free hit counter code Kota Bandung, Sumedang dan Kota Bogor Raih Kategori Kota Terbaik Aksi Penurunan Stunting Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kota Bandung, Sumedang dan Kota Bogor Raih Kategori Kota Terbaik Aksi Penurunan Stunting Jabar
(istimewa) Penyerhan penghargaan Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Terintegrasi Provinsi Jabar 2022 di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/13/2022)

Kota Bandung, Sumedang dan Kota Bogor Raih Kategori Kota Terbaik Aksi Penurunan Stunting Jabar

  • Sabtu, 17 Desember 2022 | 13:33:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung – Kota Bandung meraih predikat Kota Terbaik dalam Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Terintegrasi Provinsi Jabar 2022. Selain itu, kategori ini pun diraih oleh Kota Bogor dan Kabupaten Sumedang. Pemberian penghargaan digelar dalam acara bertajuk Jabar Stunting Summit (JSS) 2022, berlangsung di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/13/2022).


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang hadir pada Jabar Stunting Summit 2022 mengingatkan Jabar adalah kunci menekan stunting di Indonesia. Keberhasilan nasional menekan stunting tergantung keberhasilan di Jabar.


Sebabnya, Jabar merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, yang berarti jumlah balitanya pun paling banyak.


"(Jabar) Penting sekali untuk bisa menurunkan angka stunting nasional, karena penduduknya yang paling banyak balitanya juga yang paling banyak. Jadi kalau Jawa Barat sukses, nasional pasti akan sukses menurunkan dari 24 persen ke 14 persen," katanya.


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyadari angka kelahiran di Jabar cukup tinggi. Hal ini memperbesar peluang bayi terkena stunting akan tinggi pula, jika orang tuanya tidak memiliki pemahaman dan pengetahuan stunting yang memadai.


"Hampir 800 ribuan bayi lahir di Jawa Barat karena produktivitasnya tinggi, baru setahun menikah sudah pada hamil. Jika bayi-bayi ini mengalami stunting, tentu mimpi besar menjadi ekonomi besar dunia bisa terkendala," ucapnya


Menurut Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil- yang menjadi poin penting dalam pencegahan stunting adalah bukan pada anaknya tapi orang tua, terutama ibu hamil, ibu menyusui, dan perempuan belum menikah. Jika ketiga subjek ini memiliki daya upaya mencegah, maka stunting akan turun dengan sendirinya.


Melalui Jabar Stunting Summit 2022, Pemda Provinsi Jabar berkomitmen terus mengevaluasi seluruh instrumen pencegah stunting agar gerak dan aksinya bisa sinergi dan komprehensif.


Kang Emil mengapresiasi survei stunting dari Kemenkes dilakukan setiap tahun sehingga angkanya relatif terpantau dan memudahkan upaya penanggulangan stunting.


"Saya senang bukan lima tahunan surveinya, setahunan. Mungkin nanti awal Januari Pak Menteri yang akan rilis stunting Jawa Barat dari 24 persen turun ke berapa," ujar Kang Emil.


Berikut Kabupaten/kota yang meraih penghargaan dengan Kategori Delapan Aksi Konvergensi

Kabupaten/Kota Terbaik.

(1) Kabupaten Sumedang,
(2) Kota Bandung,
(3) Kota Bogor.

Kabupaten/Kota Paling Berkomitmen.

(1) Kota Depok,
(2) Kota Cimahi,
(3) Kabupaten Bandung Barat
(4) Kabupaten Subang,
(5) Kabupaten Bekasi.

Kabupaten/Kota Paling Inovatif.

(1) Kabupaten Purwakarta,
(2) Kabupaten Ciamis,
(3) Kabupaten Indramayu,
(4) Kabupaten Tasikmalaya,
(5) Kabupaten Garut.

Kategori Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Paling Berkomitmen.

(1) Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan,
(2) Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri.

Kategori Ketua TP PKK Paling Berkomitmen.

(1) Sonya Fatmala (Bandung Barat)
(2) Elly Farida (Kota Depok).

Perusahaan Paling Berkomitmen.

(1) PT. Tirta Investama Subang, dan
(2) PT. Cikarang Listrindo.

Sementara Organisasi Sosial Kemasyarakatan Paling Berkomitmen yakni Nutrition International. (*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links