free hit counter code Berebut Peringkat 2, Mengintip Puncak Klasemen - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


       Berebut Peringkat 2, Mengintip Puncak Klasemen
      (juaranews) Madura United menjamu Persib di Stadion Bangkalan

      Madura United v Persib Bandung

      Berebut Peringkat 2, Mengintip Puncak Klasemen

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga krusial pada Pekan 18 Liga 1 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Rabu (1/11/2023) malam.

       

      Laga perdana Putaran 2 ini menjadi penting karena kedua tim kini tengah bersaing di papan atas klasemen sementara tersebut. Persib berada di peringkat 2, sedangkan MU di posisi dengan raihan poin yang sama yakni 31. Maung Bandung hanya unggul produktivitas dan selisih gol dari tim Sappe Kerrab, +12 berbanding +9.


      Dengan demikian, siapapun yang memenangi laga, maka mereka akan duduk manis di peringkat 2, sekaligus membayang-bayangi Borneo FC di puncak klasmeen. yang mengoleksi 35 poin.


      Sebaliknya jika meraih hasil minor, salah satu tim kalah atau keduanya bermain imbang, maka posisinya terancam dikudeta oleh 3 tim di bawah mereka, dan keluar dari the Big Four. Pasalnya, di peringkat 4, 5, dan 6, ada Bali United, PSIS Semarang, dan RANS Nusantara yang sama-sama mengoleksi 30 poin, atau hanya berselisih 1 poin dari Persib dan MU. Karena jika salah satu kalah, sementara di laga lain ketiga tim peringkat 4 hingga 6 tersebut memenangi laga, maka posisinya bakal terperosok ke urutan 6.

       

      Bagi tim asuhan Pelatih Bojan Hodak tersebut, raihan poin juga dibutuhkan untuk melanjutkan tren positif yang tak terkalahkam dalam 10 laga terakhir. Tercatat dalam 10 laga terakhir, Persib meraih 7 kemenangan, dan 3 kali imbang. Di 5 laga terakhir, Persib sendiri meraih 4 kemenangan dan sekali imbang. Pada laga terakhr, Maung Bandung sukses menekuk PSS Sleman dengan skor menyakinkan 4-1. Kemenangan di laga pamungkas Putaran 1 tersebut menjadi modal berharga saat bertandang ke markas MU di Stadion Gelora Bangkalan.


      Sebaliknya, performa MU sedang menurun. Di laga terakhir, Madura hanya bermain imbang 1-1 dengan Arema FC. Rekor laga tandang MU pun sedang tidak baik-baik saja. Dalam 2 laga kandang terakhir, MU menderita kekalahan. Pada Pekan 16, MU menyerah 1-4 dari Dewa United. Dan sebelumnya di Pekan 14, dihajar Borneo FC 2-1.

       

      Kemenangan pun menjadi target tim asuhan Mauricio Sauza. Pelatih asal Brasil ini, ingin timnya bangkit sekaligus mempertahankan posisi mereka di 4 Besar. Pasalnya, selisih poin dengan tim-tim di bawahnya, yang akan langsung mengusur mereka jika kembali terpeleset di kandang.


      Kedua tim sendiri sudah sangat sering bentrok di kancah sepak bola nasional, baik di ajang Liga maupun turnamen lainnya, jauh sebelum tim asal Madura tersebut bernama Madura United pada 2016 lalu. Tercatat sejak musim 2013, Persib dan MU telah bertemu 20 kali, saat MU masih bernama Persepam Madura United.

       

      Dari 25 pertemuan tersebut, MU unggul tipis dari Maung Bandung, dengan memenangi 8 laga. Sedangkan Persib memenangi 7 laga, dan 5 laga sisanya berakhir dengan hasil imbang. Selama pertarungan tersebut, keduanya memiliki perbedaan tipis dalam urusan mencetak gol, dimana MU melesakkan 25 gol, sedangkan Persib 24 gol. Dengan demikian, kekuatan kedua tim tersebut relatif seimbang.

       

      Namun dalam 5 laga terakhir, Persib lebih mendominasi, dengan memenangi 3 laga, sementara MU menang dalam 1 laga, dan 1 laga lain berakhir imbang. Dalam pertemuan terakhir pada laga putaran pertama musim ini, kedua tim bermain imbang 1-1 saat bertanding di kandang Persib, Stadion Gelora Bandung Lauitan Api (GBLA), Kota Bandung, 2 Juli 2023 lalu. Kala itu, gol MU dicetak Hugo Gomes menit 5, sedangkan gol penyeimbang Persib dilesakkan David da Silva pada menit 79 melalui tendangan penalti.

       

      Selain itu, rekor Persib saat berlaga di Madura pun cukup baik, dimana pada 2 laga terakhir di kandang MU, Maung Bandung meraih kemenangan. Kedua kemenangan tersebut terjadi pada Putaran 2 musim 2022-2023 yang berakhir dengan skor 1-0, dan laga Putaran 1 musim 2021-2022, juga dengan skor 1-0.


      Di sisi lain, pertemuan kedua musim ini, konsdisnya nyaris serupa dengan laga putaran kedua musim lalu pada 20 Januari 2023. Ketika itu, kedua tim yang bertanding di kandang MU, juga tengah bersaing di papan atas. Persib pun saat itu mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 11 laga hingga Pekan 19 tersebut menempati peringkat 5 dengan 33 poin, sementara MU di posisi 2 dengan koleksi 36 poin.


      Hasilnya, Persib menang 1-0 atas MU lewat gol Da Silva pada menit 77. Gol yang menbuat DSS memimpin daftar top skorer sementara dangan 14 gol. Kondisnya pun hampir sama dengan saat ini, dimana DDS yang telah mengoleksi 11 gol tengah mengejar misinya menjadi top skorer. Dengan kemenangan tersebut, Persib menyamai raihan poin MU, yakni 36, dan posisinya naik ke peringkat 3. Persib yang kala itu masih diasuh Coach Luis Milla hanya kalah selisih gol dari MU, namun saat itu Maung Bandung baru memainan 18 laga, sementara Madura telah memainkan laga ke-19. Kondisi yang hampir sama dengan saat ini dimana kedua tim berada di posisi 2 dan 3.

       

       

      Persib Waspadai Kebangkitan Madura United
      Menghadapi laga perdana Putara 2 musim 2023-2024 ini, Pelatih Persib Bojan Hodak pun bertekad melanjutkan tren positif Maung Bandung. Karena itu, Hodak menekankan pada pasukannya untuk tampil maksimal. Hodak ingin tim Maung Bandung kembali meraih kemenangan seperti saat menekuk PSS 4-1.


      Hodal sendiri memprediksi laga kontra MU akan berjalan sulit. Selain tampil di kandang, tim Sappe Kerrab juga memiliki motivasi berlipat untuk bangkit setelah gagal meraih kemenangan pada 2 laga terakhir.


      Namun kondisi MU tersebut, menurut Hodak, justru harus diwaspadai oleh anak-anak asuhnya, karena akan membuat motivasi mereka untuk bangkit jadi lebih besar. Hodak pun tak ingin anak-anak asuhnya jemawa dan menganggap enteng lawan.


      "Madura adalah lawan yang sulit dikalahkan. Apalagi mereka baru 2 kali menelan kekalahan. Saya yakin besok mereka akan tampi all out untuk bisa meraih 3 poin," kata Bojan dalam sesi konferensi pers jelang laga di Bangkalan, Selasa (31/10/2023).


      “Tapi kami akan memperlihatkan bagaimana permainan kami, menjaga catatan bagus di 10 laga terakhir dan kami ingin melanjutkannya dengan hasil positif,” sambungnya.


      Di papan klasemen, MU pun kokoh menempati papan atas. Saat ini, MU berada di peringkat 3 menguntit Persib di posisi 2, dengan raihan poin sama, yakni 31 poin. Hasil hingga Putaran 1 tersebut, membuktikan bahwa tim asuhan Mauricio Ferreira de Souza merupakan tim yang berkualitas. Bahkan MU sempat memuncaki klasemen selama 7 pekan sebelum posisinya diambil alih Borneo FC.

       

      "Sekali lagi saya katakan, Madura tim yang bagus dan mereka ada di besar. Jadi itu bisa jadi gambaran mereka tim berkualitas," ungkap pelatih 52 tahun tersebut.


      Tim Maung Bandung sendiri tidak banyak memiliki waktu untuk persiapan menghadapi laga nanti. Persib baru bertanding melawan PSS pada Sabtu (28/10/2023) lalu, dan hanya berselang 3 hari, harus bertandang ke markas MU. Kendati demikian, Hodak menegaskan, misi timnya tetap, yakni meraih 3 poin.


      “Kami baru memainkan pertandingan 3 hari yang lalu, jadi kami lebih banyak memaksimalkan waktu untuk istirahat. Setelah itu hanya sekali melakukan latihan normal, hari ini juga kami hanya melakukan latihan ringan,” papar pelatih asal Kroasia tersebut.


      Hodak menambahkan, pada laga tersebut kedua tim memiliki keuntungan tersendiri masing-masing. Madura yang bermain sebagai tuan rumah tentu paham dengan kondisi dari lapangan dan cuaca. Tapi Persib diuntungkan dengan situasi mental pemain usai mendapat hasil positif.


      “Di sana banyak pemain bagus, sehingga kami harus berhati-hati. Kami juga dalam catatan hasil yang bagus, itu membuat pemain lebih percaya diri. Jadi mungkin ini jadi keuntungan kami. Tapi mereka juga memiliki keuntungan bermain di lapangannya sendiri. Jadi saya harap bisa melanjutkan hasil positif ini besok,” pungkas Hodak.

       

      MU Tak Ingin Kembali Terpeleset di Kandang
      Dari kubu tuan rumah, Coach Souza tak mau timnya kembali terpeleset saat menjamu Persib. Souza pun sudah menganalisa kesalahan-kesalahan yang dilakukan pasukannya saat menghadapi Arema FC dan Dewa United.

      Sauza menilai, laga menghadapi Persib sangat penting bagi timnya untuk mempertahankan posisi di 4 Besar. Souza menegaskan, anak-anak asuhnya tidak akan mengulangi lagi kesalahan-kesalahan tersebut saat menjamu Persib.


      "Saya butuh lihat (video) pertandingan lagi untuk saya bisa lihat detail, dimana saya bisa lihat ada kesalahan, sehingga kami bisa perbaiki itu,” kata Souza dalam sesi konferensi pers jelang laga di Bangkalan, Selasa (31/10/2023).


      “Kami memang harus bersiap dengan maksimal untuk laga besar itu (melawan Persib),” tambahnya.


      MU sendiri memiliki persiapan yang singkat untuk menjamu Persib. Tim Sappe Kerrab hanya punya waktu 3 hari setelah menghadapi Arema. Kendati demikian, Souza tidak memandang situasi tersebut sebagai alasan mengalah dari Persib. Dia tetap optimistis bisa meraih poin maksimal pada laga kali ini, apalagi Persib sendiri mengalami hal serupa dengan masa persiapan yang minim juga.


      Dia menegaskan, 3 poin sangat berarti bagi kedua tim untuk menjaga posisi di papan atas. Karena, 3 tim di bawahnya, RANS, PSIS, dan Bali berpotensi mengudeta.


      "Kami tidak punya banyak waktu dari pertandingan lalu ke pertandingan ini untuk persiapan. Kami harus tingkatkan permainan kami untuk lebih baik. Kami harus detail dalam menyerang lawan. Kami akan berupaya di jalur kemenangan lagi dan bertahan di atas, di 4 besar,” kata Souza.


      Kendati demikian, pelatih asal Brasil tersebut menyadari, Persib sedang dalam performa terbaiknya hingga bisa merangsek naik ke papan atas.

       

      “Kami sudah tahu Persib Bandung. Tim yang dalam kompetisi ini terus bergerak naik di klasemen. Mereka tim yang juga punya fisik bagus,” pungkas pelatijh 47 tahun ini.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Sayangna, pada laga ke-18 tersebut, kedua pelatih dipastikan tidak bisa menurunkan sejumlah pemain pilarnya. Dari kubu tim tamu, Coach Hodak kehilangan 3 pemain andalannya yang selalu menjadi pilihan sebagai starter. Pemain pertama yang dipastikan absen, yakni anggota Timnas Filipina, Daisuke Sato yang kondisi fisiknya belum bugar sepulang membela negaranya. Bahkan sebelumnya Sato absen pada laga Pekan 17 kontra PSS, Sabtu (28/10/2023) lalu.


      Terbaru, Coach Hodak kehilangan 2 gelandang bertahannya. Yakni kapten tim Marc Klok yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning, dan Dedi Kusnandar yang mengalami cedera saat menghadapi PSS.


      "Terlepas dari mereka, semuanya siap untuk bermain. Kami hanya bisa berharap bisa memainkan pertandingan dengan baik dan mendapatkan hasil positif," ucap Bojan.


      Dengan absennya Klok dan Dado, Coach Hodak dipastikan bakal melakukan rotasi di lini tengah. Dua pemain timnas Indonesia, Rachmat Irianto dan Edo Febriansah bakal jadi pilihan di sektor gelandang bertahan.


      Sementara absennya Sato, seperti formasi saat menjamu PSS, Rezaldi Hehanusa akan kembali menempati posisi bek kiri dalam skema 4-2-3-1 yang diterapkan Hodak. Rezaldi akan bekerja sama dengan duet center bek Nick Kuipers-Alberto Rodriguez, dan I Putu Gede Juni Antara di sisi kanan. Keempat bek ini akan menjadi pengawal pribadi kiper Teja Paku Alam yang akan kembali diberi kepercayaan menjaga gawang Maung Bandung.


      Sementara di posisi ujung tombak, top skorer Persib, David da Silva masih akan menjadi andalan utama. Kinerja bomber asal Brasil tersebut akan didukung 3 gelandang serang, yakni Bechkam Putra Nugraha, Levy Madinda, dan Ciro Alves.


      Sementara itu dari kubu tuan rumah, Coach Souza kehilangan bek berpengalaman Novan Setya Sasongko. Seperti Marc Klok, Novan harus absen karena akumulasi kartu kuning. Absennya Novan, kemungkinan akan digantikan Alexvan Djin. Dalam skema 4-4-2, Alexvan akan ditemani 3 bek lainnya, seperti Cleberson Martins de Souza, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Koko Ari Araya. Mereka akan membentengi gawang MU yang dikawal Wawan Hendrawan.


      Di lini tengah, ada 4 gelandang akan dipasang, yakni Hugo Gomes 'Jaja' dos Santos, Jacob William Mahler, Luis Marcelo Morais dos Reis 'Lulinha', dan Francisco Israel Rivera. Sementara di lini serang, top skorer MU yang telah mencetak 8 gol, Jose Brandao Goncalves Junior akan diduetkan dengan Yudda Editya Pratama


      Head to Head
      2 Juli 2023                 Liga 1 2023-2024       Persib Bandung 1-1 Madura United
      20 Januari 2023        Liga 1 2022-2023       Madura United 0-1 Persib Bandung
      30 Juli 2022               Liga 1 2022-2023       Persib Bandung 1-3 Madura United
      13 Maret 2022           Liga 1 2021-2022       Persib Bandung 3-2 Madura United
      4 Desember 2021     Liga 1 2021-2022       Madura United 0-1 Persib Bandung
      5 Oktober 2019         Liga 1 2019                 Madura United 2-1 Persib Bandung
      23 Juni 2019             Liga 1 2019                  Persib Bandung 1-1 Madura United
      9 Oktober 2018         Liga 1 2018                 Persib Bandung 1-2 Madura United
      4 Mei 2018                 Liga 1 2018                 Madura United 2-1 Persib Bandung
      19 Oktober 2017       Liga 1 2017                 Persib Bandung 0-0 Madura United
      9 Juli 2017                 Liga 1 2017                 Madura United 3-1 Persib Bandung
      8 Oktober 2016         TSC 2016                     Madura United 2-1 Persib Bandung
      28 Mei 2016              TSC 2016                     Persib Bandung 0-0 Madura United
      7 April 2015               ISL 2015                      Persib Bandung 3-0 PBR
      30 Oktober 2014       ISL 2014                      PBR 2-1 Persib Bandung
      6 Oktober 2014         ISL 2014                       Persib Bandung 1-0 PBR
      20 Mei 2014              ISL 2014                       Persib Bandung 2-2 PBR
      27 April 2014            ISL 2014                       PBR 1-0 Persib Bandung
      19 Mei 2013              ISL 2013                       Persib Bandung 2-1 Persepam Madura United
      28 April 2013            ISL 2013                       Persepam Madura United 1-3 Persib Bandung


      5 Laga Terakhir Madura United
      28 Oktober 2023         Arema FC 1-1 Madura United
      22 Oktober 2023         Madura United 1-4 Dewa United
      8 Oktober 2023           PSM Makassar 0-2 Madura United
      1 Oktober 2023           Madura United 1-2 Borneo FC
      24 September 2023   PSS Sleman 1-1 Madura United

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      28 Oktober 2023         Persib Bandung 4-1 PSS Sleman
      21 Oktober 2023         Borneo FC 1-1 Persib Bandung
      7 Oktober 2023           Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung
      1 Oktober 2023           Persib Bandung 5-0 Persita Tangerang
      23 September 2023   Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung


      Perkiraan Susunan Pemain
      Madura United (4-4-2)
      Wawan Hendrawan; Cleberson Martins de Souza, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Koko Ari Araya, Alexvan Djin; Hugo Gomes dos Santos, Jacob William Mahler, Luis Marcelo Morais dos Reis 'Lulinha', Francisco Israel Rivera; Jose Brandao Goncalves Junior, Yudda Editya Pratama
      Cadangan: Satria Tama Hardianto; Guntur Ariyadi, Bayu Gatra, Malik Risaldi, Slamet Nurcahyono, M Anwar Rifai, Salim Akbar Tuharea, M Iksan Lestaluhu, Ricki Ariansah, Kartika Vedhayanto Putra
      Pelatih: Mauricio Ferreira de Souza

       

      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Teja Paku Alam; Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, I Putu Gede Juni Antara, Rezaldi Hehanusa; Rachmat Irianto, Edo Febriansah; Beckham Putra Nugraha, Ciro Alves, Levy Madinda; David da Silva
      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Victor Igbonefo, Ryan Kurnia, Kakang Rudianto, Robi Darwis, Ferdiansyah, Arsan Makarin, Abdul Aziz, Robi Darwis, Frets L Butuan, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Klasemen
                                          M M S K Gm-Gk   P
      2. Persib Bandung   17 8  7 2   34-22    31
      3. Madura United     17 9  4 4   30-21    31. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Dikalakan PSS, Persib Fokus Persiapan hadapi Bali
      Tekuk Persib 1-0, PSS Sleman Bertahan di Liga 1
      Ini Susunan Pemain PSS Sleman vs Persib Bandung
      Tekad Akhiri Reguler Series dengan Kemenangan
      Persib Bertekad Jaga Tren Positif lawan PSS Sleman

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail