free hit counter code Lilis Boy Sebarluaskan Perda Desa Wisata di Cianju - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Lilis Boy Sebarluaskan Perda Desa Wisata di Cianju

Lilis Boy Sebarluaskan Perda Desa Wisata di Cianju

  • Sabtu, 25 November 2023 | 11:35:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - Anggota DPRD Jabar Lilis Boy melaksanakan penyebarluasan perda tentang Desa Wisata di Jabar.

 

Anggota DPRD Jabar Fraksi Partai Demokrat ini mensosialisasikan perda Desa Wisata di Desa Munjul, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur belum lama ini.

 

Lilis Boy mengatakan Desa Wisata di Jabar khususnya di Kabupaten Cianjur sangat membantu dalam pengembangan kebudayaan lokal.

 

Pengembangan desa wisata bisa terealisasi selain pembinaan tata kelola desa wisata, harus didukung juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni atau adanya peningkatan kapasitas SDM dan ekonomi kreatif desa wisata tingkat lanjutan. 

 

“Salah satu syarat pengembangan desa wisata itu SDM yang mumpuni, penataan desa wisata termasuk desanya,” tutur Lilis Boy, Caleg DPRD Jabar Dapil Kabupaten Cianjur ini.

 

Menurut Lilis Boy pengembangan potensi desa wisata sangat penting, strategis bagi masyarakat desa karena berada dekat dengan masyarakat desa. Desa wisata pun dinilai memberikan efek ganda atau multiplier effect, tak hanya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi berbasis pedesaan. Tapi berdampak juga pada mendorong pelestarian alam yang akan mereduksi pemanasan global. 

 

“Berdampak positif juga dalam mencegah urbanisasi masyarakat ke perkotaan,” katanya. 

 

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Perda Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata. Disebutkan jug  dampak positif dari pengembangan desa wisata ini sesuai dengan momentum kegiatan pariwisata global yang mengarah pada kegiatan pariwisata alternatif yang mengusung konsep interaksi alam, budaya dan masyarakat lokal. 

 

“Pengembangan desa wisata ini kalau berhasil tentu akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, itu sudah pasti. Misalnya peningkatan dari pendapatan UMKM-nya,” ucap Lilis Boy. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar

Editorial



    sponsored links