free hit counter code Presiden Jokowi Canangkan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Presiden Jokowi Canangkan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC
Presiden Jokowi di Cimahi

Presiden Jokowi Canangkan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC

  • Kamis, 30 Januari 2020 | 06:41:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Cimahi – Presiden RI Joko Widodo mencanangkan 'Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC Tahun 2030' di Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Rabu (29/1/2020). Gerakan itu digagas karena angka penderita TBC di Indonesia masih besar.

 

"Penyuluhan dalam upaya pencegahan juga sangat penting. Tetapi yang sudah terkena harus segera ditemukan untuk diobati hingga sembuh," kata Presiden.

 

Menurut Presiden, atensi menangani TBC bukan hanya soal pengobatan, tetapi juga pencegahan. Dia menilai, infrastruktur yang memadai menjadi kunci dalam pencegahan. Maka itu, pembangunan rumah-rumah sehat harus segera dilakukan.

 

"Infrastruktur fisik harus menjamin masyarakat,  baik itu drainase yang lancar, tidak mampet, bersih. Pengelolaan juga sangat penting. Penyediaan air juga sangat penting. Penyinaran, udara masuk ke rumah juga sangat penting," ucapnya.

 

"Saya minta (pada Menteri PUPR) rumah-rumah yang masih belum sehat agar segera dikerjakan. Terutama di Provinsi Jawa Barat," tambahnya.

 

Sedangkan, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melaporkan bahwa kasus TBC di Jabar masih tinggi. Menurut Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil, kolaborasi menjadi kunci utama menekan angka TBC di Jabar.

 

"Oleh karena itu yang kami lakukan, pertama adalah kolaborasi. Kami percaya teori pentahelix. Namanya ABCGM yaitu Akademisi, Business, Community, Government, dan Media. Ini kami lakukan dalam pemberantasan TBC," kata Kang Emil.

 

Selain itu, kata Kang Emil, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menggagas rumah sakit dengan fasilitas TB resistensi obat yang tersebar di 9 kabupaten/kota, Gamet (Gerakan Masyarakat Eliminasi Tuberkolosis), Kutiru (Klub TB Paru), dan pembentukan Desa Peduli TB di Kabupaten Bandung.

 

"Mudah-mudahan hari ini atas arahan Bapak Presiden, kita bertekad 10 tahun lagi, kita bisa melaporkan ke SDG's bahwa masalah Tuberkolosis di Indonesia itu bisa sesuai target jauh berkurang," katanya.

 

"Dan kita fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia menuju 2045 sebagai Tahun Emas Indonesia. Kita berharap 2045 anak cucu kita hidup di Indonesia yang sudah maju dan ekonominya ranking 4 atau 3," imbuhnya. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links