blog counter

Hot News


Opini


    Tebing 40 Meter Longsor Tutup Total Jalur Tasikmalaya-Pangandaran

    • Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:45:00 WIB
    • 0 Komentar


    Tebing 40 Meter Longsor Tutup Total Jalur Tasikmalaya-Pangandaran
    Satu unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalur Tasikmalaya-Pangandaran. (Foto: iNews)

    TASIKMALAYA,JuaraiNews - Bencana tanah longsor menutup total jalur Tasikmalaya-Pangandaran tepatnya di Kampung Cihieum, Desa Mandalahayu, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/8/2022). Untuk membuka jalur tersebut dari material longsor, satu unit alat berat dikerahkan.

    Ketebalan material tanah longsor yang menutup jalan sekitar 3 meter dengan panjang sekitar 50 meter itu cukup menyulitkan petugas untuk segera membuka akses. Apalagi tebing yang berada di kanan jalan masih rawan longsor. Meskipun demikian, setelah berupaya sejak sore hingga malam, kini jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan.

    Peristiwa yang mengakibatkan longsornya tebing berketinggian 40 meter itu diduga akibat tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Tasikmalaya. Longsoran yang menutupi jalur Tasikmalaya – Pangandaran itu mengakibatkan semua kendaraan baik roda dua atau roda empat dan warga yang akan melintas terpaksa harus menunggu sejak pagi hingga malam ini. Sebagian ada yang memilih mencari jalan alternatif meski jaraknya lebih jauh.

    Poses evakuasi material longsoran masih terus dilakukan dengan menggunakan satu unit alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya yang diturunkan oleh Pemkab Tasikmalaya.

    Evakuasi material dibantu oleh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, TNI, dan Polri.

    Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin mengatakan, longsor ini terjadi di jalur utama yang merupakan akses menghubungkan wilayah Tasikmalaya ke selatan, termasuk Pangandaran.

    "Sehari sebelumnya di lokasi yang sama juga terjadi longsor dan sudah dibersihkan. Namun kembali terjadi longsor susulan yang lebih besar," kata Wabup Tasikmalaya.

    Cecep Nurul Yakin menyatakan, selain di Kecamatan Salopa, bencana tanah longsor juga terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Seperti di Ciwarak, merusak sejumlah rumah milik warga dan ada juga korban luka.

    "Bencana alam juga terjadi Kecamatan Cibalong dan Parungponteng. Tidak menutup kemungkinan juga terjadi di wilayah kecamatan lainnya," ujar Cecep Nurul Yakin. Proses evakuasi ini, tutur Wabup Tasikmalaya diharapkan bisa cepat selesai. "Kami mengimbau warga yang akan melintas tetap berhati hari karena dikawatirkan terkadinya longsor susulan," tutur Wabup Tasikmalaya.

    Aep

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Komisi IV DPRD Jabar Dorong Penyelesaian Tol Cisumdawu Arah ke BIJB
    Wagub Jabar Bantu Perbaikan Rumah Undang Yang Dirobohkan Rentir
    Belum Selesai Dibangun, Tarif Jalan Tol Cisumdawu Sudah Mau Naik Lagi
    Edukasi Penanggulangan Stunting Harus Massif dan Bersama-sama
    Cegah Terjadi Maladministrasi, Ombudsman Jabar Minta Penarikan Uang Sumbangan Siswa Dihentikan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads