free hit counter code Tampilkan Nilai-nilai Pancasila, Sinetron Si Kabayan Millennial Dapat Apresiasi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Tampilkan Nilai-nilai Pancasila, Sinetron Si Kabayan Millennial Dapat Apresiasi

Tampilkan Nilai-nilai Pancasila, Sinetron Si Kabayan Millennial Dapat Apresiasi

 

JuaraNews, Bandung - Diskominfo Jabar memberikan apresiasi kepada prosedur, sutradara dan para pemain sinetron si kabayan milenial produksi PT Aria Production.

 

Penghargaan diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila itu langsung oleh Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (1/5/2022).

 

Ika Mardiah mengatakan penghargaan diberikan lantaran isi sinetron si menyampaikan nilai-nilai budaya, agama yang dianut oleh masyarakat suku Sunda, dan tentunya nilai-nilai Pancasila.

 

"Jadi ini sinetron si kabayan milenial menunjukkan bagaimana kita berbudaya bermasyarakat yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila," ucapnya.

 

Ika mengatakan kabayan milenial mengangkat budaya Jabar karakter orang sunda yang diwakili oleh kabayan dengan kecerdasan, kekinian akan tetapii tetap dengan nilai-nilai agama dan budaya.

 

"Jadi film Kabayan petani milenial ini merupakan bentuk implementasi Pancasila. Dan itu nanti akan dicerminkan dalam film Kabayan ini," katanya.

 

Sementara itu, Ketua produksi Sinetron si Kabayan Milenial, Pamriadi mengatakan revitalisasi cerita Kabayan yang dilakukan oleh diskominfo merupakan suatu upaya yang patut mendapatkan apresiasi dari kita semua.

 

Sebab, Jabar kaya akan produk budaya yang beragam seperti halnya cerita rakyat yang dibungkus dengan perkembangan zaman. Semisal, salah satunya lagu-lagu dalam sinetron si kabayan dengan mengikuti perkembangan.

 

"Salah satunya di dalam sikabayan benang merahnya tidak boleh putus. Lagu-lagu sudah kekinian itu saya rasa tidak ada masalah mau versi hip-hop dan sebagainya.Tetapi kita juga harus ingat nilai-nilai yang yang terkandung dalam lagu pilu tentang kabayan juga harus dipelajari lagi. Oh ini nih identitas Kabayan seperti in," katanya.

 

Akan tetapi, katanya, yang paling penting adalah bagaimana nilai-nilai budaya aplikati mengikuti perkembangan zaman sehingga bisa diterima oleh generasi berikutnya. (*)

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links