free hit counter code DPRD Jabar Minta Jalan Khusus Tambang Segera Dibangun - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Jabar Minta Jalan Khusus Tambang Segera Dibangun
Anggota Komisi IV DPRD, Kusnadi

DPRD Jabar Minta Jalan Khusus Tambang Segera Dibangun

 

JuaraNews, Bandung - DPRD Jabar meminta Pemprov mengusahakan pembangunan jalan khususnya tambang bagi kendaraan golongan dua hinggali.


Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi mengungkapkan, pihaknya belum mengetahui progres rencana pembangunan jalan tambang di Kabupaten Bogor. Pasalnya, rencana pembangunan jalan khusus tambang sepanjang 19 km sempat mengemuka.


"Tapi hingga kini kami belum melihat kelanjutannya seperti apa," ungkap Kusnadi, Rabu (24/3/2021).


Ia menyebut rencana pembangunan jalan tambang tersebut telah bergulir sejak beberapa tahun lalu. Oleh karena itu, bukan menjadi hal yang tabu jika Jalan provinsi cepat rusak.


"Saya kira nggak aneh kalau jalan provinsi yang kita bantu setiap tahunnya itu hanya berumur 3 hingga 4 bulan saja cuma," ujarnya.


Kusnadi menilai kehadiran jalan khusus tambang sangat dinantikan oleh masyarakat yang tinggal di seputaran galian C batu andesit Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Selain untuk mencegah jalan provinsi cepat rusak, juga untuk mempermudah dan memperlancar transportasi hasil tambang.


"Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang harus mengalami gangguan pernapasan akibat debu akibat lalu lalang kendaraan bertonase besar," ucapnya.


Dampak galian C, lanjut Kusnadi, tidak hanya dialami masyarakat Kecamatan Cigudeg. Melainkan, masyarakat di tiga kecamatan lainnya, seperti Parung Panjang, Rumpin dan Gunung Sindur.


Alasannya, hasil tambang yang diangkut truk-truk besar, setiap saat wara-wiri di kawasan mereka. Akibatnya banyak terjadi kecelakaan yang berujung dengan hilangnya nyawa masyarakat.


"Kesehatan warga juga terganggu, setiap saat mereka dikepung kabut debu, yang membuat napas sesak dan mata berair," tegasnya. (*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar

Editorial



    sponsored links