Hot News


Opini


    Disdukcapil Jabar Lanjutan Perekaman KTP Elektronik bagi Transgender

    • Rabu, 29 September 2021 | 11:41:00 WIB
    • 0 Komentar


    Disdukcapil Jabar Lanjutan Perekaman KTP Elektronik bagi Transgender

     

    JuaraNews, Bandung - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jabar melanjutkan Perekaman KTP Elektronik bagi transgender. Hal itu sebagai upaya terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung pelayanan publik.


    Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Jabar Dady Iskandar mengatakan perekaman sudah dilakukan di beberapa daerah di Jabar seperti di Bekasi, Kuningan, dan Bandung, hal ini dikarena siapapun berhak mendapatkan surat kependudukan, termasuk para transgender.


    "Transgender itu tetap harus punya KTP kan, tapi catatannya harus berdasarkan data awal kelahirannya. Kan ada yang laki-laki jelas menjadi (berpenampilan) perempuan, tapi di KTP-nya harus laki-laki, tidak perempuan," ujarnya, Rabu (29/9/2021).


    "Mereka diharuskan mencantumkan jenis kelamin sesuai asalnya, kecuali jika telah menjalani operasi kelamin dan mendapat keputusan pengadilan," ucapnya.


    Lanjut Dady mengatakan para transgender harus difoto sesuai dengan jenis kelamin aslinya. Misalnya transgender yang berkelamin asal laki-laki tidak diperkenankan memakai kerudung karena hanya diperbolehkan untuk perempuan.


    Dia menambahkan bahwa hal tersebut hanya pelayanan kependudukan dan tidak ada yang berubah dalam pendataan jenis kelamin.


    "Kan kemarin agak ramai di daerah, protes, seolah-olah kita legalisasi LGBT, bukan itu. Tapi mereka warganegara kita, memang naluri mereka tidak bisa berubah. Kalau ada yang sudah ganti kelamin, nanti dipilah. Ini pelayanannya di kota kabupaten, sehingga betul-betul mereka harus miliki KTP, tidak boleh tidak," tuturnya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Peringati HUT Ke-57, Golkar Jabar Gelar Festival Shalawat
    Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
    1.200 Dosis Vaksin Covid-19 Disuntikkan di SMA Negeri 3 Cibinong
    Ridwan Kamil Ikuti Lomba Lari dengan Prokes Ketat
    Pocari Sweat Run Indonesia 2021, Cara Baru Event Lari di Masa Pandemi Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads