free hit counter code Semangka Jadi Simbol Dukungan Terhadap Palestina - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
    Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
    • 19 Juli 2024 | 14:49:00 WIB

    JELANG pilkada serentak pada November 2024, berpotensi terjadi penyebaran hoaks atau informasi bohong.

Opini


    Semangka Jadi Simbol Dukungan Terhadap Palestina
    Ilustrasi semangka Palestina

    Semangka Jadi Simbol Dukungan Terhadap Palestina

    • Jumat, 3 November 2023 | 15:40:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Semangka belakangan kerap muncul di media sosial dan disebut sebagai simbol perlawanan Palestina.

     

    Rupanya semangka ini adalah buah paling ikonik yang mewakili Palestina semangka juga tumbuh di seluruh Palestina dari Jenin hingga Gaza buah ini memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina yakni merah hijau putih dan hitam.

     

    Dalam bentuk emoji semangka ternyata menjadi simbol yang kuat bagi warga Palestina emoji semangka bahkan memenuhi sejumlah postingan media sosial yang tak terhitung jumlahnya setelah perang pecah pada 7 Oktober 2023.

     

    Lalu bagaimana awal mula semangka menjadi simbol dukungan terhadap Palestina.

    Ternyata penggunaan semangka sebagai simbol Palestina pertama kali muncul setelah perang 6 hari pada 1967 saat itu pemerintah Israel menjadikan pengibaran bendera Palestina di depan umum sebagai pelanggaran pidana di Gaza dan tepi barat yang diduduki.

     

    Untuk menghindari larangan itu warga Palestina kemudian menggunakan semangka karena buah ini memiliki warna nasional bendera Palestina yakni merah hitam putih dan hijau setelah itu semangka dianggap sebagai simbol perlawanan Palestina gambar buah ini pun muncul dalam sejumlah karya seni seprti kemeja, poster hingga emoji semangka juga muncul di media sosial.

     

    Bendera Palestina kembali mendapat kecaman pada bulan Januari 2023 menteri keamanan nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir menginstruksikan untuk menyita bendera Palestina dari tempat umum.
    Lalu pada bulan Juni 2023 keluarlah rancangan undang-undang yang melarang penggunaan bendera di lembaga-lembaga yang didanai negara.

     

    kemudian Zazim sebuah organisasi perdamaian akar rumput Arab Israel memasang bendera Palestina dalam bentuk semangka di selusin layanan taksi Tel Aviv, setidaknya ada 16 taksi yang terpampang gambar semangka dengan tulisan "ini bukan bendera Palestina".

     

    Aksi itu sebagai bentuk kampanye dan protes penangkapan dan penyitaan bendera, bahkan mereka dengan tegas menyebut akan terus menemukan cara dan tidak berhenti memperjuangkan kebebasan berekspresi dan demokrasi.

    Saat ini simbol semangka kembali membanjiri media sosial sebagai bentuk perlawanan atas tindakan Israel.(*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PDIP Siap Rekomendasi Lutfi Hafiyyan di Pilkada
    Catat Target Pelanggaran Dalam Operasi Patuh 2024
    Langgar Aturan 277 Peserta PPDB Jabar Dianulir
    Pakar: Golkar Berambisi Rebut Kursi Bupati Bandung
    Sidak RSJ, Bey Sebut tak Ada Pasien Akibat Judol

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi