free hit counter code DPRD Terus Dorong Pemerintah Atasi Banjir Tahunan di Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Terus Dorong Pemerintah Atasi Banjir Tahunan di Jabar
(dok: JuaraNews) Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi

DPRD Terus Dorong Pemerintah Atasi Banjir Tahunan di Jabar

 

JuaraNews, Bandung - Komisi IV DPRD Jabar konsisten mendorong Pemprov serta pemangku kepentingan lainnya untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan banjir yang hampir setiap tahun terjadi di Jabar.


Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi mengatakan, bencana banjir yang kerap terjadi selain disebabkan oleh curah hujan tinggi juga diakibatkan oleh drainase yang kurang baik. Selain itu, tata kelola ruang terbuka hijau yang dimiliki kurang baik dan banyak beralih fungsi.


Ia menilai di beberapa daerah yang sebelumnya menjadi wilayah resapan air kini tekah berubah menjadi pemukiman masyarakat. Hal tersebut berakibat terjadi banjir terutama di wilayah pantura Jabar.


"Itu harus diselesaikan dari hulu ke hilir. Setiap kepala daerah harus memiliki komitmen bersama untuk menyelesaikan banjir," kata Kusnadi, Rabu (24/3/2021).


Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah tingkat provinsi maupun daerah lebih memperketat izin terhadap pembangunan infratruktur maupun perumahan yang berpotensi menganggu resapan air. Sehingga, tata kelola sumber daya air dan sistem drainase di setiap daerah dapat berfungsi dengan optimal.


Di samping itu, peran masyarakat dalam menjaga lingkungan juga sangat dibutuhkan seperti, tidak membuang sampah ke aliran sungai. Hal tersebut harus ditekankan oleh semua pihak sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di aliran sungai saat musim hujan tiba.


"Masyarakat juga perlu menjaga lingkungan, terutama tidak membuang sampah ke sungai," ujar politisi asal Fraksi Golkar itu.


Lebih lanjut, Kusnadi menambahkan, kebijakan Pemda terhadap lingkungan juga merupakan faktor yang dapat menentukan arah perbaikan penanggulangan bencana. Pemda dituntut lebih visioner dalam segala hal, sehingga saat terjadi musibah bisa tertangani secara cepat dan tepat.


"Alokasi anggaran kebencanaan perlu ditingkatkan, infrastruktur dan pembenahan aliran sungai harus menjadi perhatian penuh.


Dengan demikian, solusi terbaik yakni membenahi aliran sungai, memperbaiki tata ruang daerah banjir dan perbaikan drainase, serta meningkatkan giat reboisasi dan penghijauan. (*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar

Editorial



    sponsored links