Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Terdampak Pandemi, Sektor Perikanan Kini Mulai Pulih



    Terdampak Pandemi, Sektor Perikanan Kini Mulai Pulih
    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar, Hermansyah (Abdul Basir)

     

    JuaraNews, Bandung - Perikanan dan Keluarga salah satu sektor yang saat ini terdampak Pandemi Covid-19.


    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadiskanlut) Jabar, Hermansyah mengatakan dampak tersebut terjadi pada awal pandemi akibat adanya stigma masyarakat terhadap adanya kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) yang membuat masyarakat tidak saling berinteraksi.


    Menurutnya, yang paling terdampak pandemi yakni di wilayah pesisir karena tangkapan maupun produksi untuk memenuhi pasar regional maupun nasional menjadi terhambat.


    "Diawal pandemi sektor perikanan terdampak Covid-19 tapi sekarang sudah mulai pulih," kataya di Bandung, Rabu (3/2/2021)


    "Mudah-mudahan masyarakat segera merasakan bahwa apa yang diupayakan berdampak positif, tetapi tangkap mereka bisa merasakan sekarang," tambahnya.


    Menurutnya saat ini yang menjadi hambatan yakni keadaan cuaca karena musim barat gelombang tinggi dan angin kencang. Akibatnya berdampak kepada frekuensi nelayan untuk melaut berkurang, kecuali untuk kapal besar.


    Selain ancaman cuaca, lanjut Hermansyah, ancaman untuk budidaya ikan yaitu bencana banjir sehingga, para pelaku budidaya mengurangi frekuensi untuk tanam. Sedangkan di sektor umum seperti di waduk dalam kondisi cuaca buruk potensial arus balik (upwelling) karena perbedaan suhu antara permukaan dengan dasar, sehingga membalik dan membawa racun dan terjadi kematian massal.


    "Baru saja terjadi di Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat, sebelumnya di Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta," imbuhnya.


    Tak hanya itu, bencana banjir juga mengancam sektor tambak, terlebih untuk ikan bandeng. Kemudian untuk sektor udang dalam kondisi intensitas hujan yang tinggi dapat menyebabkan terganggunya salinitas yang berakibat kadar garam menurun.


    "Otomatis pertumbuhan udang jadi terganggu bagi petani tradisional. Kalau untuk yang modern tidak berpengaruh karena dapat diatur sendiri," tutupnya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Covid-19 Varian Delta Sudah Masuk Jabar
    Gubernur Ridwan Kamil Minta 27 Kepala Daerah Gerak Cepat Tingkatkan Ketersedian Tempat Tidur
    Persiapan Gowes Kebangsaan Monas-Rinjani, 2 Kader SOKSI Jabar Jajal Jakarta-Cirebon
    Hadiahi Lansia Ayam Usai Divaksin, Ridwan Kamil Apresiasi Aparat Kreatif
    Kasus Covid-19 Melonjak,  Pemprov Jabar Siapkan 2.400 Tempat Tidur
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads