free hit counter code Pemkot Bandung Raih Sertifikat Maturasi SPIP Level 3 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Pemkot Bandung Raih Sertifikat Maturasi SPIP Level 3
    (istimewa/humas pemkot bandung) Kepala BPKP Jabar Mulyana serahkan sertifikat SPIP

    Pemkot Bandung Raih Sertifikat Maturasi SPIP Level 3

    • Jumat, 28 Agustus 2020 | 21:07:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNess, Bandunv - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima sertifikat Maturasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

     

    Maturasi SPIP Level 3 merupakan tingkat kematangan implementasi SPIP dengan status 'Terdefinisi'. Artinya, Pemkot Bandung telah melaksanakan praktik pengendalian internal dan telah terdokumentasi dengan baik.

     

    Kepala BPKP Jabar Mulyana menyerahkan langsung sertifikat tersebut kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

     

    Menurut Mulyana, hal tersebut menunjukkan tingkat pengendalian internal Pemkot Bandung telah dijalankan dengan efektif dan efisien.

     

    “Artinya penyelenggaraan SPIP sudah terintegrasi dan menjamin kualitas pelayanan yang ada menjadi efektif dan efisien,” jelas Mulyana.

     

    Kota Bandung menjadi satu dari 18 kota/kabupaten di Jabar yang telah mendapatkan Maturasi SPIP Level 3 dari BPKP. Predikat ini menegaskan kepada publik bahwa sistem pengendalian internal di Pemkot Bandung telah terukur.

     

    Setelah mendapatkan sertifikat Maturasi SPIP Level 3, lebih lanjut Mulyana mengarahkan Kota Bandung untuk memiliki sistem manajemen risiko level 3. Sistem tersebut guna meningkatkan antisipasi pemerintah dalam menghadapi situasi krisis di masa mendatang.

     

    “Salah satu indikator yang dibebankan menjadi tanggung jawab instansi pemerintah yaitu pencapaian indeks manajemen risiko level 3. Tugas kita bersama pimpinan instansi pemerintah untuk menciptakan pengendalian risiko menjadi baik dan efektif,” ungkap Mulyana.

     

    Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengucapkan terima kasih kepada BPKP serta mengapresiasi jajarannya atas diraihnya maturasi SPIP Level 3 ini.

     

    Menurutnya, raihan ini menunjukkan adanya perbaikan manajemen pemerintahan di jajarannya. Untuk itu, dia berharap hal baik ini terus dilanjutkan.

     

    “Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran, terutama Inspektorat Kota Bandung, atas kinerja yang optimal dan membuahkan hasil yang baik. Tentu kami juga berterima kasih atas arahan dan bimbingan dari BPKP sehingga maturasi SPIP level 3 bisa didapat,” ucap Oded.

     

    Dia pun meminta bimbingan BPKP agar Kota Bandung juga bisa memiliki indeks manajemen risiko level 3 sebagaimana yang diwajibkan oleh pemerintah pusat. Koordinasi dengan BPKP, menurutnya, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kapabilitas Pemkot Bandung. (*)

    Oleh: JuaraNews / jar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Ini Ajakan Bambang ke Warga Bandung di HJKB ke-213
    Pemkot Optimis Masalah Sampah Bisa Diatasi 3 Bulan
    Flyover Kopo Diuji Coba selama Sepekan
    Yana Mulyana Resmi Jabat Wali Kota Bandung, Gubernur Minta Komunikasi dengan Pemprov Ditingkatkan
    Wow, DPRD Kota Bandung Anggarkan Rp1 Miliar untuk Beli Ponsel Mewah di Tengah Pandemi Covid-19

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi