free hit counter code BMKG Perkirakan Musim Hujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Babak II, Korsel SImbangi Indonesia 2-2
    Babak II, Korsel SImbangi Indonesia 2-2
    • 26 April 2024 | 02:46:00 WIB

    TIMNAS Indonesia dan Korea Selatan berbagi skor 2-2 di waktu normal 90 pada pada Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Jumat (25/4/2024) dini hari WIB.

Opini


    BMKG Perkirakan Musim Hujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober
    Ilustrasi

    BMKG Perkirakan Musim Hujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober

    • Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:36:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memperkirakan musim hujan di wilayah Bandung Raya akan dimulai pada pertengahan Oktober 2021.


    Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan lebih awal satu hingga dua dasarian dibanding tahun 2020.


    Menurutnya, musim pancaroba sudah terjadi di Bandung Raya sejak pertengahan September 2021. "Pada dasarian II Oktober, potensi jumlah hari hujan adalah 7 hari, dengan peluang hujan adalah 80-85 persen," katanya, Selasa (12/10/2021).


    Menurutnya, musim di wilayah Bandung Raya itu diprediksi bersifat Atas Normal (AN). Potensi peningkatan curah hujan yang bakal terjadi diprediksi mencapai 15-60 persen.


    Kondisi itu, menurutnya, dapat meningkatkan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di wilayah-wilayah yang memiliki topografi yang mendukung untuk terjadinya bencana


    "Potensi kejadian bencana yang mungkin terjadi adalah banjir, banjir bandang, tanah longsor, hujan es, angin kencang, hingga angin puting beliung," ucapnya.


    Adapun dalam dua hari ke depan atau pada 12-13 Oktober 202, cuaca di Bandung Raya pada umumnya berawan dengan potensi hujan ringan dari siang hingga sore hari.


    Berdasarkan prakiraan cuaca itu, tidak ada potensi banjir bandang dengan status waspada untuk wilayah Jawa Barat," kata Kepala BMKGStasiun Geofisika Bandung


    Untuk itu, Teguh mengimbau kepada masyarakat, baik yang tinggal di perbukitan, di sekitar daerah aliran sungai, bahkan di perkotaan, untuk mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi.


    "Memasuki musim hujan tahun ini diharapkan dapat melakukan manajemen air dengan baik, seperti dengan menambah luas tanam, melakukan panen air hujan, dan mengisi waduk/danau dan badan air lainnya yang berguna untuk periode musim kemarau tahun depan," katanya.(*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pendaftaran PPK Resmi di Buka KPU Kota Bandung
    Eliya Susilowati Prof Pertama Poltekesos Bandung
    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman
    Braga Bakal Bebas Kendaraan Tiap Akhir Pekan
    Visi dan Misi Bacalon Bupati KBB di DPC Demokrat

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi