free hit counter code Tabrakan KA Turangga vs KA Comuter, 3 Orang Tewas - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tabrakan KA Turangga vs KA Comuter, 3 Orang Tewas
    (net) KA Turangga dan KA Comuter terlibat tarb

    Tabrakan KA Turangga vs KA Comuter, 3 Orang Tewas

    JuaraNews, Bandung - Dua kereta api (KA) terlibat tabrakan di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka di Babakan DKA Cicalengka, sekitar 400 meter dari Stasiun Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2023) sekitar pukul 06.03 WIB.

     

    Kedua KA yang mengalami kecelakaan tersebut, yakni KA Turangga jurusan Surabaya-Bandung dengan KA lokal Bandung Raya jurusan Padalarang-Cicalengka. Dilaporkan 3 orang meninggal dan sekitar 23 orang mengalami luka-luka dalam tabrakan 'adu banteng' tersebut. Ketiga korban tersebut, yakni pramugara dan masinis beserta asistennya. Namun jumlah korban kemungkinan masih bisa bertambah, karena petugas dari PT KAI, Polisi, dan Basarnas tengah masih melakukan evakuasi 2 awak KA yang terjepit dan terguling.

     

    Untuk para penumpang dari KA Turangga sebanyai 887 orang dan KA Comuter sebanyak 191 orang sudah direlakosi ke Stasiun Cicalengka untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan mereka. Sementara para korban, baik yang meninggal maupun luka-luka sudah dievakuasi ke RSUD Cicalengka. Sebanyak 6 korban sudah bisa meninggalkan RSUD.

     

    Berdasarkan video rekaman warga di lokasi kejadian, gerbong-gerbong dari kedua KA dalam posisi bergeser dari rel bahkan terbalik. Tampak, total 3 gerbong commuter yang anjlok dan 8 gerbong KA Turangga anjlok.

     

    Vice President (VP) Public Relations PT KAI, Joni Martinus membenarkan bahwa kereta yang mengalami kecelakaan adalah KA Turangga dengan nomor perjalanan P65A relasi Surabaya Gubeng - Stasiun Bandung, dan KA Commuter Line jurusan Stasiun Padalarang - Stasiun Cicalengka.

     

    "Kecelakaan kedua kereta ini terjadi di antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka, tepatnya di KM 181," ucap Joni.

     

    Terkait penyebab kecelakaan, pihaknya belum bisa memberi keterangan lebih lanjut karena pihaknya masih harus melakukan investigasi lebih mendalam. "Saat ini kami melakukan upaya untuk tetap mengoperasikan kereta dengan cara kereta yang seharusnya melewati jalur selatan diputar ke arah utara," papar Joni.

     

    Kecelakaan KA Turangga vs KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Gerbong Ringsek dan Keluar dari Rel "Tentu ada konsekuensinya, kereta yang dioperasikan memutar (jalur) ini tentu akan ada waktu tempuh tambahan," jelasnya.

     

    Joni menyatakan, kini pihaknya pun telah berupaya mengevakuasi semua penumpang kedua kereta tersebut. "Kami telah menurunkan alat-alat berat ke lokasi sehingga jalur yang saat ini terhalang bisa segera dilalui kereta api (lain)," jelasnya.

     

    Akibat kecelakaan tersebut, perjalanan kereta dari dan menuju Bandung terganggu, yakni KA Argowilis, KA Pasundan, dan KA Turangga. PT KAI pun melakukan rekayasa dengan mengalihkan perjalanan KA ke jalur utara.

     

    "Jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

     

    KAI belum merilis jumlah korban hingga saat ini. Agus mengatakan upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur - Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.


    Agus menegaskan KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya.

     

    Kereta Turangga tabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. Masinis kereta dalam kondisi terjepit. "Kemungkinan masinisnya dalam kondisi terjepit," kata Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo saat dihubungi, Jumat (5/1/2023).

     

    Petugas masih berusaha mengevakusi di lokasi. Pemadama listrik kereta dilakukan untuk mengevakuasi dua kereta tersebut. "Ini masih proses pemotongan listrik, mematikan listrik," ujarnya. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Figur dan Kriteria Steve Ewon Dimata Partai Golkar
    Bandung Siap Jadi Kota Layak Anak di 2024
    Warga Sambut Antusias Operasi Pasar Murah Beras
    Menteri ATR AHY Tetapkan Program 100 Hari Pertama
    Pentingnya Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi