free hit counter code Keberhasilan Pilkada Tak Hanya Diukur oleh Kemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Keberhasilan Pilkada Tak Hanya Diukur oleh Kemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah
JuaraNews/Istimewa Anggota DPRD Jabar Yod Mintaraga saat melaksanakan reses di Desa Karangresik Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (6/11/2020)

Keberhasilan Pilkada Tak Hanya Diukur oleh Kemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah

  • Sabtu, 7 November 2020 | 09:56:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Tasikmalaya - Keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Serentak tidak hanya menyangkut siapa yang menang, namun diukur dari aspek keberhasilan dalam penyelenggaraan. 

 

Anggota DPRD Jawa Barat Drs. H. Yod Mintaraga, MAP mengatakan hal itu saat melakukan kegiatan reses di Desa Karangresik Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (6/11/2020).

 

Menurut Yod, pembangunan politik dalam mengembangkan sistem demokrasi di antaranya diwujudkan dalam Pilkada, pemilihan gubernur, pemilihan legislatif, dan pemilihan presiden. Keberhasilannya, kata Yod, salah satunya diukur dengan penyelenggaraan yang aman, damai, dan legimate. Legitimasi rakyat ini, katanya, diukur dari tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember 2020.

 

"Akan dianggap berhasil penyelenggaraan Pilkada ini jika tingkat partisipasi masyarakat meningkat. Kalau sebelumnya partisipasi 68 persen, sekarang partisipasinya naik menjadi 75 persen misalnya. Ini akan semakin melegitimasi hasil dari Pilkada 2020," kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Barat ini.

 

Yod juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti. "Kenapa ini saya sampaikan, karena salah satu agenda reses itu menyampaikan program pemerintah yang sedang berlansung. Sekarang rakyat Tasikmalaya sedang menghadapi Pilkada serentak," katanya.


Yang lebih penting lagi, kata anggota DPRD Jabar asal Ciawi Tasikmalaya ini, penyelenggaraan Pilkada tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila. Yod juga mengajak masyarakat untuk mewaspadai segala bentuk dan paham yang bisa membuat bangsa Indonesia tercerai berai. "Bangsa Ini telah sepakat untuk menjadikan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai dasar negara dan ideologi negara," katanya. (*)

Oleh: ude gunadi / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links