Limbah Covid-19 di RSHS Capai Ratusan Kilogram Per Hari

  • Selasa, 9 Februari 2021 | 12:59:00 WIB
  • 0 Komentar


Limbah Covid-19 di RSHS Capai Ratusan Kilogram Per Hari
Ruang Penyimpanan Limbah Covid-19 di RSHS Bandung (Abdul Basir)

 

JuaraNews, Bandung - Limbah Sampah Medis Covid-19 dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung per Januari 2021 setiap harinya rata-rata mencapai 900 Kilogram dengan dominasi masker dan APD sebagai kebutuhan wajib untuk mengatasi pandemi.


Sanitarian Ahli Pertama dari RSUP Hasan Sadikin Bandung Chandra Ardy Firdaus mengatakan untuk keseluruhan limbah yang dihasilkan RSHS per Januari 2021 sebanyak 2.329 Kilogram.


"Itu total keseluruhan, Kurang lebih 900 Kilogram per harinya," katanya di RSHS Bandung, Jalan Pasteur Kota Bandung, Selasa (9/2/2021).


Dia mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan serta penyebaran Covid-19 dari limbah kepada manusia, pihak RSHS menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk limbah yang disimpan ke ruang penyimpanan.


Menurutnya, penanganan limbahnya di RSHS, telah di pilah mana medis mana non medis, treatment khusus di berikan mulai dari tempat sampahnya khusus, wadahnya di pisah dari sampah lainnya (plastik kuning).


"Ketika proses pembuangan baik sebelum dan sesudah selalu di semprotkan disinfektan guna meminimalisir berbagai potensi yang mungkin terjadi, bahkan sebelum diangkut pun di lakukan penyemprotan,” jelasnya.


Chandra pun mengingatkan kepada masyarakat, untuk tidak asal dalam membuang masker yang di kenakan, ada cara cara khusus agar APD yang hendak di kenakan kembali atau pun dibuang dapat lebih aman. 


“Caranya bisa dengan mencuci dulu masker yang mau di buang atau pun di gunakan kembali dengan disinfektan atau bisa juga dengan cairan yang mengandung Klorin seperti pemutih pakaian, tujuannya untuk membunuh virus dan bakteri yang tertempel di masker, agar lebih aman ketika hendak di buang ataupun di gunakan kembali,” jelasnya. (*)

bas

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Kampung Tangguh Jaya Dinilai Mampu Tekan Laju Penularan Covid-19 di Bodebek
Tinjau Lokasi Pengungsian di Subang, PPLIPI Jabar Serahkan 100 Paket Sembako
Duit Pajak Digondol Koruptor di Kemenkeu, Anggota DPR Ini Geram
Kembangkan Teknologi Biogro, Balai Mektan Berhasil Tingkatkan Produksi Padi Hampir 100 %
Cukai Rokok Dinaikkan, Komisi XI: Pemerintah Juga Harus Beri Insentif Bagi Petani Tembakau
Berita Terdahulu

Editorial


    Pos Indonesia kanan

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads