Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Antisipasi Krisis Air Tanah, PPSDM Geominerba Berikan Diklat Untuk Para ASN KESDM



    Antisipasi Krisis Air Tanah, PPSDM Geominerba Berikan Diklat Untuk Para ASN KESDM
    PPSDM Geominerba memberikan pelatihan mengenai pengawasan air tanah. (istemewa)

    JuaraNews, Bandung - Bagi sebagian besar orang, tanah adalah sumber air bersih. Untuk itu, perlu pemahaman mengenai air tanah baik dari segi karakteristik, serta proses pembentukannya.


    Sayangnya, kondisi air tanah di Indonesia saat ini sudah mengkhawatirkan, terutama di kota-kota besar. Hal tersebut memerlukan upaya yang serius baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat.


    Sebagai instansi pemerintah yang bertugas mengembangkan sumber daya manusia di sektor geologi, mineral, dan batubara, PPSDM Geominerba merasa perlu memberikan pelatihan mengenai pengawasan air tanah.


    Pemanfaatan air tanah yang tidak terkendali akan menimbulkan dampak negatif secara kualitas maupun kuantitas, baik terhadap air tanah itu sendiri maupun terhadap lingkungannya.


    Lantaran itu, pengawasan terhadap pemanfaatan air tanah memiliki peran yang semakin penting. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan dalam upaya mengawasi pengelolaan air tanah di Indonesia. Pengawasan ini dilakukan agar sumber daya air tanah di Indonesia dikelola dengan baik dan berkelanjutan.


    Pelatihan ini dilakukan agar para pengelola air tanah mengetahui dan melaksanakan pengawasan sesuai kaidah yang berlaku, baik dari sisi regulasi maupun aspek teknis air tanah. Sebanyak 28 aparatur sipil negara dari Kementerian ESDM dibekali ilmu terkait pengawasan air tanah secara online.


    Materi yang akan diberikan selama lima hari (8-12 Maret 2021) yaitu: Dasar-dasar Air Tanah, Peraturan tentang Air Tanah, Pemboran Air Tanah, Pemetaan dan Eksplorasi Air Tanah.


    Selain itu juga materi yang diberikan seperti Potensi dan Neraca Air Tanah, Hidrogeologi Pertambangan, Konservasi Air Tanah, dan Pendayagunaan dan Pemanfaatan Air Tanah.


    Harapannya, setelah mengkuti diklat ini peserta diharapkan mampu mengawasi pelaksanaan teknis dan administrasi pengelolaan air tanah yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sambil Ngabuburit, Ketum AHY Silaturahmi dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu
    Silaturahmi Kebangsaan AHY dan Ahmad Syaikhu, Bahas Penanganan Pandemi Covid-19
    Sekolah Murid Merdeka Buka Layanan Sekolah PAUD Gratis
    Pelaku UMKM dan Koperasi Jadi Bidikan BPJS Kesehatan untuk Program JKN-KIS
    KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, DPR RI: Perlu Peremajaan Alutsista Indonesia
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads