free hit counter code Tinjau Perbaikan Tanggul Sungai Citarum di Bekasi, Presiden Targetkan 2 Hari Harus Selesai - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Tinjau Perbaikan Tanggul Sungai Citarum di Bekasi, Presiden Targetkan 2 Hari Harus Selesai
(humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/2/2021).

Tinjau Perbaikan Tanggul Sungai Citarum di Bekasi, Presiden Targetkan 2 Hari Harus Selesai

  • Kamis, 25 Februari 2021 | 13:09:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bekasi - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/2/2021).

 

Menurut Presiden, perbaikan tanggul yang jebol tersebut sudah dimulai sejak 2 hari lalu. Presiden berharap kepada jajaran terkait agar menyelesaikan perbaikan tanggul tersebut secepatnya.

 

“Insya Allah saya memberi target maksimal 2 hari lagi sudah harus selesai tanggulnya sehingga semuanya berfungsi normal kembali,” ujar Presiden.

 

Selain itu, Presiden bersama Emil meninjau rumah-rumah penduduk yang rusak akibat banjir. “Kemudian masyarakat yang terkena dampak, tadi di sini ada 30 juga perumahannya akan segera diselesaikan dalam waktu yang secepat-cepatnya,” ucap Jokowi.

 

Anggarkan Rp550 Miliar untuk untuk Perbaiki 31.500 Rumah
Sehari sebelumnya atau pada Selasa (23/2/2021), Emil meninjau perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

 

Dalam peninjauan tersebut, Emil memastikan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak banjir terus mengalir, baik dari BPBD Kabupaten, BPBD Provinsi, maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Sementara rumah yang rusak berat maupun roboh akibat bajir dapat mengikuti program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

 

“Kita ada anggaran rutilahu. Membangun rumah baru nanti kita upayakan bisa dari pemerintah kabupaten maupun provinsi nanti tinggal didata oleh kepala desa,” tambahnya.

 

Pemprov Jabar menganggarkan Rp560 miliar untuk memperbaiki 31.500 unit rumah rutilahu sepanjang 2021 di 27 daerah. Selain itu, Emil menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Jabar terus berjalan. Ada yang sudah 100 persen selesai. Ada pula yang masih dalam tahap pembangunan.

 

"Penyodetan Sungai Cisangkuy sudah 100 persen. Yang tadinya air dari Cisangkuy ke Citarum melewati permukiman dan bikin banjir, hari ini air dari Cisangkuy sudah dibelokan langsung ke Citarum tanpa melewati permukiman. Itu contoh program penanganan banjir yang sudah 100 persen," jelas Emil.

 

Selain Sodetan Cisangkuy, sejumlah bendungan untuk mengendalikan banjir di beberapa daerah, seperti Bendungan Sadawarna, sedang berjalan. Pun demikian dengan penanganan banjir di Kali Bekasi. (*)

Oleh: JuaraNews / bar

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links