free hit counter code Sampah Menggunung,DPRD Minta TPA Sarimukti Ditutup - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Sampah Menggunung,DPRD Minta TPA Sarimukti Ditutup
    Net TPA Sarimukti

    Sampah Menggunung,DPRD Minta TPA Sarimukti Ditutup

    • Selasa, 8 Agustus 2023 | 17:56:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - DPRD Jawa Barat meminta agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera ditutup secara permanen.

     

    Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady mengatakan penutupan dilakukan karena TPA tersebut sudah over kapasitas untuk menampung sampah di wilayah Bandung Raya, meliputi, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

     

    "TPA Sarimukti secepatnya kalau bisa hari ini tutup ya tutup karena sudah menumpuk gila mengerikan," kata Daddy, di Bandung, Selasa (8/8/2023).

     

    Daddy mengatakan jika tidak ditutup TPA tersebut dapat menimbulkan efek bahaya bagi lingkungan. Terlebih saat ini Air Lindi dari sampah sudah mencemari sungai yang berada di sekitar TPA.

     

    "Kasian TPA Sarimukti air lindinya sudah masuk ke Citarum. Kata Penggiat lingkungan, ikan lele dan mujair mati gak sampe 10 menit, padahal 2 jenis ikan itu relatif tahan mati lebih dari 10 menit," tandasnya.

     

    Sebagai solusinya, lanjut, kata Daddy DPRD Jabar terus mendesak pengoperasian Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka, Nagreg, Kabupaten Bandung, sebagai tempat pembuangan sampah di Wilayah Bandung Raya menggantikan TPA Sarimukti.



    "Kami DPRD Jabar berharap betul 2023 Legok Nangka beroperasi, kalau beroperasi 100 kita juga gak mungkin, tapi paling gak bisa 50 persen dulu. Minimal beroperasi dulu saja," tandas Daddy.

     

    Sebagaimana diketahaui, Pemprov Jawa Barat sudah mengantongi nama perusahaan yang akan mengoperasikan Tempat Pembuangan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka di Nagreg, Kabupaten Bandung.

     

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan perusahaan asal jepang yang akan mengoperasikan TPPAS Legok Nangka, setelah perusahaan tersebut memenangkan lelang yang dilakukan pemprov Jabar.

     

    Emil sapaan akrabnya, menyebut pemprov Jabar pun segera mungkin mengumumkan perusahaan tersebut. Sehingga nantinya TPPAS yang akan menampung sampah dari wilayah Bandung Raya tersebut segera dapat beroperasi.

     

    "Legok Nangka In Syaa Allah dalam waktu dekat akan diumumkan secara resmi. Pemenangnya adalah konsorsium dari Jepang, karena dua finalisnya juga dari Jepang," kata, emil di Bandung, Senin (7/8/2023). (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Dinas Sosial Jabar Salurkan Bantuan ke Cibedug
    Sampah Menggunung,DPRD Minta TPA Sarimukti Ditutup
    100 Tahun Observatorium Bosscha Jadi Tempat Penelitian Astronomi di Bandung
    Dede Yusuf Beri Bantuan Dana Aspirasi Center of Excellence ke SMK Bandung Barat
    11 Kecamatan di Bandung Barat Masuk Daerah Rawan Bencana Hidrometeorologi

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi