free hit counter code Tanggapi Surat WHO, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Penanggulangan Corona - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Tanggapi Surat WHO, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Penanggulangan Corona

Tanggapi Surat WHO, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Penanggulangan Corona

JuaraNews, Jakarta - Presiden Joko Widodo menjawab surat Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang meminta Indonesia melakukan peningkatan mekanisme tanggap darurat menghadapi penyebaran virus corona COVID-19.

 

Setelah menerima surat tersebut, Jokowi langsung menelepon Ghebreyesus, seperti yang dikatakan Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Rachman.

 

Fadjroel mengatakan bahwa pada prinsipnya surat-menyurat biasa antara lembaga-lembaga internasional dengan Presiden Joko Widodo. "Presiden Jokowi menelepon Dirjen WHO kemaren sore Jumat 13 Maret 2020. Setelah menerima surat itu," kata Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Rachman di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

 

"Sebagian besar rekomendasi dalam surat tersebut sudah dijalankan oleh Pemerintah Indonesia selama wabah COVID-19 ini. Pemerintah sudah meningkatkan penanganan dengan menerbitkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk menajamkan kemampuan koordinasi pemerintah."

 

"Di sisi lain juga sudah ada sebelumnya Surat Edaran Menkes Nomor HK.02.01/Menkes/199/2020 tentang komunikasi penanganan COVID-19 yg berisi lima protokol serta panduan koordinasi pemerintah pusat dan daerah," lanjut Fadjorel, seperti dikutip cnnindonesia.com.

 

Sementara itu, Ghebreyesus dalam cuitan di Twitter-nya setelah melakukan pembicaraan via telepon, menyatakan terima kasih atas kepemimpinan pemerintahan Jokowi dalam menjaga dan menyiapkan sistem kesehatan dan sektor lain untuk merespon COVID-19. "Kami setuju untuk meningkatkan kerja sama dan menjamin padanya kesiapan WHO untuk mendukung," cuit Ghebreyesus.

 

Sebelumnya dalam surat tertanggal 10 Maret 2020, Ghebreyesus mengatakan WHO telah bekerja semaksimal mungkin untuk meneliti dan menyebarkan informasi tentang COVID-19. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Mayoritas Petugas KPPS MD di Jabar Punya Komorbid
Bey Korban Puting Beliung Ditangani Optimal
Kesenjangan Internet di Jabar Ditarget Tuntas 2025
Jokowi Ungkap Alasan Lantik AHY Jadi Menteri ATR
Kemendikbudristek Luncurkan Program S-3 Terapan

Editorial



    sponsored links