blog counter
PT POS

BMKG Perkirakan Musim Hujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober

  • Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:36:00 WIB
  • 0 Komentar


BMKG Perkirakan Musim Hujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober

 

JuaraNews, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memperkirakan musim hujan di wilayah Bandung Raya akan dimulai pada pertengahan Oktober 2021.


Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan lebih awal satu hingga dua dasarian dibanding tahun 2020.


Menurutnya, musim pancaroba sudah terjadi di Bandung Raya sejak pertengahan September 2021. "Pada dasarian II Oktober, potensi jumlah hari hujan adalah 7 hari, dengan peluang hujan adalah 80-85 persen," katanya, Selasa (12/10/2021).


Menurutnya, musim di wilayah Bandung Raya itu diprediksi bersifat Atas Normal (AN). Potensi peningkatan curah hujan yang bakal terjadi diprediksi mencapai 15-60 persen.


Kondisi itu, menurutnya, dapat meningkatkan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di wilayah-wilayah yang memiliki topografi yang mendukung untuk terjadinya bencana


"Potensi kejadian bencana yang mungkin terjadi adalah banjir, banjir bandang, tanah longsor, hujan es, angin kencang, hingga angin puting beliung," ucapnya.


Adapun dalam dua hari ke depan atau pada 12-13 Oktober 202, cuaca di Bandung Raya pada umumnya berawan dengan potensi hujan ringan dari siang hingga sore hari.


Berdasarkan prakiraan cuaca itu, tidak ada potensi banjir bandang dengan status waspada untuk wilayah Jawa Barat," kata Kepala BMKGStasiun Geofisika Bandung


Untuk itu, Teguh mengimbau kepada masyarakat, baik yang tinggal di perbukitan, di sekitar daerah aliran sungai, bahkan di perkotaan, untuk mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi.


"Memasuki musim hujan tahun ini diharapkan dapat melakukan manajemen air dengan baik, seperti dengan menambah luas tanam, melakukan panen air hujan, dan mengisi waduk/danau dan badan air lainnya yang berguna untuk periode musim kemarau tahun depan," katanya.(*)

bas

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Hadirkan Tata Kelola Terintegrasi, Pemkot Bandung Raih Penghargaan Smart Governance
KPPU Terima 400 Laporan Kasus Persekongkolan Tender
Tak Hanya Korban, Semua Pihak Harus Berani Laporkan Kasus Perundungan
Sebulan Lebih Tak Kunjung Datang, BBWS Dinanti Warga Istana Regency
Pemkot Bandung Buka Lowongan untuk 1.261 Formasi PPPK
Berita Terdahulu

Info Kota


Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Ads