Bank BJB top banner

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS BALI UNITED: Menguji Kemampuan di Laga Perdana



        PERSIB BANDUNG VS BALI UNITED:  Menguji Kemampuan di Laga Perdana
        Persib Bandung bertemu Bali United pada laga penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/3/2021) malam. (juaranews)

        JuaraNews, Bandung – Pertarungan sengit dan alot bakal terjadi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/3/2021) mulai pukul 18.30 WIB, saat Persib Bandung bertemu Bali United pada laga perdana babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021.

         

        Tim Maung Bandung tidak mematok target muluk-muluk pada turnamen pramusim Liga 1 2021 ini. Pelatih Persib Robert Rene Alberts hanya ingin melihat pasukannya menikmati pertandingan, setelah selama setahun vakum di lapangan hijau.

         

        Menurut pelatih berpaspor Belanda ini, kemenangan bukanlah target utama Maung Bandung. Dirinya hanya ingin hanya menumbuhkan kembali semangat dan kegembiraan di dalam pertandingan. Dia pun ingin para pemainnya menikmati pertandaingan selama 90 menit di lapangan.

         

        "Saya hanya ingin pemain menikmati permainan," kata Robert Alberts pada sesi konferensi pers jelang laga secara virtual di Grand Mercure, Sleman, Selasa (23/3/2021)

         

        Terhadap Bali United yang diasuh Pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra, Coach Robert pun menaruh rasa hormatnya. Pasalnya, tim Serdadu Tridatu merupakan juara bertahan atau kampiun edisi terakhir Liga 1 2019.


        "Bali United merupakan tim juara bertahan, tim yang berkualitas dengan pemain dan struktur klub yang sangat baik. Mereka tumbuh menjadi klub profesional dan kami menaruh rasa hormat kepada mereka," ungkap Robert.


        Sebaliknya, Bali United yang merupakan Juara Liga 1 2019 atau juara bertahan, menargetkan bisa lolos ke fase perempat final. Pelatih Teco ingin menguji kemampuan anak-anak asuhnya yang juga akan berlaga di ajang Piala AFC 2021. Dan Maung Bandung menjadi ujian pertama tim Serdadu Tridatu untuk mewujudkan asa tersebut.

         

        Karena itu, menurut Teco, tim Serdadu Tridatu tidak boleh membagi fokus pada semua lawan dalam grup. Hal tersebut untuk memuluskan target Serdadu Tridatu untuk lolos dari babak penyisihan Grup menuju perempat final. Teco menilai, persiapan Bali United sudah maksimal untuk tampil di Piala Menpora 2021. Timnya sudah menggenjot persiapan dalam semua aspek.

         

        "Kami sudah kerja keras dalam latihan, fisik sama taktik. Besok lawan Persib kami harus konsentrasi kerja keras lagi buat dapat yang terbaik," ucap Teco dalam konferensi pers jelang laga secara virtual, Selasa (23/3/2021).

         

        Walaupun saat ini hanya fokus melawan Maung Bandung, bukan berarti Teco tidak memedulikan tim lain di Grup D, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persita Tangerang. Menurutnya, ketiga tim memiliki kualitas sama karena sudah satu tahun tidak bertanding.


        "Kami harus respect dengan semua tim, semua sama, sudah satu tahun tidak menjalani pertandingan. Tapi kami harus kerja keras lawan pertama, Persib Bandung, nanti kami pikir tim lain," tegas Teco.

         

        Pelatih asal Brasil yang memberi gelar juara Liga 1 bagi Persija Jakarta (2018) dan Bali United (2019) ini menilai laga nanti berlangsung alot dan ketat. Karena bagaimana pun Persib diyakini juga mengincar kemenangan. Untuk itu, Teco berharap timnya tidak lengah dan konsentrasi tinggi sepanjang pertandingan.

         

        "Kami menghormati Persib yang merupakan tim tradisional dari Indonesia dan juga tim besar. Kami tahu, pasti kedua tim sama-sama mau lolos dari penyisihan grup," tegas Teco.

         

        Persib sendiri memboyong 23 pemain ke Sleman dengan kombinasi muka-muka lama dan penggawa baru. Ada 3 nama baru yang diboyong, yakni duo striker asal PSM Makassar, Ferdinand Sinaga dan Ezra Walian, serta center bek Achmad Jufriyanto.

         

        Sayang satu rekrutan anyar, yakni pemain asing, Farshad Noor belum bisa bergabung karena masih menjalani karantina Covid-19 di Jakarta, setibanya dari negara asalnya, Afganistan. Maung Bandung pun tak akan diperkuat sang kapten tim, Supardi Nasir yang tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B PSSI di Padang, Sumatera Barat.

         

        Datangnya para pemain anyar, khususnya di lini depan, yakni duet Ferdinand-Ezra tentunya menambah kekuatan Maung Bandung yang mengalami krisis pemain depan, setelah Zulham Zamrun dan Beny Oktovianto henkang. Selain itu, Geoffey Castillion juga belum bisa bergabung karena masih dalam masa peminjaman ke klub Serie C Italia hingga Juli mendatang. Beruntung striker asal Brasil, Wander Luiz sudah bergabung beberapa saat sebelum tim Maung Bandung berangkat ke Sleman.

         

        Tiga striker ini pun dipastikan bakal menjadi andalan Coach Robert saat menghadapi Bali United. Di luar Ferdinand, Ezra, dan Wander Luiz, masih adaFrets L Butuan yang bisa dipasang juga sebagai striker.

         

        Skuat Serdadu Tridatu pun tak kalah menakutkan. Sang juara bertahan, telah merekrut sejumlah pemain anyar, salah satunya Rizky. Belum lagi ada pemain-pemain berkualitas yang diboyong Teco ke Sleman, seperti Willian Pacheco, Stefano Lilipaly, dan mantan striker Persib, Ilija Spasojevic.

         

        Sayangnya, jelang laga kontra Persib, Teco masih dipusingkan dengan masalah cedera pemainnya. Setidaknya, ada 6 pemain yang dikabarkan mengalami masalah. Antara lain 4 penggawa timnas Irfan Jauhari, Kadek Agung, Nadeo Argawinata, Sidik Saimima, serta Leo Tupamahu, dan M Taufik.Teco pun terus meanntau intensif keenam pemain tersebut hingga detik-detik terakhir sebelum kick-off.

         

        Namun Bali United lebih diuntungkan dengan persiapan yang lebih matang dibanding Maung Bandung. Teco sudah menggenjot fisik dan teknik anak-anak asuhnya sejak Februari lalu, karena timnya akan berlaga di Piala AFC. Kendati demikian Teco tidak memandangnya sebagai keuntungan.

         

        “Saya ingin kerja keras di dalam latihan juga semua, awalnya saya ingin kembali memulai latihan Januari tapi manajemen bilang harus tunggu dulu. Awal Februari saya sudah datang (lalu memulai latihan),” kata Teco.

         

        Sedangkan Coach Robert memandang, Bali United memiliki persiapan yang lebih matang karena lebih awal melakukan persiapan dibanding Maung Bandung yang bau berlatih pada 1 Maret lalu.

         

        "Bali United punya keuntungan lebih ketimbang klub lainnya karena sebagian besar pemainnya sudah berlatih lebih lama. Mereka fokus menjalani persiapan, bukan untuk turnamen ini tapi untuk Piala AFC," terang Robert.

         

        Kendati demikian, menurut Robert, persiapan tim Pangeran Biru pun berjalan sangat baik. Karena timnya lebih banyak menggelar latihan secara mandiri di masa pandemi Covid-19.

         

        "Persiapan kami berjalan dua pekan, tapi pemain sangat menikmatinya. Mereka kembali ke lapangan dengan penuh harapan dan motivasi untuk bisa kembali menjalani kompetisi," pungkas Robert.

         

        Kendati menyebutkan tidak memiliki target khusus di Piala Menpora 2021, Robert Alberts selaku pelatih Persib tetap berharap skuadnya bisa tampil maksimal.

         

        Dari sisi rekor pertemuan, Bali United sendiri lebih diunggulkan. Pasalnya, dalam 9 pertemuan terakhir Maung Bandung tak pernah menang atas Serdadu Tridatu. Tercatat, Persib hanya mampu bermain imbang 3 kali, sedangkan 6 sisanya harus mengakui kemenangan Bali United. Kemenangan terakhir Persib atas Bali United terjadi 5 tahun silam pada TSC 2016. Saat itu pada 14 Mei 2016, persib menang 2-0 atas Bali United

         

        Di papan klasemen akhir kompetisi resmi terakhir, Liga 1 2019, Persib pun kalah peringkat jauh dari Bali United. Tim yang bermarkas di Gianyar tersebut tampil sebagai juara dengan raihan 64 poin, sedangkan Persib di urutan 6 dengan 51 poin.

         

        Dengan sederet catatan tersebut, dipastikan laga yang disiarkan langsung indosiar dan vidio tersebut akan berlangsung alot dan ketat, serta patut dinikmati para pecinta sepak bola Tanah Air.

         

        Baca juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Menpora-2021

         

        Head to Head
        28 November 2019 Liga 1 2019 Bali United 3-2 Persib Bandung
        26 Juli 2019 Liga 1 2019 Persib Bandung 0-2 Bali United
        27 Oktober 2018 Liga 1 2018 Persib Bandung 1-1 Bali United
        27 Mei 2018 Liga 1 2017 Bali United 0-0 Persib Bandung
        21 September 2017 Liga 1 2017 Persib Bandung 0-0 Bali United
        31 Mei 2017 Liga 1 2017 Bali United 1-0 Persib Bandung
        18 September 2016 TSC 2016 Bali United 1-0 Persib Bandung
        14 Mei 2016 TSC 2016 Persib Bandung 2-0 Bali United
        30 Maret 2016 Bhayangkara Cup Persib Bandung 1-0 Bali United
        21 Februari 2016 Bali Island Cup Bali United 1-1 Persib Bandung

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        15 Maret 2020 Liga 1 2020 Persib Bandung 2-1 PSS Slemana
        8 Maret 2020 Liga 1 2020 Arema FC 1-2 Persib Bandung
        1 Maret 2020 Liga 1 2020 Persib Bandung 3-0 Persela Lamongan
        22 Desember 2019 Liga 1 2019 Persib Bandung 5-2 PSM Makassar
        11 Desember 2019 Liga 1 2019 Borneo FC 0-1 Persib Bandung.

        5 Laga Terakhir Bali United
        1 Maret 2020 Liga 1 2020 Bali United 0-0 Persita Tangerang
        6 Maret 2020 Liga 1 2020 Barito Putera 1-2 Bali United
        15 Maret 2020 Liga 1 2020 Bali United 3-1 Madura United
        16 Desember 2019 Liga 1 2019 Arema FC 3-2 Bali United
        22 Desember 2019 Liga 1 2019 Bali United 0-2 Madura United.

         

        Perkiraan Susunan Pemain
        Persib Bandung: (4-4-2)
        I Made Wirawan; Ardi Idrus, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto; Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Frets Butuan; Ezra Walian, Ferdinand Sinaga.

        Bali United (4-4-2)
        Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin; Fadil Sausu, Stefano Lilipaly, Rizky Pellu, Fahmi Al-Ayyubi; Melvin Platje, Ilija Spasojevic. (*)

        jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Kalah 2-0, Robert Optimistis Persib Bisa Kejar Defisit Gol di Leg 2
        Kecewa Kalah oleh Persija, Pemain Persib Siap Habis-habisan di Leg 2
        Persib Tumbang di Leg 1, Robert Alberts Sebut Persija Layak Menang
        Antiklimaks, Persib Menyerah 0-2 dari Persija di Leg 1 Final Piala Menpora 2021
        PERSIJA VS PERSIB: Kemenangan Harga Mati
        Berita Terdahulu
        Pos Indonesia kanan
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Persib Bandung 3 9
        2 Bali United 3 7
        3 PSIS Semarang 3 6