free hit counter code Ikut Berkontribusi Tangani Corona, P2ET LIPI Luncurkan Alat Pengawasan Suspect Covid-19 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Ikut Berkontribusi Tangani Corona, P2ET LIPI Luncurkan Alat Pengawasan Suspect Covid-19
JuaraNews/Istimewa Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic

Ikut Berkontribusi Tangani Corona, P2ET LIPI Luncurkan Alat Pengawasan Suspect Covid-19

  • Selasa, 17 November 2020 | 18:24:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2ET LIPI) meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for Covid-19). Hal itu sebagai upaya berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19.


Sebagaimana diketahui, kasus penambahan konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan penurunan signifikan. Melansir data per 15 November 2020 dari https://covid19.go.id, jumlah pasien terkonfirmasi sudah mencapai lebih dari 467 ribu pasien yang tersebar di 34 provinsi dan 505 kota/kabupaten.


Penambahan ini tak lepas dari masih adanya penularan Covid-19 di masyarakat. Terlebih, adanya beberapa kasus kaburnya pasien positif yang berada di bawah pengawasan, turut menimbulkan kekhawatiran semakin melonjaknya reproduction rate Covid-19 di Tanah Air.

 

Kepala P2ET LIPI Budi Prawara menjelaskan, Si-Monic adalah sistem pengawasan individu bagi orang yang terkonfirmasi/suspek/kontak erat Covid-19, berbasis wearable device pertama di Indonesia, Si-Monic memiliki fungsi yang sangat penting dalam aspek pengawasan suspect Covid-19.


Teknologi yang dibenamkan pada wearable device Si-Monic berupa Chip Bluetooth Low Energy (BLE) yang memiliki ID khusus dan terkoneksi dengan internet, via smartphone melalui aplikasi Si-Monic yang tersedia dan dapat diunduh di Play Store, sehingga pemakainya akan selalu bisa dipantau melalui server terpusat.


Informasi pergerakan dan status pengguna Si-Monic akan selalu diperbaharui termasuk apabila pemakai Si-Monic berusaha melepas paksa atau menonaktifkan perangkat dengan cara apapun. Pengawas bersangkutan akan langsung mengetahui hal tersebut.


"Si-Monic LIPI telah lolos uji secara laboratorium dan secara fungsional. Kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat (BP2D) pun merupakan salah satu Langkah strategis LIPI untuk mempercepat upaya difusi produk-produk riset LIPI di Jawa Barat," kata Budi dalam keterangannya, Selasa (17/11/2020).


Budi Prawara mengatakan bahwa P2ET LIPI sudah menyiapkan 20 unit wearable device Si-Monic yang siap digunakan oleh pasien positif Covid-19 di Jawa Barat.

 

“Tentunya dengan produk riset yang sudah kami buat ini harapannya bisa ujicoba di Jabar ini bisa ikut memberikan kontribusi bagi penurunan reproduction rate dari Covid-19,” imbuhnya.


Sebagai upaya mendiseminasikan produk riset Covid-19 dan menurunkan reproduction rate Covid-19, P2ET LIPI telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BP2D Senin (16/1) kemarin. Penandatanganan ini turut diikuti para pejabat di lingkungan PPET LIPI serta BP2D Provinsi Jawa Barat, termasuk tim riset Si-Monic yang dipimpin oleh peneliti PPET LIPI, Galih Nugraha Nurkahfi. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links