free hit counter code Jadikan Kembali Jabar Sebagai Lumbung Padi Nasional, Dan Jangan Turunkan Anggaran Irigasi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Jadikan Kembali Jabar Sebagai Lumbung Padi Nasional, Dan Jangan Turunkan Anggaran Irigasi
Ilustrasi: Lumbung Padi Nasional

Jadikan Kembali Jabar Sebagai Lumbung Padi Nasional, Dan Jangan Turunkan Anggaran Irigasi

 

JuaraNews, Bandung - Komisi IV DPRD Jawa Barat berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak menurunkan alokasi anggaran untuk proyek pekerjaan di Situ Rawa Kalong. Pada 2021, Pemprov Jabar telah mengalokasikan anggaran sebesar 20,5 miliar untuk pekerjaan Situ Rawa Kalong.

 

Kendati demikian, ditahun sebelumnya Pemprov Jabar sempat menurunkan anggaran hingga Rp 4,2 miliar dari total anggaran sebesar Rp32 miliar.

 

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Zulkifli Chaniago menyebut, masih ada proyek lain yang harus diselesaikan, yaitu Daerah Irigasi Cihoe-Cikompeni. Selain itu, proyek tersebut juga harus mendapatkan anggaran yang proporsional meskipun itu amanat dari APBN, yakni Dana Alokasi Khusus (DAK).

 

"Yang pertama tentu saja yang sempat agak panjang menjadi bahan diskusi adalah terkait dengan pekerjaan di Situ Rawa Kalong," ucapnya.

 

Ia berpesan, jangan sampai seperti anggaran sebelumnya, dari Rp32 miliar turun menjadi Rp4,5 miliar. "Ada pekerjaan lain juga yang menjadi amanat dari APBN yaitu DAK terkait dengan daerah irigasi yang juga harus dituntaskan, yaitu Daerah Irigasi Cihoe-Cikompeni yang didanai sekitar 23 miliar," pesannya.

 

Ia berharap, dengan luas sekitar 2100 hektar yang akan diairi oleh irigasi Rawa Kalong ini bisa merealisasikan Jawa Barat menjadi daerah lumbung padi nasional. "Kami terharap sesungguhnya masing-masing UPTD memberikan satu Daerah Irigasi tuntas untuk merealisasikan Jabar sebagai lumbung padi nasional," harapnya.

 

"Kalau itu terwujud maka Jawa Barat sebagai daerah pertama dengan jumlah penduduk 20 persen dari penduduk Indonesia yang bisa berkontribusi kepada pembangunan secara nasional," tandasnya. (*)

Oleh: satria negara / stn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links