free hit counter code Limbah Covid-19 di RSHS Capai Ratusan Kilogram Per Hari - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Limbah Covid-19 di RSHS Capai Ratusan Kilogram Per Hari
(Abdul Basir) Ruang Penyimpanan Limbah Covid-19 di RSHS Bandung

Limbah Covid-19 di RSHS Capai Ratusan Kilogram Per Hari

  • Selasa, 9 Februari 2021 | 12:59:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Limbah Sampah Medis Covid-19 dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung per Januari 2021 setiap harinya rata-rata mencapai 900 Kilogram dengan dominasi masker dan APD sebagai kebutuhan wajib untuk mengatasi pandemi.


Sanitarian Ahli Pertama dari RSUP Hasan Sadikin Bandung Chandra Ardy Firdaus mengatakan untuk keseluruhan limbah yang dihasilkan RSHS per Januari 2021 sebanyak 2.329 Kilogram.


"Itu total keseluruhan, Kurang lebih 900 Kilogram per harinya," katanya di RSHS Bandung, Jalan Pasteur Kota Bandung, Selasa (9/2/2021).


Dia mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan serta penyebaran Covid-19 dari limbah kepada manusia, pihak RSHS menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk limbah yang disimpan ke ruang penyimpanan.


Menurutnya, penanganan limbahnya di RSHS, telah di pilah mana medis mana non medis, treatment khusus di berikan mulai dari tempat sampahnya khusus, wadahnya di pisah dari sampah lainnya (plastik kuning).


"Ketika proses pembuangan baik sebelum dan sesudah selalu di semprotkan disinfektan guna meminimalisir berbagai potensi yang mungkin terjadi, bahkan sebelum diangkut pun di lakukan penyemprotan,” jelasnya.


Chandra pun mengingatkan kepada masyarakat, untuk tidak asal dalam membuang masker yang di kenakan, ada cara cara khusus agar APD yang hendak di kenakan kembali atau pun dibuang dapat lebih aman. 


“Caranya bisa dengan mencuci dulu masker yang mau di buang atau pun di gunakan kembali dengan disinfektan atau bisa juga dengan cairan yang mengandung Klorin seperti pemutih pakaian, tujuannya untuk membunuh virus dan bakteri yang tertempel di masker, agar lebih aman ketika hendak di buang ataupun di gunakan kembali,” jelasnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik
Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi

Editorial



    sponsored links