free hit counter code Industri Esport Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Kreatif - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Industri Esport Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Industri Esport Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

  • Rabu, 22 Februari 2023 | 10:46:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung -Elektronik Sport (E-Sport) saat ini ramai dimainkan generasi muda, tak terkecuali kaum milenial di Jawa Barat.

 

Anggota DPRD Jawa Barat Yunandar Eka Perwira mengatakan Generasi Z dan generasi milenial yang jumlahnya lebih dari 50 persen penduduk Jawa Barat telah menjadi penggemar dan pengguna e-sport sehari-hari.

 

Menurutnya, potensi perekonomian dari industri kreatif ini sangat besar di Jawa Barat. Industri kreatif pertumbuhannya mencapai 7 persen saat sebelum pandemi dan nilai ekonominya mencapai 21 persen dari seluruh ekonomi Jawa Barat. 

 

"Melalui e-sport inilah kita bisa mengembangan perekonomian bahkan menjadikan satu profesi yang sangat penting karena melibatkan perekonomian yang besar," kata Yunandar disela jaring aspirasi para pegiat e-sport di Kawasan Melong Kota Cimahi belum lama ini.

 

Yunandar menjelaskan pertandingan-pertandingan e-sport tingkat dunia memberikan hadiah hingga jutaan dolar. E-sport, lanjut Kang Yun sapaan akrabnya, merupakan satu industri besar yang tidak hanya berkaitan dengan gamess saja tetapi juga industri kreatif yang lain seperti fashion, animasi dan lainnya. 

 

"Ada 17 sub sektor industri kreatif dan salah satu yang sangat berkembang di Cimahi adalah animasi, ada juga games yang bisa berkembang menjadi kekuatan ekonomi besar Jawa Barat dan Kota Cimahi", tambahnya.

 

Yunandar menekankan, Provinsi Jawa Barat adalah pengekspor indiustri kreatif terbesar di Indonesia dan Kota Cimahi merupakan salah satu kota yang mempunyai industri kreatif cukup bagus di Jawa Barat. 

 

Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Cimahi yang merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Barat, Yunandar optimis Industri digital di Kota Cimahi akan menjadi kekuatan industri kreatif Jawa Barat khususnya e-sport.

 

Cimahi tidak punya sumber daya alam, tetapi manusianya merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Barat dan itu modal kita", ungkap Yunandar. 

 

Yunandar berharap industri kreatif khususnya esport bisa terus berkembang dan Cimahi bisa dikenal menjadi salah satu pusat e-sport di Indonesia. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi

Editorial



    sponsored links