blog counter
PT POS

Hot News


JN-TAM

Opini


    Ary Ginanjar : Jabar Berkontribusi bagi Kemajuan

    • Selasa, 10 Januari 2023 | 19:08:00 WIB
    • 0 Komentar


    Ary Ginanjar : Jabar Berkontribusi bagi Kemajuan

     

    OLEH IMAM WAHYUDI  *)

     

    SEMANGAT "kasundaan" Jawa Barat sejatinya dapat memberikan kontribusi terdepan bagi kemajuan bangsa dan negara mendatang.

     

    Demikian Dr. Ary Ginanjar Agustian (ESQ) dalam Dialog Kebangsaan yang diinisiasi HD Sutrisno Institute arahan Agung Suryamal di Bandung, Selasa petang, 10 Januari 2023.

     

    Dikatakan, warga Jabar dengan 33 juta pemilih dari sekira 50 juta jiwa penduduk hendaknya menjadi kekuatan bagi perubahan itu. "Jumlah terbesar di tanah Sunda. Bukan cuma sebatas kepentingan pemilu," tegasnya.

     

    Bagaimana caranya? Motivator nasional itu mendorong untuk menggelar berbagai "event" yang mengacu terbangunnya karakter bangsa. Semangat 'kasundaan' Jawa Barat telah menginspirasi semangat bangsa dan negara. "Makna terkandung lewat lagu 'Manuk Dadali' sarat pesan nasionalisme," ungkap Ary Ginanjar.

     

    Dipandu moderator Prof. Dr. Cecep Darmawan, MH, MSi bertajuk "Memperkuat Integrasi & Karakter Bangsa dalam Rangka Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan" dihadiri sejumlah tokoh Jabar. Antara lain HD Sutisno, Burhanudin Abdullah (mantan Gubernur Bank Indonesia), Nanan Soekarna (Wakapolri), Nu'man Abdul Hakim (mantan Wagub Jabar), Eka Santosa (mantan Ketua DPRD Jabar), Perry Tristianto (pengusaha), Dindin S Maolani (mantan aktivis advokat), Noery Panji (Ketum AMS), Prof. Dr. Obsatar Sinaga (Rektor Uninus), dan Amien Soeparmin (mantan anggota DPR-RI dan Waka DPRD Jabar).

     

    Ary Ginanjar juga menyinggung masalah "keterbelahan" dan moral. Politik telah memecah belah. Pun Ikhwal eksistensi diri dan berlomba jabatan. "Banyak yang ingin eksis dengan jabatan yang akhirnya memecah," kata Ary lagi.

     

    Sang motivator ternama ini mengajak warga Jawa Barat senantiasa menggelorakan semangat "Manuk Dadali" (burung Garuda -Red). Lagu ciptaan Sambas Mangundikarta ini menunjukkan sikap nasionalisme yang dimiliki warga Jawa Barat. Wujud kebanggaan bangsa terhadap negaranya. Persatuan bangsa dalam kemajemukan dan semangat Bhineka Tunggal Ika. "Bangsa ini memiliki kemauan menjadi negara besar dan sejahtera bangsanya," kata Ary mengakhiri.*

     

    *) Imam Wayudi, wartawan senior. Tinggal di Bandung

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Cegah Penculikan Anak, Wali Kota Bandung Imbau Orang Tua Tingkatkan Kewaspadaan
    Cegah Parkir Liar di Trotoar, Pemkot Bandung Bakal Lakukan Ini!
    Dukung Pertumbuhan Ekonomi,Komunitas Tajir Gelar Takjub Akbar di Bandung
    Kenaikan Tarif Parkir Luar Badan Jalan di Kota Bandung Ditunda
    Pengurus Cabang Woodball Kota Bandung 2022-2026 Resmi Dilantik
    Berita Terdahulu

    Info Kota


    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads