free hit counter code Pemprov Jabar Raih Juara Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah 2022 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    Opini


      Pemprov Jabar Raih Juara Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah 2022
      (humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengikuti murenbangnas 2022 secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (28/4/2022).

      Pemprov Jabar Raih Juara Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah 2022

      JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar meraih juara terbaik pertama dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 lewat inovasi Sim Jawara (Sistem Informasi Manajemen Talenta Jawa Barat Juara).


      Pemenang PPD 2022 ini diumumkan saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022 yang dihadiri seluruh kepala daerah se-Indonesia secara virtual, Kamis (28/4/2022). Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Beppeda) Jabar Sumasna, hadir secara luring di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung.


      Sim Jawara yang dikembangkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar merupakan sistem informasi kepegawaian terintegrasi seputar karir pegawai yang berbasis meritrokasi.


      Manajemen talenta ini bahkan sudah dijadikan pilot project oleh Kementerian PAN-RB dalam penerapan manajemen talenta nasional. Dengan Sim Jawara, proses penempatan, rotasi, mutasi, dan promosi seorang ASN menjadi lebih transparan dan berkualitas.


      Adapun PPD 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas merupakan pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dalam mendorong penyusunan dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan.


      Sementara untuk PPD 2022 tingkat kabupaten, Pemkab Sumedang meraih juara terbaik kedua dengan inovasi Sipedo (Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Database Online).


      Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan Musrenbangnas 2022, mendorong semua pihak agar tidak bekerja secara bussiness as usual yang minim inovasi. Melainkan harus memiliki sense of crisis melalui perencanaan yang baik.


      "Kita semua harus punya sense of crisis jangan seperti biasanya atau bussiness as usual, maka harus ada perencanaan yang baik, skenario yang pas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini," kata Presiden.


      Musrenbangnas 2022 juga membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023 yang difokuskan pada peningkatan produktivitas menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusi dan berkelanjutan.


      Menurut Kepala Bappeda Jabar Sumasna, PPD merupakan evaluasi kreatif pembangunan daerah serta salah satu bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota yang dapat menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat mencapai target-target pembangunan.


      "Serta senantiasa dapat menyiapkan dokumen perencanaan dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, serta inovatif," kata Sumasna.


      "Keberhasilan pada perencanaan pembangunan di Jabar sebagaimana disampaikan Bappenas RI. Pertama, membaiknya IPM yang didukung oleh berbagai inovasi kebijakan daerah yang memanfaatkan sistem informasi. Kedua, perencanaan tahun 2022 memuat strategi khusus penanganan dan pemulihan Covid-19, serta didukung oleh sistem informasi yang komprehensif," paparnya.


      Dalam PPD 2022, delain inovasi Sim Jawara, Pemprov Jabar juga mengusung program unggulan Investasi Juara dengan berbagai inisiatif strategis dalam aspek perizinan dan penanaman modal. Program ini meliputi inisiatif strategis seperti West Java Investment Summit dan West Java Investment Hub.


      "Inovasi dan Program Unggulan Jawa Barat ini sangat relevan dan secara langsung berkaitan dengan Tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022 yaitu Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural," ucap Sumasna.


      "Penghargaan pembangunan daerah tahun 2022 ini mendorong kami untuk bisa meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah sebagaimana amanat Bapak Presiden RI pada pembukaan musrenbang tadi. Harapan kami bahwa Penghargaan Pembangunan Daerah ini tetap sesuai ke tujuannya untuk membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat Jawa Barat," pungkasnya. (*)

      jn

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Sistem Merit ASN Pemprov Jabar Terdepan
      Ridwan Kamil Instruksikan Satu ASN di Jabar Jadi Orangtua Asuh Satu Anak Stunting
      Terapkan Kebijakan Pelestarian Lingkungan, Gubernur Ridwan Kamil Raih Penghargaan Nirwasita Tantra
      Pemprov Jabar Raih Juara Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah 2022
      Pikobar dan akun IG Humas Jabar & Jabarprovgoid Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Award


      PARLEMENTARIA