free hit counter code 15 KK Dapat Bimbingan Layanan Sosial Dinsos Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
15 KK Dapat Bimbingan Layanan Sosial Dinsos Jabar

15 KK Dapat Bimbingan Layanan Sosial Dinsos Jabar

JuaraNews Bandung,- Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Barat melalui Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya sukses melakukan bimbingan layanan sosial baik fisik, mental, spiritual pada warga binaan angkatan pertama.

 

Kepala Dinsos Jabar Dodo Suhendar mengatakan warga binan ini merupakan masyarakat yang masuk dalam kategori gelandang pengemis dan termarjinalkan yang didaftarkan oleh masing-masing dinsos Kabupaten/Kotauntuk mendapatkan pembinaan. 

 

Menurut Dodo mereka dibina selama 5 bulan di lingkungan balai untuk mendapat keterampilan dan keahlian di bidangnya."Mereka ini angkatan pertama ada 13 Kepala Keluarga dengan 47 Jiwa yang kemudian dibina selama 5 bulan  dengan berbagai keterampilan yang mereka miliki," kata Dodo, usai menutup Kegiatan Pemberian Layanan Sosial Baik Fisik, Mental, Spiritual di lingkungan Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (22/6/2023).

 

Selama 5 bulan katanya, Selain diberikan pelatihan keterampilan, warga binaan ini juga mendapatkan fasilitas seperti makan, tempat tidur secara gratis. Dodo pun berharap kedepan mereka dapat memiliki kepercayaan diri, baik dalam berkomunikasi dan interaksi sosial dilingkungan masyarakat.

 

"Yang terpenting bagaimana mereka hidup punya pegangan keterampilan bagaimana mereka ketika pulang memiliki keterampilan kayak menjahit, mencukur, dll," tandasnya.

 

Dodo mengungkapkan Dinsos membantu para warga yang sudah mendapatkan pembinaan dengan berbagai fasilitas,Seperti kontrakan rumah selama 5 bulan, kemudian untuk kehidupan selam 3 bulan dikasih sembako.

 

"Barangkali nanti kita akan coba dengan filantropi dan CSR supaya ini ditindaklanjuti terutama dukunganya. targetnya usaha mandiri. kalau kerja mereka mungkin akan kalah sama yang lain," tandasnya. 

 

Seementara itu, Kepala UPTD Pusyansos Griya Bina Karya Teguh Khasbudi menyampaikan bahwa bimbingan sosial, fisik, mental dan keterampilan yang diberikan kepada 13 KK atau 47 Jiwa yang dilaksanakan oleh UPTD Pusyansos Griya Bina Karya bertujuan menjadikan warga binaan sosial yang maju, modern dan mandiri. 

 

Proses pelayanan kesejahteraan sosial yang dimulai dari proses penerimaan awal hingga terminasi dilaksanakan dengan kolaborasi salah satunya dengan pembentukan Forum Kerjasama Tripartit Plus Griya Bina Karya. 

 

Pelaksanaan istbat pernikahan, khitanan hingga penerbitan identitas kependudukan bagi warga binaan sosial dilaksanakan melalui kolaborasi yang menjadi implementasi dari arahan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat. 

 

Selain dengan stakeholder dalam negeri, katanya, kolaborasi juga dilaksanakan dengan pihak luar negeri untuk budidaya pertanian asparagus. 

 

"Budidaya domba, budidaya ayam, budidaya ikan nila dan budidaya maggot juga dilaksanakan melalui hasil kolaborasi untuk pemenuhan kebutuhan untuk warga binaan sosial," tandasnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


KK yang Dekat Sekolah Dicek Petugas ke Lapangan
Janji Sekda Herman, Tahun Ini Akselerasi Penurunan
Sekda Herman: Pemprov Jabar Belum Jadi Provinsi Te
Yod Mintaraga: Jawa Barat Butuh Formula Baru dalam
Bey Bakal Sanksi ASN Jika Terlibat Judi Online

Editorial



    sponsored links