free hit counter code Atasi Sampah, Pemkot Kembali Buat TPS Sementara - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Atasi Sampah, Pemkot Kembali Buat TPS Sementara

    Atasi Sampah, Pemkot Kembali Buat TPS Sementara

    • Kamis, 7 September 2023 | 11:10:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengaku masih kesulitan untuk membuang sampah di wilayahnya. 

     

    Dikatanya, Kota Bandung masih darurat sampah seiring belum dibuka lahan TPA Sarimukti secara full pasca terbakar beberapa waktu lalu. Bahkan Api hingga saat belum padam.

     

    "Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter," ungkap Ema.

     

    "Dampaknya, ritasi bukan bertambah, tetapi kita semakin dibatasi. Biasanya 241 ritasi, sekarang hanya 89 ritasi. Kalau itu terjadi setiap hari artinya tetap sampah 600-700 ton yang tertahan, itu kalau sehari," imbuhnya.

     

    Untuk mengatasinya terjadi penumpukan sampah, Pemkot Bandung  akan memanfaatkan lahan seluas 25 hektar di Gedebage sebagai TPS Sementara.

     

    Lokasi tersebut merupakan lahan yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage.

     

    "Kita ada lahan di sini 25 hektar milik Pemkot. Ini akan jadi lokasi tempat penampungan sementara," kata Ema, Rabu (6/9/2023).

     

    Ia menerangkan, skema di tempat yang akan dijadikan TPS sementara, tidak dikubur seperti di Tegalega, namun dibuang seperti biasa. 

     

    "Lahan yang digunakan ini 2 hektar. Rencana 1 sampai 2 hari pengerjaan lahan ini akan selesai, jadi setelah itu sampah bisa dibuang ke sini," ujarnya. 

     

    Sebelumnya, Pemkot Bandung pun telah membuat TPS Sementara di Tegalega dan Pasir Biru.

     

    Di luar itu, Ema meminta para camat untuk mengedukasi masyarakat untuk memilah dan memilih sampah, juga melibatkan pemlung untuk memilih sampah anorganik. 

     

    Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 DLH Kota Bandung, Salman Faruq mengatakan sekeliling kawasan yang akan dijadikan TPS Sementara, akan dipasang pagar menggunakan bahan seng. 

     

    "Di sini tidak ada pohon yang ditebang, sekeliling ini akan ditutup. Kita mau mengukur luas yang akan di gunakan ini. Luasnya sekitar 2 hektar," ungkapnya. 

     

    Rencananya, kegiatan pembuangan sampah akan dilakukan akhir pekan ini. Setelah pemasangan pagar rampung. 

     

    "Kita operasikan setelah siap, 1 atau hari siap. Hari berikutnya Sabtu mulai bisa dibuang ke sini. Ini luasnya 2 hektar, kerena bukan untuk pembuangan sampah saja, tapi kebutuhan manuver kendaraan," bebernya.(*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Forsiladi Jabar Ingin Berkiprah Bagi Masyarakat
    Dinkes Masifkan Sosialisasi Cegah DBD di Sekolah
    Pendaftaran PPK Resmi di Buka KPU Kota Bandung
    Eliya Susilowati Prof Pertama Poltekesos Bandung
    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi