free hit counter code Piala Dunia U17,Indonesia Bakal Jumpa Tim Unggulan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Piala Dunia U17,Indonesia Bakal Jumpa Tim Unggulan
    (net) Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

    Piala Dunia U17,Indonesia Bakal Jumpa Tim Unggulan

    • Kamis, 14 September 2023 | 23:16:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Drawing babak grup Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, bakal digelar di Zurich, Swiss, Jumat (15/9/2023) pukul 21.00 WIB.

     

    Pengundian akan dilakukan Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza, didampingi mantan pemenang Piala Dunia FIFA U‑17 1995, Stephen Appiah dan Julio Cesar, yang tampil di final edisi 1995, bertindak sebagai asisten.

     

    Dalam pengundian yang digelar di markas besar FIFA tersebut, ada 24 tim dari 6 konfederasi yang dibagi dalam 6 grup. Dengan masing-masing grup berisi 4 tim, dan Indonesia yang menjadi tuan rumah dipastikan akan masuk Grup A.

     

    Setelah itu sisanya akan ada pembagian Pot berdasarkan penampilan dalam 5 rapor terakhir di Piala Dunia U-17. Turnamen paling baru akan mendapatkan bobot poin lebih tinggi.

     

    Ada juga 5 bonus poin untuk masing-masing juara di 6 benua dan aturan lainnya, yakni tidak boleh ada dua tim dalam konfederasi yang sama tergabung dalam stau grup.

     

    Indonesia bisa dipastikan tak akan bertemu dengan juara bertahan, Basil; runner-up Meksiko, dan peringkat 3 Prancis. Juga tak akan satu grup dengan Jerman dan Spanyol, karena kelima timna tersebut berada di Pot 1 sama dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

     

    Namun, timnas Indonesia U-17 berpeluang menghadapi lawan-lawan berat yang juga diunggulkan, Inggris, Argentina. Atau 2 negara Asia yang jadi langganan Piala Dunia U-17,, yakni Jepang dan Korea Selatan. Pasalnya, tim-tim tersebut berada di Pot 2, sehingga Indonesia pun memiliki peluang bertemu.

     

    Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, timnas Indonesia U-17 memang memiliki previlage sebagai tim unggulan karena menjadi tuan rumah. Namun, tim asuhan Pelatih Bima Sakti ini juga memiliki peluang bertemu dengan lawan-lawan unggulan lainnya.

     

    Karena itu, agar bisa bersaing di ajang dua tahunan tersebut, timnas U-17 Indonesia bakal menjalani persiapan maksimal. Tim Garuda Muda direncanakan bakal menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman pada 17 September hingga 23 Oktober 2023.

     

    "Yang pasti ada tantangan ketika Indonesia masuk di Pot 1 sebagai tim unggulan. Tapi mau bilang apa, itu previlage sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, jauh hari kami di PSSI sudah menyiapkan agar Garuda Muda ini bener-benar layak berada di posisi unggulan," ungkap Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Kamis (14/9/2023).

     

    "Program pelatnas selama sebulan lebih di Jerman menjadi bagian penting, selain dukungan dengan keberadaan Frank Wormuth dan sepak bola Jerman, serta Dortmund yang siap mematangkan tim," ucapnya.


    Erick mengatakan, Indonesia memang memiliki peluang bertemu tim unggulan lainnya. Namun, ia berpesan kepada para pemain agar tidak ciut terlebih dahulu. Menurut Menteri BUMN tersebut, di ajang internasional apapun bisa terjadi.

     

    "Kita sering lihat di ajang Piala Dunia, tim unggulan tumbang oleh tim yang dibawahnya," tutur Erick Thohir.

     

    Ia menekankan dalam dunia olahraga itu yang terpenting yakni masalah kerja sama dan nyali. Karena itu, ia meminta para pemain agar tetap mempersiapkan tim dengan baik sehingga lawan siapapun, Indonesia bisa memberikan yang terbaik.

     

    "Potensi satu grup dengan tim negara yang kuat pasti ada. Namun, saya percaya di olahraga, apalagi di permainan tim, kuncinya adalah kerjasama dan nyali," tegas Erick

     

    Piala Dunia U-17 yang akan digelar mulai 10 November hingga 2 Desember 2023 tersebut, diikuti 24 timnas. Indonesia sebagai tuan rumah merupakan 1 dari 5 negara Asia yang berpastisipasi tahun ini. Empat negara lainnya, yakni Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Uzbekistan yang lolos ke putaran final melalui jalur finalis Piala Asia U-17 2023.

     

    Dari konfederasi Conmebol, ada Brasil yang juga berstatus juara bertahan, bersama Argentina, Ekuador, dan Venezuela. Lalu ada 5 negara dari Benua Eropa, yakni Inggris, Perancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol

     

    Selain itu, Afrika diwakili Burkina Faso, Mali, Maroko, dan Senegal. Sementara Oseania diwakili Kaledonia Baru dan Selandia Baru, serta utusan dari konfederasi Concacaf, yakni Kanada, Meksiko, Panama, dan Amerika Serikat.

     

    Dari 24 tim tersebut, nantinya akan diambil 16 tim ke babak knock out, yang berasal dari 6 juara grup dan 6 runner-up grup, ditambah 4 tim runner-up terbaik.

     

    Pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia ini akan digelar di 4 stadion, Jakarta International Stadium (JIS/Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). Untuk pembukaan sekaligus laga perdana akan digelar di JIS pada 10 November 2023, sementara laga final di Stadion Manahan pada 2 Desember 2023 mendatang.

     

    Pembagian Pot Piala Dunia U-17 2023
    Pot 1:
    Indonesia (tuan rumah/Asia)
    Brasil (juara bertahan/Conmebol)
    Meksiko (runner-up/Concacaf)
    Prancis (peringkat 3/Eropa)
    Spanyol (Eropa)
    Jerman (Eropa)

    Pot 2:
    Mali (Afrika)
    Inggris (Eropa)
    Jepang (Asia)
    Korea Selatan (Asia)
    Argentina (Conmebol)
    Ekuador (Conmebol)

    Pot 3:
    Selandia Baru (Oseania)
    Iran (Asia)
    Senegal (Afrika)
    Amerika Serikat (Concacaf)
    Uzbekistan (Asia)
    Maroko (Afrika)

    Pot 4
    Kanada (Concacaf)
    Kaledonia Baru (Oseania)
    Panama (Concacaf)
    Burkina Faso (Afrika)
    Polandia (Eropa)
    Venezuela (Conmebol). (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Sebanyak 11 SSB Ikuti Turnamen Sepak Bola Putri
    Tak Ada Baggott & Paes di Skuat Timnas Indonesia
    Tekuk Uzbekistan 1-0, Jepang Juara Piala Asia U-23
    Kalah 1-2, Indonesia Lakoni Play-off lawan Guinea
    Ini Penyebab Indonesia Kalah oleh Uzbekistan

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58