free hit counter code DPRD Jabar Desak Pemerintah Segera Realisasikan TPPAS Legok Nangka - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Jabar Desak Pemerintah Segera Realisasikan TPPAS Legok Nangka
Dok net TPAS Sarimukti rawan longsor

DPRD Jabar Desak Pemerintah Segera Realisasikan TPPAS Legok Nangka

 

JuaraNews, KBB - Bencana longsor sampah yang terjadi di TPA Sarimukti Selasa (1/6/2021) telah menutup akses mobilitas ke wilayah Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

 

Tak hanya itu, sebuah gudang yang berada di area TPA Sarimukti. longsor tersebut terjadi lantaran intensitas curah hujan tinggi dan penumpukan sampah yang berlangsung hingga bertahun-tahun.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Anugrah mengatakan, masalah longsor sampah di TPA Sarimukti itu sebenarnya kewenangan dari UPTD Provinsi.

 

“Jadi kami hanya melakukan koordinasi saja supaya ada penanganan di TPA tersebut,” katanya beberapa waktu lalu.

 

Kendati memicu potensi bencana lain, Anugrah menyebut, bencana longsor di TPA Sarimukti masih terjadi di area TPA dan tidak sampai ke pemukiman penduduk.

 

“Longsornya masih di area TPA ya, belum sampai ke pemukiman sekitar,” ujarnya.

 

Selain penanganan pasca longsor, Anugrah juga meminta provinsi untuk mulai melakukan penataan mulai jalan masuk hingga ke lokasi TPA.

 

Pasalnya, jalur tersebut dinilai membahayakan para petugas pengangkut sampah.

 

“Itu bisa menyebabkan kecelakaan seperti terguling, dan itu sudah banyak terjadi,” ujarnya.

 

Lebih jauh Anugrah menerangkan, permasalahan ini bukan hanya di Bandung Barat saja melainkan kota/kabupaten pun ikut terdampak. “Kita berharap, provinsi benar-benar turun untuk menangani masalah ini, terutama untuk pembuangan sampah dari kabupaten/kotanya,” terangnya.

 

Anugrah menuturkan, TPA Sarimukti rencananya akan ditutup tahun 2023 mendatang.

 

“Sebagian akan ditempatkan di Legok Nangka, Kabupaten Bandung dan satu lagi di sekitar Cipatat juga karena masyarakatnya sudah bisa menerima,” tuturnya.

 

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Zulkifli Chaniago mendesak Pemprov Jabar segera merealisasikan pembangunan TPPAS Legoknangka yang merupakan proyek strategis nasional dalam penanggulangan sampah di Bandung Raya.

 

"Kami dari DPRD Provinsi Jawa Barat sangat mendukung segera beroperasinya TPPAS Legoknangka dalam upaya menanggulangi sampah di wilayah Bandung Raya," ujarnya.

 

Ia menyebut, sekitar 450 truk perhari yang mengangkut sampah dari wilayah Bandung Raya membuat kondisi TPA Sarimukti mengalami kelebihan daya tampung.

 

Menurutnya, dengan kondisi seperti itu, diperlukan pengolahan dengan teknologi yang modern.

 

“Dengan kondisi seperti ini TPA Sarimukti tempat pembuangan akhir dan tidak memiliki tempat pemerosesan sampah, maka dari itu kita harus segera merealisasikan TPPAS Legok Nangka.”ucapnya usai mengunjungi TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jum’at (18/06/2021).

 

"Jika kondisi tersebut dibiarkan akan berdampak negatif terhadap ekosistem alam terutama dampak kesehatan dan kontur TPA yang dapat mengakibatkan bencana,"tambahnya. (*)

Oleh: satria negara / stn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links