free hit counter code Destinasi Kawah Rengganis di Bandung Selatan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Destinasi Kawah Rengganis di Bandung Selatan
    Ilustrasi

    Destinasi Kawah Rengganis di Bandung Selatan

    • Rabu, 15 November 2023 | 14:39:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Wilayah Bandung selatan banyak menyimpan kawasan wisata yang sangat fenomenal, untuk yang menggemari wisata area pegunungan dengan udara yang segar, tentunya salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah kawasan wisata agro kawah Rengganis yang terletak di Ciwidey Bandung Selatan.

     

    Kondisi alamnya yang dipenuhi hamparan hijau kebun teh, tentunya menambah kesegaran alam dengan udara yang segar. Salah satu primadona wisata di Ciwidey adalah kawah Putih, suasana romantis sangat terasa kental di sana, tapi siapa sangka bahwa sebenarnya ada kawah lain yang tidak kalah memukau namanya kawah Rengganis.

     

    Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari kawah Putih, lokasinya berdekatan dengan Situ Patenggang. Kawah Rengganis ini terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba, konon katanya dahulu kawah ini namanya adalah kawah Cibuni, namun menurut pakar Geologi kawah ini akan semakin terkenal jika namanya diganti menjadi kawah Rengganis, dengan alasan kawah ini berdekatan dengan Situ Patenggang. Jika dilihat dari sejarahnya antara kawah ini dengan Situ Patenggang itu ada ikatan yang dekat, yaitu Dewi Rengganis dengan sang pacarnya yang sudah lama berpisah dan bertemu di atas batu yang berada di Situ Patenggang.

     

    Kawah Rengganis berbeda dengan saudaranya kawah Putih, di tempat ini para wisatawan akan menemukan banyak bebatuan yang tersebar di kawah Rengganis, tidak seperti kawah Putih air di kawah Rengganis pun bisa digunakan untuk mandi dan berendam. Kolam rendam nya pun sudah dilengkapi dengan beberapa pancuran yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan, maka tak heran jika di kolam dengan pancuran tersebut para pengunjung akan berjumpa dengan banyak orang tua.

     

    Suasana kolam rendam yang masih alami dengan beberapa pancuran air panas ini, mirip seperti pemandian air panas yang ada di Jepang. Selain kolam rendam dan pancuran terdapat pula sebuah makam di kawasan wisata ini, jadi selain bertemu dengan orang-orang yang hendak berendam dan mandi, para wisatawan pun dapat bertemu dengan peziarah yang datang ke kawah Rengganis. Menjarahi makam yang ada di areal kawah Rengganis sebagai makam orang-orang pendahulu, yang membuka kawasan kawah serta makam penduduk Cibuni.

     

    Konon menurut legenda yang didapat dari warga sekitar, leluhur mereka adalah orang-orang yang dulunya melarikan diri dari kejaran tentara VOC Belanda dan bersembunyi di sini. Salah satu daya tarik di kawasan Rengganis adalah terdapatnya beberapa Geiser kecil.

     

    Geiser ini menyemburkan uap panas dengan skala besar, itu artinya uap ini bisa dimanfaatkan untuk sauna alami, karena hal ini juga kawah Rengganis terkenal dengan beberapa sumber mata air panasnya yang alami. Belerang yang tidak terlalu pekat dan suhu air yang cukup panas merupakan kombinasi tepat untuk berendam.

     

    Hal ini semakin diperkuat oleh beberapa fakta serta mitos bahwa air panas yang bercampur belerang ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit, oleh karena itu banyak wisatawan dan mancanegara banyak datang ke kawah Rengganis untuk membuktikan kebenaran dari fakta dan mitos tersebut, banyak dari mereka yang mengeluh sakit di tubuhnya setelah mereka datang dan berendam di sana, sakit mereka berangsur-angsur hilang dan sehat. Tidak hanya air panasnya saja yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit, tetapi juga lumpurnya dipercaya bisa melakukan hal yang sama.

     

    Dibalik keindahan dan keeksotisannya, kawah Rengganis ternyata menyimpan berbagai hal yang berhubungan dengan mistis. Konon sering dijumpai pengunjung yang datang melakukan berbagai ritual spiritual, bahkan terlihat segerombolan orang tengah melakukan ritual doa bersama di bawah salah satu batu besar di lokasi pemandian.

     

    Berjalan sedikit lebih ke atas lagi dijumpai tempat seseorang untuk melakukan semedi diantara rerimbunan pepohonan di atas kawah,  lebih ke atas lagi dijumpai area landai dan lapang yang sering digunakan untuk camping, dan konon lokasi tersebut juga sering digunakan untuk bertapa.

     

    Sisi lain ditemukan satu makam misterius tanpa nama, hanya dua batu yang digunakan sebagai penanda layaknya nisan dan tulisan yang menandakan, bahwa kita jangan mengambil sebagian tanah dimakam tersebut dalam bahasa Sunda.(*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Usai NGEGIGS Hadirkan Konser Kecil Tapi Party
    bank bjb Hadirkan Festival Bojana 2024
    Celana Kulot untuk Outfit Sederhana & Elegan
    Anggun Dae Merilis Single Debut
    Pandangan Agus Mulyana Tentang Generasi Sandwich

    Editorial