free hit counter code Ibek Ingin Panjat Tebing Alam Makin Diminati - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Ibek Ingin Panjat Tebing Alam Makin Diminati

    Ibek Ingin Panjat Tebing Alam Makin Diminati

    • Selasa, 10 Oktober 2023 | 10:31:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Indonesia Big Wall Expedition atau Ibek mengadakan pemutaran film dokumenter. Pemutaran dilaksanakan di Ibek di Bandung Creative Hub, Senin (9/10/2023) malam.

     

    Team Manager IBEX, Sofyan Arief Fesa mengatakan pemutaran film tersebut guna meningkatkan kembali ketertarikan masyarakat terhadap panjat tebing alam. 

     

    Sebab, masyarakat cenderung berminat olahraga tersebut untuk menjadi atlet profesional. Sementara ketertarikan terhadap panjat tebing alam semakin berkurang.

     

    "Mencoba menginspirasi panjat tebing, terutama bagi mereka yang menyukai big wall. Kita berbagi agar teman-teman tertarik untuk kegiatan petualangan panjat tebing, bukan hanya di papan panjat saja dan jalur atlet," kata.

     

    Sofyan Arief Fesa mengatakan pihaknya, menampilkan film dokumenter, Batu Daya Women Series,  tebing raksasa di Kalimantan Barat tingginya 649 meter.

     

    Film tersebut, jelasnya, menyajikan sebuah cerita pemanjatan para wanita tangguh di tebing Batu Daya.  Pemanjatan ini merupakan First Ascent All Team women pertama di jalur Multi pitch Sport Batu Daya. 

     

    Ia menambahkan, bagi pemanjat tebing yang menyukai big wall ekspedisi ke Yosemite wajib dijajal pemanjat seluruh dunia. "Dari seluruh dunia tempat ini seperti Makkah yang wajib didatangi," ucapnya. 

     

    Dalam ekspedisinya, IBEX menjajal dua jalur legendaris The Nose dan Free Rider di tebing El Capitan, Yosemite Valley dan tebing Incredible Hulk dan Sierra Nevada sebagai penutup rangkaian perjalanan. 

     

    Sementara itu, Atlet Climber dari Indonesia Big Wall Expedition (IBEX) Yogi Sugiantoro mengatakan banyak hal positif dari panjat tebing alam. Selain kesehatan mental dengan melatih rasa takut.

     

    "Menurut saya, olahraga panjat tebing wadah bagi anak muda yang ingin berkegiatan positif," ujarnya.

     

    Tak dipungkiri, olahraga ini mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah kompetisi Internasional. "Banyak prestasi yang dicetak anak muda melalui panjat tebing," katanya. 

     

    Manfaat lainnya, olahraga ekstrem ini dapat meningkatkan jangkauan lengan. Saat memanjat, seluruh otot akan bekerja secara maksimal. Bila sering dilatih mampu meningkatkan massa otot. Kendati demikian, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal olahraga ekstrem ini harus memperhatikan berbagai aspek. 

     

    Climber IBEX Iqbal Kamal Fasya mengatakan, untuk pemula yang ingin mencoba pajat tebing diutamakan memperhatikan keselamatan. 

     

    "Harus paham dalam segi keamanan, karena olahraga atau kegiatan yang cukup resiko," ujarnya. 

     

    Menut Iqbal, semakin melakukan aktivitas beresiko, climber harus lebih detail memperhatikan pijakannya. 

     

    "Keamanan diutamakan guna memahami safety procedur, agar mengurangi resiko kecelakaan," ujar Iqbal. 

     

    Guna menggabungkan olahraga ke semua segmen, pembuatan film dokumenter yang ditonton bersama dan mini talkshow menjadi ajang panjat tebing unjuk gigi untuk lebih dikenal. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Terkait


    Berita Lainnya


    Jelajah Nusantara, Wanadri Goes to IKN
    Nasdem Mau Tinggalkan Bupati Dadang Supriatna?
    Pemkab Bandung Harus Serius Dongkrak Daya Beli
    PDIP Siap Rekomendasi Lutfi Hafiyyan di Pilkada
    Catat Target Pelanggaran Dalam Operasi Patuh 2024

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi