free hit counter code 8 Kali Jadi Anggota DPRD, Layak Raih Rekor MURI - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
8 Kali Jadi Anggota DPRD, Layak Raih Rekor MURI

Yod Mintaraga

8 Kali Jadi Anggota DPRD, Layak Raih Rekor MURI

 

JuaraNews, Bandung - Politisi Partai Golkar dari Jawa Barat, Drs. H. Yod Mintaraga, MPA, tercatat sebagai anggota legislatif terlama, yakni delapan periode. Ia menjadi anggota DPRD Kota Bandung selama empat periode: 1992-1997, 1997-1999, 1999-2004 dan 2004-2009. Lalu disambung dengan menjadi anggota DPRD Jabar masa bakti 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024.

 

Terakhir, Yod juga akan kembali menjadi anggota DPRD Jabar periode 2024-2029, setelah meraih suara terbanyak dari Partai Golkar untuk Dapil 15 (Kota dan Kab. Tasikmalaya) dengan raihan di atas 51 ribu suara.

 

Dengan demikian, jika ia menuntaskan masa baktinya tahun 2029 nanti, berarti Yod akan menghabiskan waktunya di Dewan selama 37 tahun! Kemenangan Yod di Dapil Tasikmalaya pada Pileg 2024 ini sebenarnya sudah jauh-jauh hari diprediksi banyak pihak.

 

Hal itu disebabkan penetrasinya yang baik di tengah masyarakat, dengan rajin merawat suara arus bawah lewat program-programnya yang bermanfaat luas. Kaukus Journalis untuk Demokrasi Jabar (KJD), misalnya, pada akhir tahun lalu sudah melansir hasil survei yang menyebut, Yod adalah favorit untuk kembali menjadi anggota Dewan, yang tak akan tergoyahkan pesaing lainnya dari internal partai.

 

Ketika ditanya media mengapa tak mencalonkan diri ke level legislatif tertinggi DPR RI, pituin warga Desa Cipondok, Kec. Sukaresik, Kab. Tasikmalaya ini menyebut, tawaran dari Golkar untuk maju jadi caleg DPR sudah beberapa kali disampaikan.

 

Namun pria yang digadang-gadang sebagai calon kuat Bupati Tasikmalaya ini memilih tetap di Jabar karena masih ingin mengawal beberapa program strategis khususnya di Priangan Timur, seperti pemekaran daerah otonomi baru Tasikmalaya, serta mendorong percepatan pembangunan infrastruktur Jalan Tol Gedebage-Tasik-Cilacap.

 

Rekor MURI Berdasarkan catatan media, "gelar" anggota Dewan terlama sempat disematkan kepada politisi senior Partai Golkar lainnya, Ceu Popong Otje Djundjunan. Ia menjabat sebagai anggota Dewan sejak tahun 1987 dan berakhir pada tahun 2019. Total ada 32 tahun waktu pengabdian sebagai anggota Dewan.

 

Ceu Popong pun sempat meraih rekor dari MURI (Museum Rekor Indonesia), karena masa jabatan yang panjang dan raihan penghargaan yang begitu banyak selama masa profesionalnya. Karena itu, tak heran jika beberapa pihak menyebut, Yod Mintaraga kini berhak menyandang predikat dari MURI atas perjalanan panjangnya di legislatif.

 

Terlebih ketua Depidar SOKSI Jawa Barat itu juga tak sedikit meraih prestasi dan penghargaan. Dalam salah satu kesempatan temu kader di Cafe Siloka, Tasikmalaya, Waketum DPP Partai Golkar Ridwan Kamil sempat mengatakan, "Mang Yod itu sudah 7 kali menjadi Dewan, harus masuk Rekor MURI. Bahkan sekarang mau 8 kali, sudah mesti masuk Rekor MURI," kata mantan Gubernur Jabar ini.

 

Ridwan Kamil meminta para politisi muda untuk belajar dan menimba pengalaman dari Yod Mintaraga. "Caleg nu ngora-ngora kudu diajar ka Mang Yod, bagaimana membentuk relawan dan mengorganisasikannya," tandas pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini. ***

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links