free hit counter code PLN Kembangkan Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
PLN Kembangkan Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomi

PLN Kembangkan Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomi

  • Sabtu, 26 Agustus 2023 | 10:52:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, UPT Bandung berhasil membina masyarakat  mengelola sampah menjadi produk bernilai ekonomi. 

 

Program ini merupakan wujud komitmen nyata PLN melalui Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs) 2030.

 

Manager PLN UPT Bandung Muh. Taufik mengatakan PLN UPT Bandung turut serta dalam penanganan masalah sampah yang juga sejalan dengan Visi Perusahaan. 

 

“Melalui program ini, PLN UPT Bandung sebagai BUMN juga turut serta dalam penanganan masalah sampah, dimana hal tersebut juga sejalan dengan salah satu visi Perusahaan yaitu menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.” papar Taufik, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/8/2023).

 

Program ini tak hanya berfokus pada pengolahan sampah, namun juga mengutamakan pengembangan skill dan peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Desa Campakamulya khususnya bagi Kelompok Bank Sampah Sabilulungan.

 

Beberapa kegiatan utama yang diinisiasi dalam program ini meliputi pengolahan sampah menjadi bahan bangunan seperti batu bata dan paving block, pembinaan terkait pengembangan produk berbahan sampah dengan memberikan workshop dan pelatihan, serta pengawasan atau monitoring pemasaran produk.

 

Taufik juga menambahkan, semoga tujuan pengolahan sampah dan mengembangkan perekonomian Desa Campakamulya khususnya kelompok Bank Sampah Sabilulungan akan berjalan dengan lancar. 



“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan manfaat ekonomi dan mengembangkan masyarakat Desa Campakamulya khususnya untuk Kelompok Bank Sampah Sabilulungan, termasuk memberikan pendampingan, pelatihan skill yang dibutuhkan dan menciptakan peluang pekerjaan bagi warga sekitar,” ucap Taufik.

 

Melalui kerjasama dan kolaborasi yang baik antara PLN dan masyarakat, program ini diharapkan dapat mengubah Desa Campakamulya menjadi kawasan bebas dari sampah (Zero Waste Area) dan menjadi contoh nyata bagaimana perusahaan dapat berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.

 

Sementara itu, General Manager PLN UIT Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) Tejo Wihardiyono mengatakan, PLN tidak hanya menjalankan kegiatan bisnis saja, melainkan harus berkontribusi besar pada kehidupan masyarakat.

 

“Kami akan terus melanjutkan program TJSL untuk bisa mendorong ekonomi masyarakat sekaligus menjadi katalis dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs) 2030.” kata Tejo. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari: Disabilitas Punya Hak yang Sama
Legislator Minta PPDB Zonasi Jadi Bahan Evaluasi
Cegah Bullying di Sekolah, Ini Tips Pencegahannya
Dinkes Sebut 2 Daerah di Jabar Kasus TBCnya Tinggi
Ridwan Kamil Sebaiknya Tetap di Jawa Barat

Editorial



    sponsored links