free hit counter code Legislator Minta Pemprov Jabar Perhatikan Soal Lingkungan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Legislator Minta Pemprov Jabar Perhatikan Soal Lingkungan
(bas) Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi

Legislator Minta Pemprov Jabar Perhatikan Soal Lingkungan

 

JuarNews, Bandung -DPRD Jabar meminta Pemprov Jabar serta stakeholder lainnya memperhatikan persoalan lingkungan serta penanganan bencana di sejumlah titik di Jabar.


Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi menjelaskan, persoalan kerusakan lingkungan menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai bencana. Meski begitu, pihaknya pun menilai hal tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dengan kolaborasi yang efektif agar tidak berakhir dengan pemberian bantuan.


"Banyak isu lingkungan, dijadikan kepentingan oknum yang hanya mementingkan keuntungan jangka pendek saja," jelasnya, Tabu (24/3/2021).


Ia menyarankan pemerintah maupun pihak pengembang dapat berkolaborasi untuk mewujudkan keseimbangan lingkungan. Sehingga, upaya pencegahan bencana dapat berjalan sebagaimana yang diinginkan oleh banyak pihak.


"Kami ingin kolaborasi antara pemerintah dan pihak pengembang ini benar memperhatikan aturan, perizinan, terutama dampak lingkungan," ujar politisi asal Fraksi Golkar itu.


Pasalnya, bencana yang terjadi di Jabar beberapa waktu lalu itu kerap mengalami keterlambatan penanganan akibat keterbatasan anggaran. Ia menilai pemerintah lebih fokus terhadap penanganan hunian sementara maupun rumah untuk relokasi hingga penanganan ketersediaan air bersih.


Kendati begitu, ia berharap kolaborasi nyata dapat diwujudkan melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Hal tersebut sebaiknya dapat dilaksanakan sesegera mungkin sebagai upaya awal pencegahan bencana.


"Seperti untuk menata lingkungan, rumah kumuh, sanitasi, hingga penanaman pohon di sekitar lingkungan perusahaan sebagai pembatas dengan pemukiman," ucapnya. (*)


Terlebih kini masih terdapat perusahaan yang belum taat, bahkan tidak menghiraukan mengenai dampak lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah harus memasifkan pengawasan kepada perusahaan yang tidak memperhatikan dampak lingkungan.


"Pemerintah harus tegas dan konsisten terhadap perusahaan yang telah ditegur tetapi tidak menghiraukannya," tandasnya. (*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan

Editorial



    sponsored links