tangerang
      15 Desember 2007    Divisi Utama 2007         Persita Tangerang 1-1 Persib Bandung
      18 Februari 2007        Divisi Utama 2007         Persib Bandung 2-0 Persita Tangerang

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      23 September 2023    Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung
      16 September 2023    Persib Bandung 2-0 Persikabo 1973
      2 September 2023       Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung
      26 Agustus 2023         Persib Bandung 2-1 RANS Nusantara
      20 Agustus 2023         PSIS Semarang 1-2 Persib Bandung

      5 Laga Terakhir Persita Tangerang
      22 September 2023    Persita Tengerang 1-0 Dewa United
      16 September 2023    Arema FC 0-0 Persita Tangerang
      1 September 2023      Persita Tangerang 1-3 Madura United
      25 Agustus 2023         Borneo FC 2:1 Persita Tangerang
      18 Agustus 2023         Persita Tangerang 2-3 PSS Sleman


      Klasemen
                                                M  M S K Gm-Gk  P
      7. Persib Bandung         13  5  6 2   21-18 21
      15. Persita Tangerang  13  4  2 7    11-15 14


      Perkiraan Susunan Pemain
      Persib Bandung (4-3-1-2)
      Teja Paku Alam; I Putu Gede Juni Antara, Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Daisuke Sato; Marc Anthony Klok, Dedi Kusnandar; Levy Madinda; Ferdiansyah; Ciro Alves, David da Silva
      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa, Putra Sheva Sanggasi; Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Rezaldi Hehanusa, Abdul Aziz, Arsan Makarin, Ezra Walian, Ryan Kurnia, Frets L Butuan, Edo Febriansah
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Persita Tangerang (4-3-3)
      Rendy Oscario; Christian Mangaron Rontini, Javlon Guseynov, Mario Jardel, Muhammad Toha; Fahreza Sudin, Norberto Ezequiel Vidal, Arif Setiawan; Esal Sahrul Muhrom, Hanis Sagara Putra, Ramiro Ezequiel Fergonzi
      Cadangan: Sirvi Arvani; Irsyad Maulana, Adhitya Harlan, Heri Susanto, Andrean Benyamin Rindorindo, Fairuz Zaman Ohorella, Jack Alan Brown, Bae Sin Yeong, Abu Rizal Maulana, Daniel Mateo Bustos
      Pelatih: Divaldo da Silva Teixeira Alves. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Perkuat Lini Tengah, Persib Rekrut Adam Alis
      Jadwal Persib di Piala Presiden, Laga Awal vs PSM
      Stadion GBLA Resmi Dikelola Persib Bandung
      Persib Harus Naik Level Permainan
      Persib Juara Lebih Luar Biasa dibanding Juventus

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail