Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    DPRD Terus Dorong Pemerintah Atasi Banjir Tahunan di Jabar



    DPRD Terus Dorong Pemerintah Atasi Banjir Tahunan di Jabar
    Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi (dok: JuaraNews)

     

    JuaraNews, Bandung - Komisi IV DPRD Jabar konsisten mendorong Pemprov serta pemangku kepentingan lainnya untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan banjir yang hampir setiap tahun terjadi di Jabar.


    Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi mengatakan, bencana banjir yang kerap terjadi selain disebabkan oleh curah hujan tinggi juga diakibatkan oleh drainase yang kurang baik. Selain itu, tata kelola ruang terbuka hijau yang dimiliki kurang baik dan banyak beralih fungsi.


    Ia menilai di beberapa daerah yang sebelumnya menjadi wilayah resapan air kini tekah berubah menjadi pemukiman masyarakat. Hal tersebut berakibat terjadi banjir terutama di wilayah pantura Jabar.


    "Itu harus diselesaikan dari hulu ke hilir. Setiap kepala daerah harus memiliki komitmen bersama untuk menyelesaikan banjir," kata Kusnadi, Rabu (24/3/2021).


    Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah tingkat provinsi maupun daerah lebih memperketat izin terhadap pembangunan infratruktur maupun perumahan yang berpotensi menganggu resapan air. Sehingga, tata kelola sumber daya air dan sistem drainase di setiap daerah dapat berfungsi dengan optimal.


    Di samping itu, peran masyarakat dalam menjaga lingkungan juga sangat dibutuhkan seperti, tidak membuang sampah ke aliran sungai. Hal tersebut harus ditekankan oleh semua pihak sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di aliran sungai saat musim hujan tiba.


    "Masyarakat juga perlu menjaga lingkungan, terutama tidak membuang sampah ke sungai," ujar politisi asal Fraksi Golkar itu.


    Lebih lanjut, Kusnadi menambahkan, kebijakan Pemda terhadap lingkungan juga merupakan faktor yang dapat menentukan arah perbaikan penanggulangan bencana. Pemda dituntut lebih visioner dalam segala hal, sehingga saat terjadi musibah bisa tertangani secara cepat dan tepat.


    "Alokasi anggaran kebencanaan perlu ditingkatkan, infrastruktur dan pembenahan aliran sungai harus menjadi perhatian penuh.


    Dengan demikian, solusi terbaik yakni membenahi aliran sungai, memperbaiki tata ruang daerah banjir dan perbaikan drainase, serta meningkatkan giat reboisasi dan penghijauan. (*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Yod Mintaraga: Dana PEN Kesehatan Harus Dinikmati Masyarakat
    KBM Tatap Muka, Yod Mintaraga: Penerapan Prokes Sangat Penting
    Pembangunan RSUD Kesehatan Kerja di Jabar Altenatif Permasalahan RSHS
    Sebanyak 40 Kader SOKSI Jabar Ikuti Pendidikan Politik Golkar Institut
    Yod Mintaraga: SOKSI Jabar Fokus Terhadap Pembangunan Sumber Daya Manusia
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads