free hit counter code Pilkada Serentak di Masa Pandemi, KPU Jabar akan Tambah TPS - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pilkada Serentak di Masa Pandemi, KPU Jabar akan Tambah TPS
(juaranews/nugraha) Ketua KPU Jabar Rifki Ali Mubarok

Pilkada Serentak di Masa Pandemi, KPU Jabar akan Tambah TPS

JuaraNews, Bandung - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Rifqi Ali Mubarok mengatakan pihalnya berencana untuk menambah sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilkada seretak, pada Desember 2020.

 

Rencana penambahan jumlah TPS tersebut berdasarkan hasil rapat bersama DPR dan pemerintah. Sehingga, kata Rifqi, dapat membatasi jumlah pemilih seta menghindari kerumunan sesuai protokol kesehatan.

 

"Kini sedang melakukan pemetaan penambahan jumlah TPS di tiap daerah yang melaksanakan Pilkada serentak. Rencana awal kan per TPS 800 pemilih. Tapi karena kondisi pandemi, jumlah dibatasi menjadi 500 pemilih," kata Rifqi saat dihubungi juaranews.com, Kamis (11/6/2020).

 

Menurutnya, penambahan TPS dilakukan untuk mengurai kemurunan pada saat pilkada dilaksanakan. Apabila terjadi kerumunan, maka bisa berpotensi menyebarkan Covid-19.

 

"Ada penambahan jumlah TPS, sebelumnya sekitar 1.000 TPS untuk satu kota maupun kabupaten, nanti diperkirakan akan ditambah 50 persen dari jumlah sebelumnya," ucapnya.

 

Kendati demikian, dirinya juga menyampaikan pada pelaksanaan pilkada kali ini, pihaknya sedang mengatur mengenai alat coblos yang akan digunakan. Ada dua opsi yang mungkin bisa diterapkan, alat coblos sekali pakai atau para pemilih diberikan sarung tangan.

 

"Sehingga tidak ada yang terkontaminasi terkait alat coblos. Kemudian tinta tidak mungkin dicelup, mungkin nanti akan disemprot," ungkapnya.

 

"Kemudian ada thermo gun (alat pengukur suhu). Apabila kedapatan pemilih yang suhu badannya di atas 38 derajat celcius, itu nanti akan disediakan tempat pemilihan secara terpisah," pungkasnya. (*)

Oleh: ridwan / ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links