Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Tangani Banjir, DPRD Jabar Sebut Perlu Kolaborasi Semua Pihak



    Tangani Banjir, DPRD Jabar Sebut Perlu Kolaborasi Semua Pihak

    JuaraNews, Bandung - Banjir yang kerap terjadi akibat curah hujan tinggi memerlukan kolaborasi dari berbagai elemen pemerintah dalam penanganannya.


    Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi menuturkan, persoalan banjir dan air menjadi lintas sektor atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun, sering kali persoalan tersebut hanya dibebankan kepada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DPSDA) saja.


    "Saya kira butuh Inovasi dan kolaborasi agar visi misi Jabar Juara dengan Inovasi dan kolaborasi dapat terealisasikan," tuturnya, Rabu (24/3/2021).


    Meski begitu, dalam praktiknya sering kali menemui kendala dalam merealokasika kolaborasi dan sinkronisasi antara program dinas satu dengan yang lainnya. Ia mencontohkan, kolaborasi dan sinkronisasi Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim).


    "Kedua dinas tersebut erat kaitannya dengan daya tampung drainase yang ada di jalan-jalan. Jadi orang sering kali menyampaikan drainase itu seolah-olah akan menampung semua curah air," ujarnya.

     

    Drainase yang dibangun hanya memiliki lebar 80 cm sehingga, tidak akan kuat menampung curah air yang besar dan akhirnya meluap. Oleh karenanya, diperlukan kajian sedemikian rupa atau rekayasa untuk mengalirkan air.


    Dengan demikian, ketika curah hujan tinggi, air akan menuju tempat yang lebih rendah diperlukan perhitungan jalur yang memadai atau dapat menampung volume air. Jika tidak disediakan maka, jalan beraspal akan menjadi sungai. (*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Yod Mintaraga: Dana PEN Kesehatan Harus Dinikmati Masyarakat
    KBM Tatap Muka, Yod Mintaraga: Penerapan Prokes Sangat Penting
    Sebanyak 40 Kader SOKSI Jabar Ikuti Pendidikan Politik Golkar Institut
    Yod Mintaraga: SOKSI Jabar Fokus Terhadap Pembangunan Sumber Daya Manusia
    SOKSI Jabar Didik Kadernya Jadi Instruktur di Kota Kabupaten
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads