free hit counter code 16 Ribu Jemaah Haji Asal Jabar Dominasi Lansia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
16 Ribu Jemaah Haji Asal Jabar Dominasi Lansia

16 Ribu Jemaah Haji Asal Jabar Dominasi Lansia

JuaraNews Bandung - Sebanyak 40.201 orang calon jemaah haji dan petugas asal Jabar akan berangkat ke tanah Suci pada musim haji 2024. 

 

Hal itu berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat. Ribuan calon jemaah haji kloter pertama akan berangkat pada 12 mei mendatang.

 

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kemenag Jabar, Boy Hari Novian mengatakan, Ia menyebut, hampir 30-40 persen dari jumlah jemaah haji diisi oleh lansia.

 

Menurutnya, banyaknya jemaah haji lansia ini dikarenakan sudah berdasarkan aturan yang ada. Di mana lansia berusia 60 tahun ke atas mendapatkan prioritas lebih dahulu. 

 

"Calon Jemaah haji Jabar 30-40 persen yang berangkat adalah lansia. Kalau kuota kita itu 40 ribu, berarti 15-16 ribu adalah lansia," ucap Boy, Senin (6/5/2024).

 

Boy memastikan, Kemenag akan memberikan pelayanan yang maksimal. Mulai dari penempatan kamar hotel saat sampai Arab Saudi, hingga pemberian makanan yang sehat untuk para jemaah.

 

"Kamar akan ditempatkan di lantai bawah, jadi gak perlu naik. Kemudian kamar mandi akan ada pegangan juga biar mudah, di pesawat nanti akan mendapat kursi nomor 1-16 yang merupakan kursi bisnis agar lebih nyaman di perjalanan," katanya.

 

Boy mengimbau, agar para jemaah haji mempersiapkan fisik untuk menjalani semua rangkaian ibadah. Sebab, cuaca di Mekah diprediksi akan ada di 45-50 derajat.

 

Selain itu, jemaah haji juga diminta tidak banyak melakukan kegiatan sunah sebelum melakukan kegiatan wajib. 

 

"Kegiatan puncak haji selama 5 hari di Arafah, Musdalifah dan Mina. Jadi memang dari sekarang diharapkan jemaah menjaga kondisi dengan banyak minum dan mengurangi aktivitas sebelum puncak haji," ungkapnya.

 

Untuk diketahui, total jemaah haji Embarkasi Kertajati berjumlah 13.050 orang dibagi dalam 30 kloter. Mereka akan mulai masuk asrama haji Indramayu pada 11 Mei 2024. Sementara kloter pertama akan mulai berangkat pada 12 Mei. 

 

Sementara itu, jemaah haji Jabar Embarkasi Bekasi Soekarno Hatta berjumlah 27.161 orang. Mereka nantinya akan dibagi dalam 63 kloter. Total keseluruhan kloter haji asal Jawa Barat ada 93.. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pemprov & GIPI Sepaham Bangun Industri Pariwisata
Ade Afriandi Ditunjuk Sebagai Plh Disdik Jabar
Kadisdik Berganti, Bey Jamin PPDB Tetap Berjalan
AMSI Dorong Media Kecil Tembus Plaform Global
Pejabat Disdik Jabar Tekan Pakta Integritas PPDB

Editorial



    sponsored links