free hit counter code Bey Target Swasembada Pangan di Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar

Bey Target Swasembada Pangan di Jabar

JuaraNews Bandung - Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menargetkan wilayahnya menjadi Swasembada pangan nasional khususnya pada komoditas padi.

 

“Jadi Rapat hari ini optimisme itu kami ingin Jawa Barat Swasembada pangan. Jadi kemarin kan sempat ada beras naik harga dan susah di berapa ritel Nah itu kami pikir Jawa Barat sebagai lumbung padi kedua itu, Berharap tahun ini kami perbaiki semuanya termasuk tata kelola, Tata niaga nya,” kata Bey usai Rapat Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (18/4/2024).

 

Bey menuturkan, jika Swasembada pangan tercapai pada tahun ini maka Jabar bisa mengelola pangan secara mandiri. Sehingga nantinya apabila terjadi kelangkaan pangan secara nasional di Jabar tidak terimbas secara signifikan.

 

“Jadi kalaupun terjadi kelangkaan pangan karena nasional jabar tidak perlu ikut. Kami juga akan menata kembali juga BUMD yang menangani cadangan beras seperti itu,” tandasnya.

 

Langkah yang dilakukan untuk mencapai target tersebut salah satunya mendorong perbaikan tata kelola. Ia menyebut persoalan irigasi, pupuk dan benih jadi sorotan utama dalam mewujudkan Swasembada pangan.

 

“Itu kan harusnya lebih detail para kepala daerah memantau dan solusinya kita cari bersama dan sudah ada lampu hijau dari mentan masalah apa kita selesaikan bersama,” ucapnya.

 

Rapat Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian di Jawa Barat tersebut dihadiri Inspektorat Jenderal dari Kementerian Pertanian Setyo.

 

“Dengan hadirnya Pak Inspektur kami ingin masalah masalah itu kita hadapi, para bupati turun ke lapangan yang nanti pa sekda saya tugaskan untuk memonitor tiap minggu permasalahan ini dan juga terkait dengan pompanisasi pak Menteri sudah mempersilahkan Jawa Barat untuk berapapun kebutuhan ini kita penuhi untuk irigasi kan irigasi satu yang kunci dalam sawah itu,” ucap Bey.

 

Sementara itu, Inspektorat Jenderal dari Kementerian Pertanian Setyo mengapresiasi pemprov Jabar dalam percepatan akselerasi swasembada pangan.

 

Dia berharap kepala daerah para kepala dinas kemudian forkopimda tadi hadir dari danrem Dandim kemudian Kapolres Kapolresta bahkan dari wakapolda dan kasdam dan wakajati ini bisa secara berjenjang memberikan instruksi ke bawah untuk memberikan perhatian.

 

 “Mudah-mudahan wilayah Jawa Barat cepat bisa mencapai target sehingga kebutuhan masyarakatnya bisa terpenuhi,” kata Setyo. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pemprov & GIPI Sepaham Bangun Industri Pariwisata
Ade Afriandi Ditunjuk Sebagai Plh Disdik Jabar
Kadisdik Berganti, Bey Jamin PPDB Tetap Berjalan
AMSI Dorong Media Kecil Tembus Plaform Global
Pejabat Disdik Jabar Tekan Pakta Integritas PPDB

Editorial



    sponsored links