free hit counter code Walhi : Pelonggaran PSBB Dapat Menambah Beban Kerja Tenaga Medis - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Walhi : Pelonggaran PSBB Dapat Menambah Beban Kerja Tenaga Medis
Net ilustrasi

Walhi : Pelonggaran PSBB Dapat Menambah Beban Kerja Tenaga Medis

JuaraNews, Bandung- Pemerintah Indonesia mewacanakan relaksasi atau pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) disemua daerah. selain berdasarkan tingkat penyebaran covid19 yang terus meningkat upaya relaksasi ini juga dalam upaya memulihakan produktivitas ekonomi nasional.

 

Namun, Wacana pelonggaran PSBB ini dinilai oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dapat menambah beban kinerja tenaga medis dalam menangani kasus covid19.

 

Pasalnya, Kata Kepala Desk Politik Walhi Khalisa Khalid, Pemerintah dalam Mewacanakan pelonggaran PSBB ini seharusnya melakukan tes cukup masif apakah pandemi covid19 ini sudah memasuki puncaknya atau belum secara nasional.

 

"Keputusan untuk melonggarkan (PSBB) tanpa tes yang cukup sama saja menambah beban bagi kapasitas medis lokal maupun pusat," ujarnya Selasa (19/5/2020).

 

Khalisa mengungkapkan sejauh ini angka tes Covid-19 di Indonesia masih di bawah rata-rata apabila dibandingkan negara-negara di ASEAN.

 

Angka tersebut masih jauh di bawah negara tetangga. Misalnya, Singapura yang rata-rata 30.000 per satu juta penduduk dan Malaysia yang mencapai 7.500 per 1 juta penduduk.

 

Kondisi tersebut juga diperparah dengan belum siapnya sejumlah provinsi untuk memiliki laboratorium dan tenaga untuk melakukan pengetesan.

 

"Rendahnya rasio pengetesan ini bisa menyulitkan kita untuk memeriksa apakah sebetulnya sudah melewati titik puncak pandemi atau belum secara nasional," katanya. (*).

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links