free hit counter code Pengembangan Desa Wisata Harus Didukung SDM Andal - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pengembangan Desa Wisata Harus Didukung SDM Andal
Anggota DPRD Jabar, Lilis Boy

Pengembangan Desa Wisata Harus Didukung SDM Andal

  • Sabtu, 25 November 2023 | 16:44:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - Anggota DPRD Jabar Lilis Boy mengatakan pengembangan desa wisata bisa terealisasi selain pembinaan tata kelola desa wisata, harus didukung juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni atau adanya peningkatan kapasitas SDM dan ekonomi kreatif desa wisata tingkat lanjutan. 

 

“Salah satu syarat pengembangan desa wisata itu SDM yang mumpuni, penataan desa wisata termasuk desanya,” tutur Lilis Boy.

 

Menurut Lilis Boy pengembangan potensi desa wisata sangat penting, strategis bagi masyarakat desa karena berada dekat dengan masyarakat desa. Desa wisata pun dinilai memberikan efek ganda atau multiplier effect, tak hanya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi berbasis pedesaan. Tapi berdampak juga pada mendorong pelestarian alam yang akan mereduksi pemanasan global. 

 

“Berdampak positif juga dalam mencegah urbanisasi masyarakat ke perkotaan,” katanya. 

 

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Perda Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata. Disebutkan jug  dampak positif dari pengembangan desa wisata ini sesuai dengan momentum kegiatan pariwisata global yang mengarah pada kegiatan pariwisata alternatif yang mengusung konsep interaksi alam, budaya dan masyarakat lokal. 

 

“Pengembangan desa wisata ini kalau berhasil tentu akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, itu sudah pasti. Misalnya peningkatan dari pendapatan UMKM-nya,” ucap Lilis Boy. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Yod: Ada Jalan Kewenangan Pusat, Provinsi & Daerah
Selain Serap Aspirasi, Yod Jelaskan Fungsi Reses
DPRD Jabar Minta Perbaikan Akses Menuju Wisata
Pentingnya Pengembangan Perda Ekonomi Kreatif
Lilis Boy Sebarluaskan Perda Ekonomi Kreatif

Editorial



    sponsored links