free hit counter code Mengungkap Mati Suri Dilihat Dari Sisi Medis - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
    Target Angka Penurunan Stunting Masih Jauh
    • 22 April 2024 | 17:41:00 WIB

    TARGET prevalansi stunting masih jauh dari angka yang ditetapkan. Kementerian kesehatan menetapkan targat prevalansi stunting pada 2024 sebesar 14 persen.

Opini


    Mengungkap Mati Suri Dilihat Dari Sisi Medis
    ilustrasi

    Mengungkap Mati Suri Dilihat Dari Sisi Medis

    • Rabu, 15 November 2023 | 11:27:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Mati suri adalah fenomena ketika seseorang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal dunia. 

     

    Dalam rentang waktu tertentu mati suri ditemukan di seluruh penduduk dunia, dan lebih sering dialami oleh wanita dibanding pria. 

     

    Dari kesaksian orang-orang yang pernah mati suri, ada yang melaporkan mereka seperti melayang di luar tubuhnya, dan bisa melihat jasad mereka, ada yang dibawa malaikat ke neraka, ada yang berinteraksi dengan orang yang sudah meninggal, dan ada juga yang melewati terowongan cahaya. 

     

    Fenomena mati suri dalam istilah medis disamakan dengan Lazarus Syndrome, yaitu kondisi kembalinya fungsi jantung dan pernafasan yang sempat terhenti, biasanya orang yang mati suri akan kembali hidup setelah dinyatakan meninggal dalam waktu 10-30 menit, dan pada kasus yang sangat jarang bisa sampai beberapa jam. 

     

    Faktor penyebab fenomena mati suri secara medis yaitu. 

     

    Pertama Udara Terperangkap dalam Paru-paru

    Ketika mengalami henti jantung atau gagal nafas, seseorang akan mendapatkan pertolongan berupa CPR. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tindakan ini terkadang bisa menyebabkan penumpukan udara di dalam rongga dada dan paru-paru, hal ini membuat seolah-olah sirkulasi dan aliran darah terhenti. 

     

    Kedua Hipotermia 

    Hipotermia bisa menyebabkan gangguan pada fungsi organ dan aktivitas saraf tubuh, sehingga penderitanya mengalami penurunan detak jantung, denyut nadi dan pernapasan, kondisi ini terjadi karena tubuh terpapar suhu yang terlalu dingin. 

     

    Dalam periode tertentu pada beberapa kasus hipotermia bisa membuat kondisi seseorang menjadi sangat lemah, sehingga detak jantung, denyut nadi dan pernapasan tidak terdeteksi, yang seolah-olah menunjukkan bahwa dia telah meninggal, namun ketika mendapat pertolongan medis secepatnya suhu tubuhnya bisa kembali normal, aliran darah dan fungsi berbagai organ tubuh akan kembali bekerja. 

     

    Ketiga Hiperkalemia

    Hiperkalemia adalah kondisi ketika jumlah elektrolit kalium meningkat terlalu tinggi, kondisi ini bisa membuat fungsi jantung paru-paru serta saraf otak terganggu. Jika tidak ditangani maka kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami henti jantung dan koma, sehingga seolah-olah meninggal dunia. 

     

    Demikianlah fenomena mati suri yang memang bisa terjadi di dalam dunia medis, dan bukan disebabkan oleh hal-hal yang berbau mistis. (*) 

     

     

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini
    Akhir DCDC Ngabuburit Extra Sukses Bius Bandung

    Editorial