free hit counter code Reynaldy: Sebagai Penangkal Hoax, Peran Pers Harus Diperkuat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Reynaldy: Sebagai Penangkal Hoax, Peran Pers Harus Diperkuat
Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat, Reynaldy Putra Andita Budi Raemi

Reynaldy: Sebagai Penangkal Hoax, Peran Pers Harus Diperkuat

JuaraNews, Bandung – Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat, Reynaldi Putra Andita Budi menegaskan, peran pers harus semakin diperkuat guna meluruskan dan menangkal hoax.

 

Menurutnya, semakin marak masyarakat menggandrungi media sosial, maka semakin besar pula risiko beredarnya berita atau informasi bohong alias hoax tersebut, yang bisa dengan mudah meresahkan bahkan menyesatkan masyarakat.

 

“Bahkan ketika Undang-undang ITE sudah diberlakukan, berita hoax terkadang tetap saja muncul. Maka dalam hal ini pers mempunyai peran yang sangat penting untuk meluruskan atau membantah info-info bohong agar tidak menyesatkan masyarakat,” tegas Reynaldi, di Bandung, Selasa (9/2/2021).

 

Ia menegaskan, segala berita atau informasi yang disiarkan media relative bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya karena pers berjalan dalam koridor hukum Negara, yaitu Undang-undang Nomor 40 tahun 1999.

 

“Bahkan dalam praktiknya, media harus patuh terhadap kode etik jurnalistik,” katanya.

 

Meski pers memiliki nilai kebebasan dalam menyampaikan kritik dari satu pihak terhadap pihak lain, kata dia, tetapi kebebasan yang bisa dipertanggungjawabkan karena sudah dinaungi undang-undang serta sejumlah aturan yang mengikatnya. (*)

Oleh: atep kurniawan / tep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar

Editorial



    sponsored links