free hit counter code Polri Siap Beri Pelayanan Maksimal saat Mudik 2023 yang mencapai 123 Juta Orang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Polri Siap Beri Pelayanan Maksimal saat Mudik 2023 yang mencapai 123 Juta Orang

Polri Siap Beri Pelayanan Maksimal saat Mudik 2023 yang mencapai 123 Juta Orang

JuaraNews Bandung - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi angka pemudik 2023 mencapai 123 juta orang. 

 

Polri siap melakukan rekayasa lalu lintas yang maksimal agar nantinya tidak terjadi kepadatan lalu lintas. Sebab. jumlah pemudik diprediksi meningkat dari sebelumnya.

 

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, jumlah pemudik pada 2023 jauh lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Pada 2022, jumlah pemudiknya sekitar 85 juta.

 

"Tahun ini kurang lebih 123 juta yang akan mudik, tentu kita bisa membayangkan bagaimana kalau rekayasa lalu lintas yang kita siapkan ke depan tidak kita laksanakan secara maksimal," kata Listyo usai Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korlantas Polri di Ballroom Transluxury Hotel Bandung, Selasa (14/3/2023).

 

Listyo mengungkapkan, Polri pada awalnya memprediksi mudik Lebaran 2022 akan terjadi kemacetan yang luar biasa. Namun fakta di lapangan berbicara lain. Pihaknya bersyukur bisa mengatasi puluhan juta pemudik pada tahun lalu, sehingga tidak terjadi hal demikian.

 

Oleh karenanya menghadapi mudik tahun ini, koordinasi dengan stakeholders terkait dilakukan lebih awal. Lebih jauh lagi, dilakukan pengecekan dan survei lapangan terkait jalur yang akan digunakan oleh para pemudik.

 

Setelah itu, lanjut Listyo, kembali dilakukan rapat koordinasi terkait dengan rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan sebelumnya.

 

"Intinya, baik pemudik yang menggunakan jalur tol, maupun jalur arteri, semuanya harus merasakan pelayanan yang maksimal khususnya dari jajaran kepolisian. Tentunya kita anjurkan untuk pilihan moda transportasi yang lain yang tentunya juga nyaman buat masyarakat seperti kereta api, dan sebagainya," ucapnya.

 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut 123 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. Jumlah tersebut sesuai dengan riset yang dilakukan Kemenhub menjelang arus mudik tahun ini.

 

Setiap tahun, kata Budi, Kemenhub melakukan riset untuk mengetahui jumlah pemudik yang bakal melakukan perjalanan mudik. Budi menyebut, hasil riset tersebut menunjukan kenaikan signifikan jumlah pemudik dibanding tahun lalu.

 

"Riset yang kita lakukan jumlah sekarang ini naik signifikan dari 85 juta naik menjadi 123 juta (pemudik)" ujar Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Merak, Sabtu, 11 Maret 2023. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


KK yang Dekat Sekolah Dicek Petugas ke Lapangan
Janji Sekda Herman, Tahun Ini Akselerasi Penurunan
Sekda Herman: Pemprov Jabar Belum Jadi Provinsi Te
Yod Mintaraga: Jawa Barat Butuh Formula Baru dalam
Bey Bakal Sanksi ASN Jika Terlibat Judi Online

Editorial



    sponsored links