free hit counter code Selain Serap Aspirasi, Yod Jelaskan Fungsi Reses - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Selain Serap Aspirasi, Yod Jelaskan Fungsi Reses

Selain Serap Aspirasi, Yod Jelaskan Fungsi Reses

JuaraNews Bandung - Anggota DPRD Jabar Yod Mintaraga Yod Mintaraga belum lama ini melaksanakan reses II masa sidang 2023-2024 di Banjarsari, Kabupaten Tasikmalaya.

 

Selain menampung berbagai aspirasi dari masyarakat, politisi Partai Golkar ini menjelaskan fungsi reses yang dilakukan anggota legislatif baik di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

 

Yod mengungkapkan, reses merupakan suatu kewajiban setiap anggota dewan, baik tingkat pusat, provinsi, kota/kabupaten. Bahasa parlimen reses atau bahasa sederhananya istirahat terjun langsung menyerap dan menampung aspirasi masyarakat.

 

Menurutnya, setiap anggota dewan wajib turun untuk mengetahui potensi yang ada di daerah pemilihan (Dapil) baik dari industri, pertanian, perkebunan. Selain itu persoalan yang muncul anggota dewan juga harus bisa mendengar, melihat, berkomunikasi dengan masyarakat melalui reses.

 

“Ibu-ibu saya jadi anggota dewan disumpah berdasarkan Pancasila, UU, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Serta akan memperjuangkan aspirasi kepentingan rakyat di daerah pemilihan,” kata Yod

 

“Jadi kalau hari ini ada anggota dewan yang sudah memilih-milih, memilah-milah yang ikut dalam kegiatan orang yang mendukungnya saja,maka sesungguhnya dia telah menghianati diri sendiri dan kepada tuhannya,” tandas Yod.

 

Caleg DPRD Jabar dapil 15, Kota/Kab Tasikmalaya ini mengatakan UUD menyebutkan pemda itu terdiri dari Gubernur dan DPRD. Setiap kebijakan pembangun yang akan dilaksanakan itu dibahas oleh Gubernur dan DPRD

 

Kemudian, tugas anggota dewan menyampaikan kebijakan program-program prioritas 1 tahun kedepan dilaksanakan agar rakyat paham, agar rakyat mengetahui,  bahwa di dalam program tersebut ada hak-hak rakyat, bidang sosial, Ekonomi, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan dan lain sebagainya. Termasuk politik dibiayai oleh anggaran negara, rakyat harus tahu.

 

“Maka dari hasil reses ini saya akan membuat laporan dan itu dilaporkan dalam rapat paripurna dewan, Yod reses dapil 15 Desa banjarsari. Saya kemarin belum pernah reses disini tapi sekali reses pengen ngebantu perbaikan masjid,” tandas politisi Partai Golkar ini. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Perda Trantibumlimas Lindungi Rasa Aman Masyarakat
Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025

Editorial



    sponsored links