free hit counter code Ekonomi Jabar 2024 Diprediksi Tumbuh Lebih Baik - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Dewan Dorong Sosialisasi PLKA di KBB
    Dewan Dorong Sosialisasi PLKA di KBB
    • 29 Februari 2024 | 11:01:00 WIB

    KOMISI II DPRD Provinsi Jawa Barat menyebutkan Laboratorium Kimia Agro di SPBBPTP Dan Holtikultura Kabupaten Bandung Barat.

Opini


    Ekonomi Jabar 2024 Diprediksi Tumbuh Lebih Baik
    (humas pemprov jabar) Kepala BI Perwakilan Jabar Erwin Gunawan Hutapea

    Ekonomi Jabar 2024 Diprediksi Tumbuh Lebih Baik

    • Kamis, 1 Februari 2024 | 10:53:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar Erwin Gunawan Hutapea mengungkapkan pertumbuhan ekonomi di Jabar diprediksi terus membaik pada 2024 ini seiring tumbuhnya ekonomi nasional.


    Menurut Erwin, tahun politik 2024 bahkan akan meningkatkan konsumsi.


    "Secara historis kegiatan Pemilu akan berdampak positif bagi perekonomian. Apalagi di Jabar selain Pilpres pada Februari ini, juga akan dilanjutkan dengan Pilkada pada November mendatang. Tentu akan meningkatkan sisi konsumsi di masyarakat," ujar Erwin di sela-sela menghadiri Peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) Tahun 2023 secara daring dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Kota Bandung, Rabu (31/1/2024).

     

    Selain itu, peningkatan konsumsi juga akan terjadi seiring mendekatinya perayaan hari besar keagamaan yang beriringan dengan Pilpres dan Pilgub.


    Erwin berpesan agar peningkatan konsumsi dan permintaan di masyarakat harus diimbangi dengan pengendalian inflasi melalui sinergi dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk dari Pemprov Jabar.


    Erwin mengungkapkan pertumbuhan ekonomi di Jabar pada 2024 akan menyentuh angka 4,9-5,7 persen year on year. Hal itu harus segera disikapi dengan rasa optimistis. Namun Erwin mengajak seluruh stakeholders untuk tetap waspada dalam menghadapi berbagai tantangan pada 2024.


    "Di tahun 2024 kita harus optimistis namun tetap waspada," sebutnya.


    Untuk itu, ia meminta agar semua pihak tetap bersinergi dalam berbagai hal demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jabar di 2024.

     

    "Mudah-mudahan dengan upaya kolaborasi sinergi bersama kita bisa wujudkan pertumbuhan ekonomi kisaran 4,9-5,7 persen year on year," tutup Erwin.


    Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, BI patut bersyukur atas kinerja di 2023, serta harus optimistis akan prospek pada 2024, tetapi tetap waspada. BI juga berkomitmen untuk terus memperkuat bauran kebijakannya yang sudah dilakukan di 2023, akan diperkuat pada 2024.


    Selain itu, pihaknya juga akan terus memperkuat sinergi serta kolaborasi dengan semua pihak untuk bisa melangkah ke depan dengan optimistis dan waspada. Indonesia sendiri menjadi one of the best economic performance of the world pada 2023 lalu, di mana pertumbuhan ekonomi sekitar 5%. Inflasi bahkan masuk di angka 4 terendah di dunia, yakni sekitar 2,61%.


    Pada 2024, BI optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang diprediksi lebih sedikit di atas 5%. Dari sisi inflasi, diperkirakan juga masih dapat terkendali sekitar angka 2,5%, dengan kredit bisa tumbuh hingga 12% dan proses digitalisasi keuangan yang tercepat di dunia.


    Penduduk Miskin Menurun, Pendapatan per Kapita Meningkat
    Sementara itu, Penjabat Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso mengapresiasi kerja kolektif BI Perwakilan Jabar telah mendorong perekonomian Jabar tetap stabil selama 2023.


    "Saya pikir tema ini sangat relevan dengan apa yang terjadi di Jabar. Indeks pembangunan manusia meningkat, alhamdulillah kita bisa menurunkan angka pengangguran," ujar Taufiq dalam sambutannya pada peluncuran LPI 2023 dengan tema 'Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional' tersebut..


    Tak hanya itu, selama 2023 masyarakat yang masuk kategori tidak mampu di Jabar menurun dengan diiringi pendapatan yang terus meningkat secara perlahan. Penduduk miskin di Jabar bisa menurun, pendapatan per kapita juga meningkat," sebutnya.


    Untuk urusan investasi, Jabar menjadi yang terdepan dengan capaian realisasi sebesar Rp210,6 triliun selama 2023 atau mencapai 112 persen. "Investasi di Jabar tercatat investasi realisasi mencapai Rp210,6 triliun mencapai 112 persen," sebutnya.


    Memasuki 2024, Taufiq menuturkan Pemprov Jabar bertekad menguatkan beberapa sektor strategis demi menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Jabar.


    "Tahun 2024 Pemprov akan memperkuat sektor strategis, pendidikan, infrastruktur dan SDM, guna pertumbuhan ekonomi dapat dicapai dengan kualitas hidup masyarakat," tuturnya.


    Taufiq mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Jabar yang telah membantu Pemdaprov Jabar dan 27 kabupaten/kota dengan tujuan kesejahteraan bagi masyarakat.


    "Mudah - mudahan ini terus. Kita bisa kembangkan masyarakat lebih sejahtera merata dapat kita capai bersama," pungkas Taufiq. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PLN Berbagi Pengetahuan K3 dan Ketenagalistrikan
    Gerakan Pasar Murah, Beras Dijual Rp10.400 per Kg
    Pemprov Jabar Pastikan Stok Beras Aman Terkendali
    Bulog Jabar Jamin Stok Beras Cukup Hingga Ramadan
    Harga Pangan di Jabar Turun, Termasuk Beras Turun

    Editorial



      sponsored links